Mengenal Karinding Alat Musik Khas Jawa Barat

apa itu karinding?

Jawa barat terkenal dengan kesenian tarian dan alat musiknya, terdapat cukup banyak sekali alat musik tradisional yang diantaranya yaitu calung, kecapi, angklung dan karinding. Keempat jenis alat musik khas Jawa barat ini cukup terkenal di berbagai daerah lain di Indonesia, bahkan angklung sendiri telah mendunia.

Nah, pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan membagikan serangkaian informasi mengenai salah satu jenis alat musik tradisional khas Jawa barat yaitu Karinding. Mungkin terdengar cukup asing di telinga kalian, Memang benar, alat musik yang satu ini tidak terlalu banyak di kenal oleh kalangan masyarakat di Indonesia, akan tetapi sangat populer di daerah Jawa barat lho.

Apa Itu Karinding?

Karinding merupakan alat musik khas Sunda yang terbuat dari bilahan bambu kecil atau pelepah daun enau, yang dimana untuk menghasilkan bunyi dengung kita harus memanfaatkan resonator rongga mulut.

Seperti pada gambar di atas, bahwasanya karinding ini memiliki bentuk yang memanjang, dengan ukuran panjang sekitar 15 – 20 sentimeter, dengan ukuran lebar sekitar 1 – 2 sentimeter.

Siapa pencipta alat musik karinding? Sang pencipta alat musik khas Sunda ini yaitu Abah olot. Beliau merupakan pelopor kesenian karinding sekaligus melestarikannya.

Jenis-jenis karinding

Menurut penuturan pelaku kesenian karinding secara konvensional, nada atau pirigan dalam memainkan alat musik khas Sunda ini Karinding terbagi menjadi 4 jenis, yang diantarannya yaitu:

  • Gogondangan
  • Tonggeret
  • Iring-iringan
  • Rereogan

Asal muasal Karinding

asal muasal karinding di ciptakan

Sejarah karinding sendiri bermula dengan munculnya dalam naskah-naskah kuno yang muncul di berbagai daerah di Banten dan Priangan. Hasil-hasil rekaman pertama alat musik karinding di temukan pada tahun 1893, 1920 hingga tahun 2000 an, lalu kemudian di bangkitkan kembali secara muasal melalui munculnya Karinding Attack & Giri Kerenceng.

Konon kabarnya, Karinding ini merupakan salah satu alat yang sudah lama digunakan oleh para Karuhun “Nenek Moyang” sebelum di temukannya alat musik tradisional Kecapi. Di kutip dari berbagai sumber, usia alat musik kecapi sendiri berusia lebih dari 500 tahun, sehingga karinding sudah lebih tua darinya yakni sekitar 600 tahunan.

Fungsi alat karinding

awalnya fungsi karinding ini untuk mengusir hama di sawah

Sebelum menjadi alat musik tradisional yang terkenal di kawasan Jawa barat, pada awalnya karinding ini di fungsikan sebagai alat pengusir rasa bosan oleh para petani setempat ketika berjaga padi agar tidak di makan oleh burung atau serangga/hama.

Suara yang dihasilkan dari karinding ini menciptakan suara rendah decible, suara tersebut di hasilkan dari getaran jarum karinding yang bunyinya menyerupai suara hewan serangga, seperti belalang, jangkrik, wereng hingga burung. Yang dimana suara yang dihasilkkan karinding tersebut bila saat ini kenal dengan istilah ultrasonik.

Cara memainkan alat musik Karinding

Cara memainkan karinding terbilang susah-susah gampang, terdapat beberapa tekniknya untuk memainakan alat musik yang satu ini, diantaranya:

bagian-bagian yang ada di alat musik karinding

pertama cara memegangnya harus sejajar. Kemudian cara memukulnya dipantulkan menggunakan jari telunjuk. Dan kemudian diletakan di mulut, posisi jarum tidak boleh menempel pada gigi ataupun bibir. Cara memainkannya pun menggunakan 3 filosofi, yaitu harus yakin, sabar, dan sadar.

Biasanya untuk memainkan alat musik ini agar lebih menyenangkan di lakukan secara grup (2-5orang), yang dimana nantinya salah satu orang akan menjadi pengatur nada/pengatur ritem. Akan tetapi, karinding ini bisa juga di mainkan secara solo atau sendiri.

Tips & trik memainkan alat musik karinding

Apakah karinding bisa di gabungkan dengan alat musik lain? tentu saja bisa, semakin berkembangnya zaman dan peradaban, saat ini penggunaan karinding sendiri telah berkembang juga. Yang tadinya hanya di mainkan secara personal, kini bisa di mainkan secara bersama-sama dan di kolaborasikan dengan alat musik lain karena karinding sendiri merupakan alat musik jenis melodis, ritmis dan harmonis.

Baca juga : 2 Brand Dodol khas Garut Yang Melegenda

Harga karinding satuan 2021

Jika di antara kalian yang sedang memutuskan ingin belajar memainkan alat musik khas Sunda ini, tentunya harus di beli dlu dong alat musiknya. Nah, untuk bisa mendapatkan karinding ini sekarang sudah banyak tersedia di toko-toko online dengan harga jual yang di bandrol cukup murah sehingga bisa terjangkau oleh berbagai kalangan.

harga karinding satuan murah

Harga karinding ini di jual dengan harga satuannya sekitar 25rb – 50rb. ada pula yang menjualnya secara paket, yang isinnya ada 3 hingga 4 buah, kisaran harganya sekitar 75rb. Menurut saya sendiri, karinding ini merupakan alat musik tradisional khas Sunda yang terbilang murah, akan tetapi bukan berarti barang murahan.

Melainkan alat musik yang mempunyai nilai seni tinggi, di jual dengan harga yang relatif murah agar bisa di mainkan oleh semua kalangan, terutama kalangan muda-mudi Indonesia.

Kini sudah saat nya kita melestarikan budaya kesenian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, agar semakin berkembang & banyak di kenal.

Oke para pecinta produk lokal, segitu saja untuk pembahasa kita kali ini tentang alat musik tradisional khas Sunda Jawa barat, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat ya. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai akhir.

8 tanggapan pada “Mengenal Karinding Alat Musik Khas Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas