Kicimpring Sunda! Cemilan populer khas Preman Pensiun! Ada resepnya lho

Mengenal kicimprin

Kicimpring khas Jawa Barat– Kalau ngomongin soal makanan, pastinya kamu bakal ngiler terus nih, apalagi dimusim pancaroba ini, tentunya kamu langsung gass ketoko buat beli makanan ini itu, tapi ngomong-ngomong soal Makanan.

Tau cemilan kicimpring engga sih? mungkin sebagian dari kamu, apalagi yang tinggal dibandung. Pastinya udah ngga asing lagi dong, sama cemilan gurih satu ini. Terlebih jika kamu fans berat sinetron Preman Pensiun.

Atau buat kamu yang belum pernah denger bahkan belum pernah ngerasain, tenang! karena bukan lokalman nih kalau ngga ngasih informasi seputar makanan, dan sejarahnya! buat kamu juga yang udah tahu, yuk kita sama-sama belajar dan mengulik makanan kicimpring satu ini.

Karena lokalman bakal ngasih tau temenlokal tentang sejarah kicimpring, asal muasal kicimpring, sampe cara buatnya, supaya kamu bisa bikin sendiri dirumah. Untuk itu yuk simak ulasannya berikut :

Mengenal Kicimpring khas Jawa Barat

Kicimpring atau olahan makanan khas jawa barat ini, terbuat dari bahan olahan alami lho, bahan tersebut terbuat dari Singkong. yang mana kamu bisa nemuin beragam variasi rasa sesuai yang kamu suka.

Biasanya, kicimpring diproduksi dibeberap rasa, seperti rasa gurih, manis, asin, bahkan ada yang pedas. Apalagi Kicimpring bisa kamu makan tanpa ada rasa, atau Original. Semua rasa tentunya enak lho.

Kicimpring khas daerah mana?

Buat kamu yang bertempat tinggal diluar jawa barat, biasanya kicimpring dikenal dengan Kerupuk singkong. salah satu fakta menariknya, kicimpring kmerupakan salah satu produk asli khas tanah sunda.

Baca juga : Yuk baca kesenian Lais dari Jawa barat! Seru banget Keseniannya!!

Dalam pembuatannya, kicimpring sendiri merupakan hasil olahan yang dibuat dengan cara direbus, ditumbuk lalu diadon. Buat kamu yang penasaran, di bagian bawah kamu bisa bikin kicimpring sendiri, untuk itu yuk sama-sama belajar kicimpring terlebih dahulu

Sejarah Kicimpring

Pastinya, setiap makanan memiliki sejarah pembuatannya masing-masing, untuk itu kamu perlu tahu bagaimana kicimpring hadir untuk dihidangkan, maka dari itu yuk segera baca informasinya dibawah.

Kicimpring di kampung kicimpring

Ternyata menurut beberapa informasi, bahwa pertama kali kicimpring dibuat di kampung babakan bandung, bahkan salah satu kampung tersebut dinamakan dengan “Kampung kicimpring”. Awal mulanya kicimpring dibuat sebagai hidangan tamu jika ada tamu yang berkunjung.

*namun, lokalman belum dapet informasi lengkap dari sejarah kicimpringnya nih, tapi jika nanti lokalman dapet informasinya, lokalman akan update artikel satu ini! sebagai gantinya, lokalman bakal ngasih resepnya. ( ada dibawah )

Tempat kicimpring diproduksi

Kampung kicimpring, terletak di desa pagerwargi, kecamatan lembang, kabupaten bandung. Kamu bisa nemuin kampung tersebut disekitaran kawasan punclut. Disana kamu bakal nemuin sekitar 20 keluarga yang menghidupkan api untuk memproduksi kicimpring.

Baca juga : Sudah tahu kesenian tanjidor? Ternyata ini sejarah kelamnya.

Cemilan Gurih

Pada jaman dulu, kicimpring disajikan hanya dengan rasa gurih saja lho, sebelum jaman milenial ini, kicimpring banyak disukai oleh orang-orang dulu karena tekstur yang renyah serta menjadi teman lauk makanan yang gurih.

lalu, bagaimana cara membuat kicimpring?

Proses Pembuatan Kicimpring

Rasa gurih dan renyah dari kicimpring, tentunya bikin kamu ingin cepet-cepet kedapur buat bikin kicimpring sendiri, untuk itu lokalman pastinya bakal ngasih tahu kamu nih, sama resep kicimpring yang enak. Untuk itu, yuk simak ulasannya berikut :

Bahan-bahan Kicimpring

Langkah pertama, tentunya kamu perlu menyiapkan beberapa bahan yang akan digunakan, pastikan bahan-bahan satu ini tersedia agar proses pembuatannya berjalan dengan lancar, dan pastinya kicimpring buatan kamu semakin enak.

  1. Singkong 1 kg
  2. Bawang putih 4 siung
  3. Bawang merah 5 siung
  4. Cabai sebanyak 3 buah
  5. Garam
  6. Gula pasir
  7. Ketumbar secukupnya
  8. Bubuk penyedap rasa
  9. Daun bawang
  10. Minyak goreng

Bahan-bahan diatas, terutama bahan singkong, kamu bisa menyediakan sesuai kapasitas yang kamu inginkan, yuk lanjut proses pembuatan kicimpring :

Langkah Pembuatan Kicimpring

Berikut beberapa langkah membuat kicimpring gurih, namun proses pembuatan kicimpring sedikit agak merepotkan, untuk itu Anda perlu kesabaran yang ekstra untuk menciptakan rasa kicimpring yang sempurna.

  • Kamu bisa kupas singkong terlebih dahulu, dan pastikan singkong dibersihkan dengan merata, setelah bersih parut singkong tersebut hingga halus.
  • Setelah diparut, selanjutnya kamu bisa tambahkan bumbu sesuai selera temenlokal, bisa hanya garam, bawang ptuih, bumbu penyedap atau irisan daun bawang.
  • Tapi, kalau temen lokal mau enak, lokalman kasih resep rahasia, yaitu pastikan temenlokal menambahkan cabai rawit, atau terasi rebon. resep rahasia ini bisa temen lokal padukan dengan rasa lainnya, sesuai selera.
  • setelah semua bahan adonan kicimpring tercampur, langkah selanjutnya temen lokal ambil bahan tersebut secukupnya, lalu bentuk adonan secara melingkar dan tekan tipis-tipis adonan tersebut hingga merata.
  • Setelah adonan kicimpring tersebut terbentuk, temen lokal bisa meniapkan tempat atau sejenis nampan, namun lebih bagsunya pake pipiti alias besek anyaman bambu, agar adonan kicimpring aman dan ramah lingkungan.
  • Susun adonan kicimpring tersebut didalam besek, pastikan adonan tersebut tidak menempel dari satu kesatunya, setelah itu kukus adonan tersebut hingga bening. Pastikan, adonan yang sudah di kukus merata.
  • Setelah dirasa adonannya matang, kamu bisa tiriskan adonan kicimpring tersebut hingga sedikit lebih dingin, setelah itu kamu bisa jemur adonan tersebut dengan poisis adonan yang menyebar di besek, pastikan adonan tidak menempel dengan adonan lainnya.
  • Setelah 1 hari dijemur dan kering seperti kaca, kamu bisa goreng kicimpring tersebut dengan minyak yang banyak dan api yang kecil, lalu tiriskan.
  • Kicimpring Bisa kamu hidangkan dengan tambahan bumbu rasa, setelah itu kicimpring buatan kamu siap di sajikan.

Bagaimana? mau buat kicimpring sendiri? atau beli agar praktis?

Buat kamu yang males masak dan ingin praktis, kamu bisa dapetin kicimpring dengan harga yang cukup terjangkau lhoo, kira-kira berapa ya harganya? Berikut informasinya :

Harga Kicimpring Khas Bandung

Buat kamu yang mau beli kicimpring khas bandung, kamu bisa dapetin olahan singkong satu ini di beberapa ecommerce kesayangan Anda, harga yang harus kamu siapkan di harga Rp 10.000,- hingga Rp 30.000,-

Tentunya kamu bisa dapetin berbagam variasi rasa dari rasa Asin, pedas, bahkan rasa jengkol sekalipun. Untuk itu yuk segera pesan dan rasakan makanan khas indonesia yang tidak kalah enak dari makanan luar.

Demikianlah informasi yang bisa lokalman sampaikan, tentunya temen lokal harus mencintai produk indonesia dengan sejarah kebudayaannya juga. tentunya, temen lokal bisa temukan semuanya hanya di Lokal Klik Indonesia, sajian produk indonesia.

Satu tanggapan pada “Kicimpring Sunda! Cemilan populer khas Preman Pensiun! Ada resepnya lho

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas