Tampilan Baru Situ Bagendit. Wisata Garut Yang Penuh Dengan Tempat Unik

tampilan baru tempat wisata situ bagendit

Mengenal Situ Bagendit – Saat anda mau berkunjung ke Garut Kota dengan mengambil jalur limbangan cibiuk, maka anda akan melewati salah satu Situ yang sangat terkenal dan menjadi icon kabupaten Garut. Namanya adalah situ bagendit. Salah satu situ yang memiliki nuansa alami yang benar-benar indah dan cocok menjadi destinasi wisata anda ketika berniat bermain ke Garut.

Baca juga : Sejarah sambal Cibiuk

Letak Geografis Situ Bangendit

Situ bagendit sendiri bertepatan di Desa Bagendit, Kec. Banyuresmi – Garut. Situ Bagendit ini adalah sarana wisata alam yang berupa danau (situ) dengan batas administrasi Desa Banyuresmi di sebelah utara, Binakarya di sebelah timur, Desa Sukamukti sebelah barat, dan desa Cipacung di sebelah selatan.

Sarana wisata ini dmemiliki status kepemolikan pemerintah daerah, tepatnya Dinas pariwisata dan kebudayaan Kab. Garut, yang dikelola oleh Ajan Sobari.

Jika anda berasal dari daerah barat seperti di Jakarta dan Bandung, anda bisa menggunakan jalur Jl. Raya Bandung-Garut menuju ke Leles, dari leles belok kiri ke Jl. Pasopati kemudian belok arah kanan ke jalan H. Hasan Arif hingga sampai gerbang masuk Situ Bagendit.

Bagi teman-teman yang sedang bepergian dan tidak sengaja melewati Garut, jangan lupa singgah dulu di Pasar Ceplak yang akan menghadirkan berbagai jenis makanan khas Garut

Wajah Baru Situ bagendit

Tampilan baru wisata danau situ bagendit

Setelah sekian puluh tahun lamanya, akhirnya di era pemerintahan sekarang, Renovasi bagendit dilakukan. Wisata Situ Bagendit sendiri awal di buka bertepatan dengan hari libur Idul Fitri 2022 dan disambut positif oleh para wisatawan baik lokal maupun interlokal.

Admin sendiri selaku warga Garut belum sempat berkunjung ke sana sebab padatnya para pengunjung setiap harinya. Jangan Khawatir meskipun tidak secara langsung berkunjung ke Tempat unik ini, namun admin memiliki banyak teman yang sudah berkunjung dan memberikan beberapa review yang bisa admin share di sini.

Menurut beberapa teman admin, di Situ Bagendit ada banyak sekali tempat-tempat unik yang sengaja dibuat untuk spot Foto. Beberapa spot Foto yang cukup populer antaranya :

  • saung apung
Saung apung Situ bagendit
  • Pameran
Pementasan Saung di wisata danau situ bagendit
  • Masjid Kuya
  • Jembatan
danau situ bagendit Garut

Dan beberapa spot foto lain yang sebaiknya anda kunjungi sendiri.

Meskipun mengusung tempat baru yang unik, Namun beberapa ruh yang melekat pada situ bagendit ini tidak di hilangkan seperti rakit dan sosoangan. Sebab kedua benda inilah yang sejak dari dulu menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke situ bagendit.

rakit situ bagendit garut

Untuk tarif rakit sendiri berada di kisaran 60 ribu untuk satu kali berlayar. Harga ini cukup woth it mengingat rakit ini bisa muat banyak orang. Sangat rekomendasi bagi anda yang berencana ingin mengajak keluarga berekreasi air.

Ditambah dengan pemandangan Kabupaten Garut yang di himpit oleh banyak gunung seperti gunung Cikuray, Guntur, Haruman dan dukuh di sekelilingnya akan menambah kesan alami ketika berakit di situ bagendit.

Selain di olah menjadi tempat wisata, situ bagendit juga masih menjadi habitat alami berbagai jenis ikan, sehingga ketika kita berkunjung ke sana, kita akan melihat beberapa nelayan lokal yang memancing atau berbagai cara menangkap mahkluk air lainnya.

warga lokal di kawasan situ bagendit garut

Harga Tiket Destinasi Wisata Situ Bagendit

Setelah saya tanya-tanya pada teman yang sudah berkunjung kesana, untuk harga tiket jawabannya cukup bermacam-macam.

Ada yang menjawab

  • Harga Tiket Rp. 15.000 dan parkir 5.000
  • Harga Tiket Rp. 10.000 dan parkir Rp. 5000
  • Ada juga yang bisa masuk secara gratis lewat jalan lain.

Namun, umumnya orang menjawab Rp. 10.000 untuk tiket dan Rp. 5000 untuk parkir.

Apakah tempat Situ bagendit rekomendasi ?

Menurut admin sendiri tergantung. maksudnya, tergantung orangnya, type liburan seperti apa yang disenangi. Untuk liburan keluarga, mengasuh anak atau sekedar berfoto ria, bermain di tempat ini sangat rekomendasi karena banyak tempat yang bisa dijadikan spot foto yang bagus. Terlebih ada juga tempat bermain yang bisa membuat anak-anak senang.

Namun bagi teman-teman yang membutuhkan tempat liburan yang lebih menantang dan mengasikan, tempat ini akan membuat anda bosan. Kecuali mungkin akan ada tambahan sarana bermain outbond seperti flying fox, maka akan membuat tempat wisata lebih asyik dan menambah minat berbagai tipe pengunjung.

Untuk anda yang suka ketenangan dan tempat-tempat sepi seperti admin, untuk saat ini Situ bagendit mungkin akan kurang cocok, sebab dari hari ke hari, situ bagendit ini masih ramai dikunjung. Tak mengherankan, mengingat lokasi dari destinasi wisata bagendit ini sangat srategis sebab berada tepat di samping jalan raya.

Bagi admin sendiri Pegunungan masih menjadi tempat paling suka dikunjungi, karena jauh dari berbagai hiruk pikuk keramaian dan gangguan.

Yang Patut Disayangkan

kesan yang teman admin rasakan ketika berkunjung kesana adalah ketidak disiplinan pengunjung dalam membuang sampah.

budaya masyarakat Indonesia masih ada yang buang sampah sembarangan

Demikian Ulasan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan menjawab berbagai masalah sobat. Yuk berkunjung ke Garut karena di garut banyak sekali aneka hal unik khas Garut yang tidak bisa di dapatkan di tempat lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas