Kenali 2 Brand Dodol Khas Garut Yang Melegenda dan Inovatif

2 jenis dodol garut yang perlu diketahui

Garut merupakan salah satu kabupaten di Jawa barat yang kaya akan ragam ciri khasnya. Kita mungkin mengenal kota Garut sebagai kota Jeruk, kota Intan, kota Domba dan kota dengan puluhan destinasi wisata yang memukau.

Selain itu, ada juga makanan khas dari kota ini yang sangat iconic daerah tersebut. Namanya “dodol Garut”. Dodol dari garut ini merupakan jenis dodol Nusantara yang paling terkenal dengan keunggulan cita rasa dan teksturnya yang legit wajib kamu coba. Apalagi bagi anda yang sedang berwisata ke Garut, makanan ini menjadi menu wajib yang harus anda bawa sebagai oleh-oleh.

2. Jenis Dodol Garut Yang Harus Kamu Tahu

Entah berapa banyak perusahaan pembuat Dodol baik dari skala rumahan hingga Industri besar, tentu kita akan mengetahuinya bila berkunjung ke Garut. Namun, Terdapat dua jenis Dodol garut yang melegenda dan sangat unik hingga patut kamu coba yaitu dodol picnic dan chocodot.

Dodol Picnic Sang Legenda

macam dodol garut picnic

Dodol picnic makanan khas Garut dengan brand lokal yang dibangung oleh H. Iton Damiri pada tahun 1949, Pria asal Jl. Gunung Payung No. 21 Garut. Pada tahun 1957, bapak H. Iton mengajak adiknya Bapak Aam Mawardi untuk bergabung. Atas prakasa Bapak Aam Mawardi inilah brand PICNIC dicetuskan dan digunakan hingga saat ini. Picnic menjadi merk yang sudah resmi terdaftar di Direktorat Patent.

Pada tahun 90an Dodol Garut Picnic banyak mendapat penghargaan dari pemerintahan seperti : UPAKARTI tahun 1990, SIDDHAKARYA 1995, PARAMAKARYA 1996, dan Indonesia Development Citra Award 1998-1999.

Dodol Picnic merupakan perusahaan yang sangat aktif dalam pendekatan bisnis yang memberikan kontribusi pembangunan atau memberikan manfaat ekonomi dan sosial. Seperti pengadaan kegiatan qur’ban, khitanan massal, dan berbagai kegiatan yang supporting terhadap kegiatan pemerintah, juga pada bidang olahraga agar para atlet dapat berperstasi baik nasional ataupun di kancah internasional.

Cemilan yang sudah menjadi ikon kota Garut ini memiliki banyak varian rasa yang wajib anda coba. Antaranya :

  1. Dodol Varian Classic yang merupakan dodol original dengan cita rasa manis pas khas Garut
  2. Dodol Wijen. Dengan uniknya tekstur wijen berpadu dengan rasa manus dan sesasi giruh yang enak banget
  3. Docol rasa buah. Rasa buah yang bisa di pilih antaranya rasa durian, blueberry, nanas, cocopandan, jambu dan strawberry
  4. Rasa susu. Dengan tekstur lembut dan cita rasa perpaduan gurih, manus dan susu aslu memjadikan rasanya semakin memjakan lidah.
  5. Rasa Coklat. Rasa coklat dodol sudah sangat terkenal di Nusantara.

Penetapan sebagai Co-Branding Wonderful Indonesia

Pada tanggal 2 september 2019, Dodol picnic diberi tanda khsusus oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief yahya yang pada saat itu, menyebutkan “Dodol aja piknik”. Kata ini menjadi pengantar kenangan Menpar di atas kotak Dodol Picnic Garut.

Intermezo itu menjadi apresiasi Mempar terhadap dodol picnic, sebab telah mencetak logo Wonderful Indonesia.

“Alhamdulillah, terimakasih. Sebab, Dodol Picnic diizinkan bergabung menjadi Co-Branding Wonderful Indonesia. Kesempatan luar biasa, apalagi Mempar berkenan memberikan tanda mata bagi produk kami. Menjadi bagian dari co-branding Wonderful Indonesia tentu menjadi kebangggan karena memiliki nama besar di dunia,” kata Ato Hermanto Owner PT Herlinah Cipta Pratama.

Chocodot yang Inovatif

Chocodot khas Garut

Dodol merupakan makanan yang dapat ditemukan di jalan-jalan perbatasan Garut. Makanan ini seolah menjadi cemilah yang wajib di coba ketika kamu hendak berkunjung ke Garut. Dan, berkat tangan kreatif seorang pengusaha muda bernama Kiki Gumelar, dodol yang sebelumnya sudah sangat unik dan khas banget, dibuat lebih inovatif dengan kesan lebih mewah, serta memiliki citarasa yang tinggi.

Inovasi yang dilakukan Kiki adalah menggabungkan dodol dan coklat dengan kemasan yang sangat menarik hingga lahirlah Chocodot “chocolate with dodol Garut”.. Cokelat isi dodol ini diresmikan pada bulan Juli 2009 oleh wakil bupati Garut Diky Chandra, dan di launching pada 9 Agustus 2009.

Tak hanya Dodol Picnic yang mendapatkan banyak penghargaan, Chocodotpun tidak mau ketinggalan. Chocodot banyak mendapatkan penghargaan antaranya :

GARUT AWARD 2010 kategori Inovasi buah tangan kota Garut, Juara I & II lomba buah tangan bahan lokal Sleman Yogyakarta, Pangan Award Nasional 2010, Terbaik II Stand Halal EXPO Jawa barat dan masih banyak lagi.

Banyak ragam Chocodot yang bisa kamu coba, antaranya :

  1. Chocodot Up Date Series
  2. Chocodot I Love City Series And Kids
  3. Chocodot Gunung dan Cipanas Garut Series
  4. Chocodot Dodol Truffle

Dimana saya bisa mendapatkan Dodol Garut ?

Cara mendapatkan dodol garut

Lokalklik.com merupakan situs penyedia berbagai produk lokal termasuk dodol Garut, sehingga anda bisa mendapatkan dodol Garut ini dengan mudah dengan berbelanja di lokalklik.com.

Selain dodol Garut, terdapat ratusan produk lokal lain yang bisa anda pilih dan dapatkan.

Tidak hanya di lokalklik.com. Dodol Garut ini bisa kamu temukan di toko-toko atau warung-warung cemilan di pesisir jalan utama yang menghubungkan Garut dan kota tetangganya. Maka saran saya, jika anda memiliki waktu luang untuk berkunjung ke Garut atau sebatas melewatinya, jangan lupa untuk mampir dan dapatkan Dodol Garut yang memiliki rasa lezat dan legit ini.

11 tanggapan pada “Kenali 2 Brand Dodol Khas Garut Yang Melegenda dan Inovatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas