Kenali 5 Jenis Ukiran Khas Indonesia yang Paling Populer hingga Internasional

Jenis Ukiran khas indonesia

Jenis ukiran Khas Indonesia – Buat kamu yang ingin memiliki hunian bergaya etnik tradisional, tentunya perlu memoles sedikit beberapa bagian bangunan dengan ukiran ukiran tradisonal agar lebih memunculkan konsep konsep tradisional yang kental.

Di Indonesia sendiri, kamu dapat menggunakan beberapa aksen ukiran yang pada umumnya sudah banyak digunakan sejak dulu hingga saat ini, apalagi indonesia memiliki daerah yang dimana daerah tersebut terdapat jenis ukiran yang berbeda dengan khas dan arti yang melegenda.

Maka dari itu, untuk kamu yang ingin menghadirkan nuansa yang lebih etnik pada rumah atau interior ruangan dengan tampilan ukiran tradisional khas indonesia.

Tentunya bukan lokalman kalau tidak menyiapkan itu semua, karena lokalman punya beberapa informasi penting mengenai jenis ukiran tradisonal yang bisa dijadikan referensi untuk rumah impianmu, bagimana bentuknya? Berikut jenisnya :

5 Jenis Ukiran Khas Indonesia

Yuk, intip beberapa variasi tipe ukiran tradisonal khas indonesia, antara lain :

1. Ukiran Khas Melayu ( Sumatera )

Ukiran pertama khas nusantara yang harus kamu tahu ialah khas melayu yang dimana penggunaannya banyak tersebar di wilayah sumatera dan sekitarnya.

Bentuk ukiran satu ini, memiliki pola yang identik dengan bentuk sulur-sulur atau rangkaian garis abstrak yang membentuk pola organik.

Uniknya, dibagian daerah tertentu, pola ukiran ini mendapat pengaruh banyak dari masuknya ajaran islam dan budaya arab, sehingga pola ukirannya divariasikan juga dengan ornamen khas Arab dan pola Kaligrafi.

2. Ukiran Kayu Khas Dayak

Ukiran selanjutnya yang perlu kamu tahu ialah Ukiran khas Dayak, yang dimana ukiran ini tersebar dibeberapa pulau, seperti kalimantan dan sekitarnya.

Baca juga : Mandau, Senjata Tradisional Suku Dayak Yang Tidak Lepas Dengan Hal Mistisnya.

Keunikan dari pola khas dayak ini memiliki bentuk sulur melengkung dengan ujung ukirannya yang meruncing tajam. Lalu, ciri khas lain dari pola ukiran khas dayak ini ialah terdapat pada warna ukirannya yang memiliki warna yang terang dan sangat mencolok.

Ssehingga akan sangat mudah mengenali jenis pola ukiran satu ini. Biasanya, penerapan ukiran ini banyak digunakan pada rumah adat tradisonal dan juga di perlengkapan kesenian tradisional dayak.

3. Motif ukiran Khas Bali

Motif ukiran tradisional yang populer lainnya, terletak di pulau dewata. Seperti yang kita tahu, pulau bali memang memiliki bentuk bangunan yang unik dan estetik, terlebih pada bagian ukirannya.

Jika dari 2 jenis tadi ukirannya digunakan pada material kayu, pola ukiran khas bali ini, bisa diaplikasikan pada material batu lho. Apalagi, ukiran khas pulau dewata ini memiliki pola bentuk yang unik. yaitu terletak pada bentuknya yang sangat simetris dan juga sarat akan pola motifnya yang dipengaruhi ajaran Hindu di bali.

4. Ukiran Tradisional Khas Jawa

Tak hanya pulau luar jawa saja yang memiliki bentuk ukiran yang cantik, tentunya pulau jawapun memiliki bentuk ukiran yang tak kalah cantik. Apalagi, ukiran khas beragaya jawa ini memiliki bentuk dan keunikan tersendiri.

Hal ini terletak pada penerapan elemen-elemen alam berupa tumbuhan yang ada pada ukirannya, biasanya ukiran tersebut memiliki bentuk seperti kelopak bunga, dedaunan, hingga berbagai jenis rempah.

Pola inilah yang menjadi nilai tersendiri bagi ukiran khas jawa satu ini, Apalagi, pola ukiran ini sudah banyak digunakan pada perabotan-perabotan atau dekorasi interior khas jepara dan banyak dijual hingga kini.

5. Jenis ukiran tradisonal Khas Papua

Jenis Ukiran terakhir yang paling populer di Indonesia, yaitu ukiran tradisonal khas Papua, yang dimana ukirannya terkenal akan keindahan dan kekayaannya.

Fakta menariknya, terdapat berbagai suku di papua yang memiliki bentuk dan keunikan yang berbeda-beda. Umumnya, pola khas papu memiliki bentuk yang menyerupai manusia dan juga Totem dengan penggunaan warnanya yang cenderung lebih gelap. Kamu bisa menemukan ukiran-ukiran tersebut didekorasi di Papua.

Bagiamana? mana yang menurut kamu esotik dan ingin kamu gunakan?

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, Tentunya lokalman akan terus hadir untuk menyajikan berbagai informasi menarik melingkupi hal hal menarik dari nusantara, untuk itu yuk terus dukung lokalklik untuk memajukan budaya dan produk lokal ke mancanegara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas