Tanjidor Berasal dari betawi?? Begini sejarah dan Alat – Alat Musiknya.

tanjidor betawi

Jika membicarakan prestasi dari Kesenian di Indonesia, mungkin tidak bisa diragukan lagi bukan? berbagai macam kesenian diindonesia sering memperoleh penghargaan-penghargaan dari seluruh negara didunia, tidak heran indonesia dikenal dengan negara yang kental akan kesenian.

Seperti salah satu kesenian satu ini yang sudah dikenal di seluruh Indonesia, terutama di Kota Jakarta, tepatnya kesenian ini dimiliki atau dikenalkan oleh masyarakat betawi. Sudah kenal dengan kesenian satu ini? Tepat, kesenian tersebut ialah kesenian Tanjidor yang merupakan ansambel musik yang berkembang pada abad ke-18.

Penasaran Dengan kesenian satu ini? Untuk itu, yuk simak terus informasi yang Akan Aldi sampaikan untuk temen lokal, karena kali ini Aldi bakal ngasih tahu bagaimana sejarah dan informasi menarik lainnya mengenai Kesenian Tanjidor, Berikut informasinya :

Mengenal Kesenian Tanjidor Khas Betawi

Mengenal Kesenian Tanjidor

Buat Kamu yang belum tau apa itu tanjidor, tanjidor merupakan kesenian yang berasal dari Jakarta, Nama tanjidor sendiri berasal dari bahasa protugis Tangedor yang berarti alat-alat musik bedawai.

Meski alat musik tanjidor, terinspirasi dari musik Eropa. Namun, Tanjidor memang berbeda lho, karena tanjidor yang dikembangkan oleh masyarakat betawi lebih banyak mengandalkan alat musik yang ditiup.

Lalu, untuk Alat musik tiup dari tanjidor, terdiri dari Klarinet, Trombon, Pistn dan Saksofon, tapi tidak semua alat musik tanjidor ditiup melainkan tanjidor dikemas dengan alat musik pukul seperti drum, simbal dan Tambur.

Lalu, bagaimana dengan sejarah perkembangan Tanjidor ?

Berikut Sejarah Perkembangan Kesenian Tanjidor

Pastinya jika mengungkit sejarah, pasti sangatlah menarik untuk dibahas apalagi anak-anak muda indonesia, kian hari kian lupa dengan budayanya, untuk itu Temen lokal harus tahu semua sejarah budaya indoesia, termasuk tanjidor satu ini.

Dalam buku Seni budaya betawi mengiring Zaman yang ditulis oleh Anwar tanjung, menjelaskan bahwa awal musik tanjidor diduga berasal dari bangsa portugis, karena protugis pernah datang kebetawi pada abad ke-14 hingga abad ke-16 Masehi. Dahulu orkes satu ini dimainkan oleh para budak untuk menghibur tuannya.

Pada dahulu, mereka sering memainkan lagu-lagu Eropa karena harus mengiringi pesta Dansa, Polka, Mars dan Lagu-lagu Parade, dan ketika perbudakan dihapus pada tahun 1860, para budak atau pemain musik dahulu, membentuk perkumpulan tersendiri yang dinamakan Tanjidor, Karena pada tahun tersebut perbudakan dihapuskan, para pemain tanjidor mencari penghasilan dengan cara mengamen dengan menggunakan Alat musik Tanjidor.

Lalu, seiring waktu berkembang, yang awalnya pemain kesenian tanjidor membawakan lagu eropa, mereka mulai memainkan lagu-lagu dan irama khas betawi. Lagu tersebut di antaranya adalah Batalion, Kramton, Bananas, Delsi, Was Tak-tak, dan Welmes. Ada juga lagu-lagu Betawi yang sering dimainkan dalam Tanjidor seperti Jali-Jali, Surilang, Sirih Kuning, Kicir-Kicir, dan Cente Manis.

Sudah Tahu alat musik tanjidor, seperti apa? jika tadi sempat membahas singkat mengenai alat musik dari tanjidor, kali ini Aldi bakal ngasih tau temen-temen mengenai bentuk dari setiap alat musik tanjidor, agar kamu bisa menegetahuinya, untuk itu yuk simak berikut ini :

Mengenal Alat- Alat musik Tanjidor

Alat Musik Tiup Tanjidor

1. Alat Musik Tiup Klarinet

Alat musik pertama yang sering dimainkan di kesenian Tanjidor ialah klarinet, Klaniret merupakan alat musik yang terbuat dari bahan logam dan memiliki bentuk seperti sebuah seruling. Namun, suara yang dihasilkan dari klarinet sangatlah jauh berbeda dari suling.

Klarinet adalah alat msuik yang berasal dari luar yang pada akirnya menyatu dan berbaur dengan unsur lokal, serta dipakai dalam pertunjukan Tanjidor, Agar masyrakat lebih peka bahwa tanjidor sudah ada sejak dahulu. Klarinet itu sendiri merupakan alat musik tipus Jenis Woodwind ( merupakan instrumen musik yang menghasilkan suara dari getaran pada celah sempit yang terdapat pada tepi instrumen saat ditiup oleh pemainnya)

2. Alat Musik Tiup Terombon

Alat tiup kedua adalah Terombon, terombon pada umumnya dihasilakn dari getaran bibir para pemainnya, dalam bahas itali, Kata ” Trombon ” memiliki makna yaitu terompet Besar, untuk bisa memainkan Alat musik ini dengan merdu, seseorang pemain musik disarankan untuk melapis pernafasan terlebih dahulu, sebab meniupp membutuhkan teknik dan pernafasan yang kuat dan panjang.

3. Alat Musik Tiup Marching Baritone

Alat musik tiup selanjutnya ialah, alat musik Marching Baritone yang merupakan alat musik khusus yang dibuat untuk kebutuhan orkes jalanan, sehingga alat musik ini bisa stabil dimainkan meskipun para pemainnya sedang berjalan. Umumnya, didalam sebuah orkes tanjidor terdapat 2 orang para pemain yang memainkan marching baritone ini.

4. Alat Musik Tiup Terompet

Alat musik selanjutnya ialah terompet, Terompet sendiri merupakan alat musik yang mempunyai 3 buah lubang nada, pernafasan para pemain musik ini menjadi faktor penentu dalam menentukan merdua atau tidaknya suara yang dihasilkan. Seperti alat musik sebelumnya, Penentu panjang pendek dari nada Terompet, tergantung pada panjang pendeknya pernafasan para pemainnya,

jika tadi membahas Alat musik tiup dari Kesenian Tanjidor, selanjutnya Aldi bakal ngasih tau Alat musik gesek dari kesenian Tanjidor, berikut informasinya :

Alat Musik Gesek Tanjidor

1. Alat Musik Gesek Tehyan

Alat musik gesek satu ini, Asli berasal dari Betawi, alat musik ini dimainkan dengan cara digesek, memakai busur gesek yang terbuat dari tali, cara kerjanya hampir mirip dengan biola namun memiliki nada yang tidak sama, Suara Tehyan ini sangatlah khas dan menjadi ciri dari permainan Orkes Tanjidor.

Baca juga : Mengenal alat musik tradisional dari Jawa Barat

Selanjutnya mengenal Alat musik Pukul yang sering digunakan di kesenian tanjidor, berikut informasinya :

Alat Musik Pukul Tanjidor

1. Alat Musik Pukul Rebana Biang

Alat usik satu ini, memiliki ukuran yang sangar besar, maka dari itu alat musik ini dikenal dengan sebutan ” Biang “. Cara memainkannya pun cukup mudah dengan ditabuh memnggunakakan bagian tangan. Mempunyai ukuran yang besar, menjadi daya tarik tersendiri pada kesenian Tanjidor.

2. Alat Musik Pukul Rebana Ngarak

Rebana Nagrak merupakan alat musik yang berbeda dari rebana biang, terutama daam ukuran, Rebana ngarak memiliki bentuk yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan alat musik rebana biang, Cara memainkannyapun tidak jauh berbeda, lalu kulit yang dipakai dalam pembuatan rebana ngaran umumnya harus terbuat dari kulit sapi atau kerbau, agar suaranya bisa lebih kental.

3. Alat Musik Pukul Simbal

Simbal merupakan alat musik yang memilikki suarat tinggi dan dapat mengisi celah kosong pada nada tinggi nyari yang dibawakan orkes tanjidor, alat musik simbal berfungsi untuk mengimbangi beberapa alat musik tiup yang pada uumnyaa memliki nada-nada rendah.

Bagaimana? Sudah kenal dengan Sejarah dan Alat musik dari Tanjidor? Kami berharap temen lokal lebih peka dan lebih ingin mengetahui semua jenis budaya yang ada diindonesia, Agar Budaya -budaya diindonesia tetap bertahan dan tidak tergerus oleh perkembangnya teknologi.

Sekian informasi yang Aldi sampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, dan Semangat untuk lebih mencintai produk dan budaya Indonesia.

6 tanggapan pada “Tanjidor Berasal dari betawi?? Begini sejarah dan Alat – Alat Musiknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas