Ini Bedanya Rujak Jambu Kristal Khas Palembang Dan Yang Lainnya

Mengenal rujak jambu kristal khas palembang

Rujak Jambu Kristal – Pada kesempatan kali ini, admin mau share pada teman lokal tentang jenis makanan khas Indonesia yang jarang ditemukan di Negara lain. yaitu rujak.

Rujak Jambu ini menjadi sebuah kuliner khas yang berbeda dengan rujak-rujak lainnya. Ini karena pada rujak jambu ini seperti namanya, hanya ada potongan-potongan dari jambu kristal.

Bagi anda penggemar kuliner segar seperti rujak, harus mencoba salah satu jenis rujak kristal, yaitu rujak jambu kristal khas palembang.

Aya yang membedakan rujak jambu kristal Palembang dengan rujak jambu lainnya ? Umumnya, rujak satu ini mendapatkan bumbu racikan khusus khas palembang. Dan inilah yang membedakan rujak jambu ini dengan rujak jambu lainnya.

Mohammad Farhan, salah satu penjual jamu kristal pernah menyebutkan bahwa bumbu-bumbu yang ia gunakan di kirim langsung dari Palembang. Dengan dipadukan dengan bahan jambu yang segar pilihan bisa menjadikan jambu rujak ini makanan yang sedap untuk menghilangkan rasa pusing.

Selain itu, Mohammad Farhan menyebutkan bahwa jambu kristal khas palembang ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti memperlancar BAB, mengatasi diare menjaga mata agar tetap sehat dan mengobati sariawan.

Satu prosi rujak jambu ini biasanya di bandrol dnegan harga Rp. 10.000. Dengan harga segini teman lokal sudah bisa merasakan jenis rujak khas palembang yang berbeda dari jenis rujak pada umumnya.

Selain mpek mpek, Rujak jambu kristal ini merupakan salah satu kuliner andalan warga Palembang untuk dijual ke berbagai kota lainnya. salah satunya yang dilakukan Mohammad Farhan dan teman-temannya dimana ia merupakan warga palembang yang merantau ke berbagai kota dengan berjualan Rujak jambu khas palembang ini.

baca juga : Mengenal Endog Lewo, Cemilan Legit Yang Jarang Orang Tahu

Resep & Cara Membuat Rujak Jambu Kristal

Resep membuat rujak jambu kristal

Bagi teman lokal yang ingin membuat rujak jambu yang mirip seperti penjual rujak jambu asal palembang, caranya cukup mudah.

Pertama Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Yaitu :

  • Siapkan jambu batu yang segar dan tidak terlalu matang
  • siapkan juga es batu untuk mendinginkan jambu
  • Kemudian bumbu-bumbu seperti Gula, garam dan bon cabe.

Kedua, Proses pembuatan

  • Pertama, teman lokal harus mencampurkan jambu batu dengan es batu supaya saat di sajikan nanti, rujak terasa dingin dan lebih segar.
  • Kemudian potong jambu batu kristal dengan potongan kira-kira pas untuk di makan per potong.
  • Setelah itu, campurkan bumbu seperti Gula, ragam dan bon cabe.
  • Rujak jambu kristal siap disajikan.

Note!

Sobat sudah bisa menikmati rujak jambunya. Meskipun nantinya tidak se-mirip seperti rujak jambu khas palembang, karena penjual bumbu khas palembang memang memiliki ciri khasnya tersendiri dalam membuat rujak jambu kristal. Akan tetapi Umumnya, bahan-bahan yang digunakan adalah seperti yang disebutkan diatas.

Dimana bisa Mendapatkan Rujak jambu Kristal ?

Anda bisa menikmati rujak jambu khas palembang ini diberbagai kota yang tersebuta di Indonesia, sebab penjual rujak khas palembang ini sudah tersebar diberbagai kota besar di Indonesia seperti kudus, palu, kediri bekasi dan tentu saja Jakarta.

Lain lagi bila teman lokal berkunjung ke Tasikmalaya.

Bila anda berkunjung ke kota Tasikmalaya, bila teman lokal beruntung, bisa melihat dan membeli rujak jambu yang dimiliki oleh seorang perempuan cantik.

Viral penjual rujak jambu kristal cantik

Namanya adalah Tari Putri yang berjualan di jalan Re martadinata, Kota Tasikmalaya.

Viral penjual rujak jambu kristal cantik

Namun tetap saja, intinya adalah kita bisa merasakan lezatnya rujak jambu, bukan hanya sekedar ingin melihat penjualnya, apalagi penjual viral ini sudah memiliki suami. hehe

Baca juga : godeblag cemilah khas tasikmalaya

Demikian Uraian kali ini mengenai Rujak jambu khas palembang, Yuk langsung aja teman lokal untuk cobain rujak lezat satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas