Hari gini, masih belum tau Godeblag? yukk kenali cemilan khas Tasikmalaya!

godeblag

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam macam budaya dan suku bangsa, setuju? ya tentunya dari mulai sabang hingga merauke, begitupun dengan makanan-makanan yang ada disetiap daerahnya, bahkan setiap wilayah tertentu memiliki beragam makanan yang beragam.

Begitu kayanya negara tercinta satu ini, akan sangat disayangkan jika kamu tidak mengetahui beberapa makanan yang khas dan terkenal lezat, salah satu makanan yang sudah terkenal diseluruh penjuru negri ialah Rendang, begitu khasnya makanan satu ini membuat indonesia mulai dikenal dengan citra rasa makanannya.

Tapi, tidak hanya makanan pokoknya saja lho yang kaya dan juga enak-enak, kamu juga bisa ngerasain cemilan-cemilan yang ada dibeberapa dearah, seperti dodol yang berasal dari garut jawa barat, lalu ada ketoprak yang terkenal dengan gurihnya di ibu kota jakarta.

Ngomong-ngomong, kamu udah tahu belum ada cemilan unik yang berasal dari Tasikmalaya? Tepatnya makanan tersebut dikenal dengan nama Godeblag, untuk kamu yang belum tahu godeblag, yuk simak ulasan berikut ini :

Godeblag Cemilan Khas Tasikmalaya

Godeblag, begitu orang-orang mengenal cemilan khas satu ini. Buat kamu yang belum tau Godeblag, godeblag merupakan cemilan khas tasikmalaya, tepatnya cemilan satu ini diproduksi di kecamatan Manonjaya, kabupaten Tasikmalaya.

Citra rasa yang gurih dan renyah dengan rasa asin di lidah, yang melekat pada cemilan satu ini. Salah satu pelaku usaha cemilan Godeblag, yaitu Bu Yani Mulyani, menuturkan bahwa cemilan satu ini berbahan dasar singkong.

Sejarah Cemilan Godeblag

Bu Yani menuturkan bahwa beliau sudah terjun dalam usahan pembuatan Godeblag sejak puluhan tahu lalu, bahkan citra rasa yang unik membuat godeblag hingga saat ini masih memiliki banyak penggemar dan tak pernah lekang oleh waktu, apalagi pada saat musim lebaran, godeblag selalu hadir dan sejajar dengan cemilan cemilan khas lebaran lainnya.

Godeblag Cocok sebagai Teman Makan baso

Rasa gurih dan renyah, membuat Godeblag sangat cocok jika dimakan dengan Bakso, bubur, maupun pecal, teksture renyah godeblag yang dapat menggantikan kerupuk membuat godeblag sangat pas sebagai teman makan Bakso.

Tapi, tidak salah lho jika kamu memakan cemilan godeblag secara langsung tanpa dicampur dengan makanan lain, apalagi rasa godeblag yang gurih, akan sangat pas dan cocok. Apalagi godeblag bisa jadi teman kamu saat nonton film favoritmu dimalam hari.

Baca juga : Mengenal Endog Lewo, Cemilan Legit Yang Jarang Orang Tahu

Pasti kamu penasaran kan? bagaimana resep dan cara membuat cemilan khas tasikmalaya satu ini? Eits, tenang karena kali ini Aldi bakal bocorin resep membuat godeblag berserta cara pembuatannya, untuk itu yuk simak dan catat, berikut resep dan turoial membuat godeblag khas tasikmlaya.

Resep dan Cara membuat Godeblag Khas Tasikmalaya

Resep Godeblag Khas Tasikmalaya

  • 150gr Terigu
  • 2 tangkai Daun Bawang
  • Air Secukupnya
  • 1/4 sdt Garam
  • 1/4 sdt Merica
  • 2 butir Telur

Tutorial Cara Membuat Godeblag Khas Tasikmalaya

Sudah siap dengan tutorial memasakan Godeblag khas tasikmalaya? jika sudah yuk lanjut ketahap pertama :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah, merebus kentang hingga matang, lalu setelah matang kupas kulitnya sampai bersih dan jangan sampai ada bekas kulit kentang yang masih tersisa.
  2. Langkah kedua, Jika kamu sudah mempersiapkan Singkong rebus, lalu siapkan bumbu yang akan dihaluskan menggunakan cobek, bumbu tersebut diantaranya ada Bawang merah, Bawang Putih, Garam, Royko dan merica, tumbuk bumbu tersebut hingga halus.
  3. Langkah ketiga, setelah bumbu sudah siap secara merata, masukan Singkong yang sudah dikupas kedalam cobek, setelah itu tumbuh kentang dan bumbu hingga halus dan merata.
  4. Langkah keempat, setelah kedua bahan tersebut sudah halus, siapkan wajan dan katel diatas kompor, lalu nyalakan dengan api sedang dan beri minyak secukupnya untuk menumis.
  5. Langkah kelimat, setelah minyak sudah mulai panas masukan bahan bahan yang sudah dihaluskan kedalam wajan, secara perlahan.
  6. Langkah Keenam yaitu, Apabila kentang bagian bawah sudah agak mengering, balikkan kentang yang sudah kering bergantian dengan kentang bagian atas yang masih basah.
  7. Langkah Ketujuh, Terus lakukan point no 6, sampai seluruh bagian kentang kering merata, tanpa diaduk-aduk (Ingat jangan sampai hancur).
  8. Langkah Kedelapan, Setelah kentang matang sempurna, angkat dan taruh diatas piring.
  9. Godeblag Singkong Buatanmu, siap disajikan.

Makan cemilan yang hasil dari masak kita sendiri, benar benar sangat asik bukan? tapi bagaimana jika kamu sedang mager dan hanya ingin menonton film seharian? tapi terbenak untuk memakan godeblag, kira-kira dimana ya kamu bisa pesan? dan harganya berapa?

Kemana Pesan Godeblag dan Berapa Harganya?

Beli Godeblag di Onlineshop

Cara mudah untuk dapatkan godeblag secara online ialah tentunya di marketplace yang sudah tersedia, dengan itu Kamu bisa pesan sesukamu dan sebanyak apapun yang kamu mau tanpa kamu harus kepanasan karena cuaca disiang hari yang membentang.

Baca juga : Sejarah Roti Buaya Khas Betawi, Yang Ternyata Terdapat Unsur Kesetiaan

lalu, bagaimana dengan Harganya?

Harga Godeblag Khas Tasikmalaya

kamu bisa dapatkan Godeblag tanpa perlu mengeluarkan biaya yang cukup menguras dompet, karena godeblag di jual dengan kisaran harga 30.000/kgnya, harga yang cukup terjangkau untuk mendapatkan cemilan dengan berat 1kg. Untuk itu, yuk pesan dan rasakan gurih nikmat dari Godeblag khas Tasikmalaya.

Lalu, Dukung produk-produk lokal agar Produk lokal semakin dikenal oleh seluruh penduduk Indonesia dan dengan mendukung produk lokal, kamu sudah membantu perekonomian masyarakat semakin tinggi.

Demikanlah informasi yang bisa Aldi sampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, dan tentunya cintai produk-produk lokal.

4 tanggapan pada “Hari gini, masih belum tau Godeblag? yukk kenali cemilan khas Tasikmalaya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas