Tari Janger, kesenian khas bali yang berperan penting dalam Politik

tari janger

Apa kabar temen lokal? balik lagi nih sama lokalman yang bakal nemenin kamu untuk beberapa menit kedepan, tentunya lokalman bakal ngasih info menarik. Siapa yang udah kangen sama info mengenai sejarah dari lokalman? pasti kamu ya? pastinya dong.

Tidak heran dan tidak akan ada habisnya kalau lokalman terus terusan nyeritain sejarah dari berbagai macam budaya di indonesia, Apalagi budaya dan kesenian asal indonesia sangatlah beragam dan memiliki ciri khasnya masing-masing.

Itulah alasan kenapa lokalman bangga lahir di Indonesia. Yaps, kali ini lokalman bakal ngasih tahu kamu tentang sejarah dari kesenian asal bali. Siapa hayo yang mau kebali? pasti lokalman dong haha.

Pastinya sebelum kamu ke bali, alangkah asiknya jika kenalan dulu sama kesenian tari Janger Bali. Sudah tahu dengan tarian satu ini? dari pada penasaran, yuk simak beberapa informasi menarik tentang Tarian Janger asal bali. Berikut informasinya :

Seperti apa Tarian Janger asal Bali?

Tari Janger merupakan salah satu tarian pergaulan Bali yang dibawakan oleh sekitar 10 hingga 16 orang penari. Kesenian tarian satu ini tergolong sebagai tari balih-balihan atau tarian yang difungsikan utuk hiburan atau menghibur.

Tarian janger biasanya ditarikan oleh sejumlah penari putri ( janger ) dan dipadukan dengan penari putra ( kecak ) secara sederhana, namun penuh semngat dan ceria. Tarian ini cocok banget nih buat kamu yang lagi galau karena diputusin cinta, supaya hatinya terhibur oleh tarian istimewa dari Bali.

Tarian janger biasanya cenderung sebagai tarian pemindahan dari tari klasik bali, seperti Tari arja, Topeng, tari jauk dan tari barik. Penasar biasanya menggunakan gerakan tarian arja dan topeng, namun berbeda dengan mentri yang menggunakan tari arja. namun sebagai pembdea dari penjanggeran adalah gerakan tari pada penari kecak dan jangernya.

Baca juga : Aneka Makanan Khas Garut Yang Jarang Kita Temukan Di Kota Lain

Iringan tari Janger

Biasanya tarian janger diiringi oleh lagu janger yang dilatunkan secara bersahut sahutan, serta diiringi oleh gamelan batel ( tetamburan ) serta gender wayang. Tarian janger tergolong kedalam jenis tarian kreasi baru asal bali, yang diapdatiasi oleh rutinitas para petani sebagai hiburan ketika lelah berekebun.

lalu lokalman, sejarah daarai tari janger seperti apa? yap tentunya lokalman gaakan kelewatan soal sejarah, untuk itu yuk simak sejarah dari tari janger berikut ini :

Sejarah Tari Janger

Membahas mengenai sejarah, tarian janger termasuk salah satu kesenian yang populer di pulau bali, kesenian satu ini diperkirakan telah hadir pada kisaran tahun 1920an, tepatnya di Bali utara

Sejarah dari tarian janger, ternyata bermula dari para petani kopi yang bersahutan, mereka melakukan hal tersebut untuk menghibur diri, disaat lelahnya berkebun. para petani saling bersahuutan atau bernyanyi terutama pada kelompok perempuan.

Bentuk dari kesederhanaan para petani kemudian dikembangkan ulang oleh para seniman untuk dijadikan petunjukan tari rakyat, karena tarian ini bernuansa gembira. Hal tersebut membuat para kehidupan masyarat bali menjadi terbawa gembira.

Ternyata tari janger dari abad XX?

Tapi, salah satu sumber lain menjelaskan bahwa tarian janger ternyata diduga berawal dari abad ke XX dan merupakan perkembangan dari tari sanghyang. Namun, walaupun rumor ini benar atau tidak, tarian janger telah memberikan nilai positif pada masyarakat sebagai hiburan yang membahagiakan.

Setiap daerah di Bali memiliki variasi dari Tarian Janger

Sebagai tarian rakyat, perkembangan dari tarian janger sangatlah pesan, bahkan tarian satu ini tersebar diseluruh daerah Bali. Lalu menariknya, ternyata tarian ini dimasing-masing daerah memiliki veriasi tersendiri yang disesuaikan dengan masyarakat setiap daerahnya.

Baca juga : Tarian Remo, begini sejarah dan makna tarian khas Jombang

Fakta menariknya, ternyata sejarah dari perkembangan dari tari janger juga diwarnai dengan pergolakan politik yang terjadi selama perjalannya. Dimana pertujunkan seni tari janger difungsikan sebagai sarana kampanye, terutama pada tahun 1960an.

wah sangat menarik bukan? ternyata indonesia memang terkenal dengan kesenian yang sejarahnya keren-keren, maka dari itu kamu harus bangga lahir dinegeri yang penuh dengan keindahan dan kesenian. Selanjutnya, lokalman bakal ngasih tahu temenlokal nih, bagaimana pembukaan dari kesenian satu ini, yuk kita simak :

Pembuka Tari Janger

Tarian janger dibuka dengan nyanyian dan tarian bersama oleh para penari janger dan kecak, pembuka tarian ini membentuk formasi di tempat pertunjukan.

Kemudian, pembukaan tersebut dilanjutkan dengan iring-iringan janger yang terbagi menjadi dua baris yakni, para penari janger yang duduk dan disusul dengan masuknya penari kecak. Kemudian formasi ni membentuk seperti saling berhadap-hadapan.

Busana Tari Janger

Tentunya, setiap kesenian memiliki busana dan pakaiannya yang berbeda beda mengikuti culture dan sejarahnya. Seperti tarian janger satu ini, biasanya janger menggunakan busana seperti gelungan janger,, bagong gelang kanan, sabuk, kain, oncer dan juga ompak ompak.

Perlengkapan lainnya, ditambahkan ialah kipas, dan untuk para pemain tari kecak biasanya menggunakan busana yang teridri dari kain kekancutan, sabuk, ampk-ampok, badong, gelang kana dan teterakhir udeng

Gimana? Menarik bukan tentang kesenian tari Janger? yap tentunya kesenian dari indonesia tidak bisa dianggap remeh, karena memiliki filosopi dan sejaranya yang kadang nembus kedalam hati hhe. Untuk itu, kamu harus terus bangga dan terus menyebarkan semua informasi mengenai sejarah dan kesenian indonesia lainnya.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, dan tentunya semangat untuk menyebarkan informasi kesenian dan budaya lainnya untuk seluruh masyarakat indonesia.

Satu tanggapan pada “Tari Janger, kesenian khas bali yang berperan penting dalam Politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas