Seni Lais khas Garut, yang hampir punah di Tanahnya Sendiri!

seni lais

Membicarakan mengenai sejarah dan kesenian dari Negara indonesia, mungkin tidak akan ada habisnya ya. Apalagi, kita tahu sendiri bahwa indonesia merupakan Negara yang memiliki sejuta budaya, dan kesenian.

Tapi, banyak kesenian dan kebudayan yang hampir punah dan bahkan tidak diketahui oleh masyarakat dari daerahnya sendiri, seperti tari rengong ketuk dari jawa barat, dan banyak hal lainnya. dan Ada satu kesenian yang mungkin kamu juga belum tahu kesenian satu ini, kesenian tersebut bernama Seni Lais.

Sudah tahu denggan Seni Lais? mungkin kesenian satu ini sangat asing ditelinga kamu, karena seni lais belum cukup terkenal dan tidak sepopuler kesenian lainnya, namun Seni lais memiliki keunikan tersendiri, dari pada kamu penasaran, yuk temenin Aldi untuk membahas kesenian Lais satu ini, berikut informasinya :

Mengenal Kesenian Lais dari Khas Kota Garut

Seni Lais yang unik dan Menegangkan

Seperti judulnya saja, seni lais merupakan kesenian yang sangat mengangkan. Sebelum kamu mengetahui hal yang menegangkannya, Hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu, bahwa seni lais merupakan kesenian Khas Garut yang cukup terkenal, Kesenian satu ini merupakan kesenian yang cara mainnya menggunakan dua batang bambu dan seutas tali.

Disetiap bambu tersebut memiliki panjang 12 meter sampai dengan 13 meter, dengan seutas tali tambang yang menggerai. Kesenian satu ini dimainkan sambil di temani iringan musik khas para Nayaga. Pemain Seni lais melakukan Atraksi akrobatik diatas tali yang dihubungkan antara kedua bambu tadi.

Seseorang yang berperan sebagai sang akrobatik, memainnkan keseniannya dengan berjalan, tiduran, dan bersantay diseutas tali yang terbentang, hal ini membuat kesenian satu ini sangat unik dan menegangkan, dibayangkannya saja sudah merinding apalagi jika diliat secara langsung.

Seni Lais tidak menggunakan alat keamanan

Salah satu keunikan dari kesenian satu ini ialah, seseorang yang berperang sebagai pemain kesenian ini tidak menggunakan alat pemangan apapun, walupun begitu, pemain lais tidak terlihat takut, malah pemain lais bertingkat lucu, namun mendebarkan. Karena tingkat bahanya dari kesenian satu ini. Membuat seni lais selalu mengundang decak kagum para penonton.

Seni lais berjumlah 8 orang

kesenian lais merupakan salah satu kesenian yang terdiri dari 8 orang diantaranya, pemgang dogodg yang berjumlah 4 orang, serta seorang pemain lawak dan pemain terompet, kesenian lais merupakan kelompok seni yang diringi juga oleh tabuhan reog serta pencak silat.

Ngomong – ngomong soal lais, kamu sudah tahu belum sejarah kata lais itu sendiri? jika belum yuk kita simak beberapa informasi sejarah dari kesenian lais khas garut berikut ini :

Sejarah Lais dan Asal muasal kesenian Lais

Penamaan lais itu sendiri berasal dari seorang pemanjat pohon kelapa di masa kolonial belanda yang bernama Laisan. Laisan berasal dari kampung Nangka Pait, kecamata sukawning kabupaten garut.

Pada saat itu, laisan sangat terampil memanjat pohon, karena keahliannya Laisan selalu di pertontonkan olah masyarakat ketika laisan memetik buah kelapa.

Biasanya penonton bersorak sembari menabuh benda disekitarnya untuk menyemangati laisan, karena kebiasan inilah, para toko kesenian daerah tersebut setuju untuk memodifikasi hal yang dilakukan lais untuk dipentaskan didepan khalayak Ramai.

Sebelum memainkan kesenian Lais

Pertunjukan lais dilakukan dengan memancangkan dua lenjeur awi gombong ( batang bambu berbumbung besar ) ditanah, setelah itu merentangkan tali tambang pada kedua ujung bambu tersebu dengan jarak 6 meter, Tali tambang tersebut lalu diikatkan pada ujung bambu yang dipanjangkan tersebut, kemudian setelah siap. Biasanya pertunjukan lais akan mulai ditandai dengan usara tetabuhan pada saat pembukaan.

Baca juga : Mengenal Musyoh, Tarian Khas Papua Pengusir Arwah Akibat Kecelakaan

Cara pertunjukan Lais berlangsung

lalu, Pemain Lais kemudian dengan cekatan memanjat tiang bambu tersebut seperti seekor kera. Cara memanjatnya tidak dengan merapatkan tubuh ke ke batang bambu, melainkan dengan menggunakan kedua tangan dan kakinya. keahlian tersebut sangatlah susah, dan hanya dilakukan oleh beberapa orang yang sudah ahli.

Lalu setelah pemain lais mulai berada diatas, pemain lais pun melanjutkan aksinya seperti duduk diujung bambu dnegan santai dan berleha – leha, seringkan pemain lais memberikan lawakan dan pergerakan yang sangat menegangkan dan humor.

Selain itu, pemain lais memberikan gerakan yang seringkali mengundang tawa, seperti menelungkup pada bambu, atau menkankan perutnya, bahkan pemain lais sering membuat gerakan seperti sedang berenang, memang bener-bener ya temen lokal, ga takut apa kalau jatuh, haduhh.. Kesenian yang unik.

eits, yang berpikir hanya segitu. Kamu salah, karena pertunjukan dari lais tidak hanya itu aja melainkan Pemain alis, memberikan pertunjukan yang lebih ekstrim dengan duduk diujung bambu, lalu membelah kelapa muda yang dibawanya dengan golok, haduh ngeri!!

Ketika pemain lais membelah kelapa muda, yang digunakannya tumpuannya adalah lututnya. Air kelapa itu pun diminumnya sambil melakukan atraksi yang menegangkan. Bagaimana? unik bukan kesenian dari jawa barat ini? yap tentunya kita harus membuka mata lebar lebar, bahwa banyak lho hal yang menarik yang ada dinegara indonesia ini.

Lalu, kapan dan dimana kita bisa lihat pertunjukan ini?

Pertunjukan Kesenian Lais Khas Garut

Mungkin untuk saat ini, seni pertunjuk lais khas garut susah untuk ditemukan, tapi biasanya seni lais akan digelar di beberapa event atau acara kebudayaan.

Bagaimana? bukankah indoensia sangat keren? untuk itu yuk rangkul teman-teman kamu dan saudara saudara kamu untuk lebih peka dan terbuka dengan budaya-budaya yang ada di indonesia. Akan sangat keren jika kamu berusaha untuk membuat masyarakat indonesia melek dengan budaya budayanya.

Baca juga : Ketahui kesenian khas garut lainnya.

Maka dari itu, cintai selalu budaya dan kesenian yang ada indonesia, dan jangan lupa untuk menyebarkan informasi-informasi mengenai sejarah dan budaya keseluruh sosial media kamu agar semua orang indonesia lebih mengenal budaya budayanya.

Sekian informasi yang bisa Aldi sampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, dan semoga temen lokal selalu sehat terus ya. Semangat! budayakan budaya indonesia ke manca negara!

5 tanggapan pada “Seni Lais khas Garut, yang hampir punah di Tanahnya Sendiri!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas