Sejarah Permainan Engrang, Permainan Legend yang bikin degdegan!

Permainan Engrang

Banyaknya permainan yang bisa kita nikmati dan kita mainkan bersama teman-teman sebaya kita, apalagi sebuah permainan akan membuat sebuah kenangan untuk masa depan, bukan hanya mantan saja lho yang bisa buat kenangan, tapi permainan juga.

Tentunya kita perlu bangga dan bahagia lagi dengan negara kita satu ini, yaitu Indonesia. Indonesia tidak hanya memiliki kebudayaan atau makanan yang khas saja. Melainkan, banyaknya permainan yang tercipta dan hadir dinegara satu ini.

Salah satu permainan yang legend yang bikin degdegan, yaitu Permainan Engrang, kamu sudah tahu belum permainan engrang seperti apa? tentunya buat kamu yang lahir tahun 90an atau 2000an pasti pernah ngerasain permainan satu ini bukan

Untuk kamu yang belum tahu permainan engrang, kali ini lokalman bakal ngumpas sejarah dan ngenalin permainan khas satu ini untuk kamu yang belum tau, untuk itu yuk temenin lokalman untuk ngejelasin permainan satu ini, berikut informasinya :

Ulas Tuntas Permaian Tradisional Engrang

Seperti apa Permainan Engrang?

Buat kamu yang belum tau permainan engrang, Engrang merupakan permainan tradisional yang terbuat dari 2 batang bambu dengan ukuran yang sama, yang dibentuk dan dirancang menyerupai tongkat kaki, biasanya engrang terlihat seperti pistol yang terbalik. permainan ini dimainkan menggunakan keseimbangan antara tangan dan juga kaki.

Permainan engrang biasa dimainkan oleh semua kalangan dari mulai anak-anak, dan orang dewasa. Biasanya permainan ini dimainkan ketika ada acara acara besar seperti 17 agustusan atau dimainkan bersama teman-teman. bahkan engrang sering diperlombakan jika ada acara 17 agustusan, lomba tersebut mencari siapa yang tercepat dengan keseimbangan yang kuat.

Engrang bikin Degdegan

Permainan satu ini sangatlah legendaris, karena dapat membuat jantung ada berdegup kencang karena takutnya jatuh, bisa jadi ukuran engrang yang memiliki ukuran lebih dari tubuh Anda. Namun, permainan satu ini sangat disukai oleh semua kalangan. Karena dapat melatih keseimbangan dan keterampilan tangan dan kaki.

Tapi lokalman sedih, karena permainan engrang kali ini susah ditemukan dan jarang orang-orang memainkan permainan satu ini, padahal permainan engrang sangatlah asik dan seru. Mungkin perkembangan teknologi mulai mengkesampingkan permainan satu ini.

Baca juga : Bernostalgia Dengan Engklek, Permainan Tradisional Pelatih Insting Anak

Eits, jangan sedih mulu, lebih baik kita cari tahu, asal mula dan sejarah dari permainan satu ini, atau kamu sudah tahu? jika belum yuk temenin lokalman untuk bahas sejarah dan awal mula permainan satu ini, berikut informasinya :

Asal Muasal Permainan Tradisional Engrang

Asal Permainan Engrang

Permainan engrang dikutip oleh beberapa peniliti, bahwa permainan ini sudah ada sejak zaman penjajahan belanda, dan permainan ini mendapat pengaruh budaya dari China. Nama dari engrang itu sendiri berasal dari Bahasa lampung, yang berarti Terompah pancung yang dibuat dari bambu bulat yang panjang.

salah satu fakta yang menarik ialah, permainan engrang ternyata cukup populer pada tahun 1900an, Sebagian orang berpendapatan bahwa engrang merupakan permainan tradisional, dan ada yang berpendapat bahwa Engrang merupakan olahraga tradisional.

Saat ini, engrang sendiri bisa kamu jumpai diperaayaan Kemerdakaan Indonesia, yaitu bertempatan di hari kemerdekaan 17 agustus, seperti yang sudah dijelaskan diatas. Setiap daerah memiliki nama tersendiri untuk permainan satu ini. Memang apa saja?

Sebutan Engrang di beberapa Daerah

Yaps, seperti yang sudah dibahas, engrang memiliki sebutan yang berbeda beda disetiap daerah. Seperti, dikalimantan engrang disebut dengan sebutan Batungkau, di Jawa tengah disebut dengan Jangkungan, dan di bengkulu engrang disebut dengan ingkau, disumatera barat engrang sering dikenal dengan tengkak – tengkak, namun walaupun sebutan untuk engrang berbeda disetiap daerahnya. Masyarakat lebih mengenal permainan satu ini dengan istilah Egrang atau Engrang.

Permainan Engrang tidak hanya di Indonesia

Salah satu fakta menarik tentang permainan engrang ini, ternyata engrang tidak hanya ada di indonesia lho, kamu dapat menemukan permainan ini di Negara eropa, bahkan pada jaman dahulu, engrang sering digunakan sebagai alat untuk mengantarkan surat-surat, mungkin tidak terbayang bagaiaman capenya ya, tapi beberapa sumber mengatakan hal seperti itu.

Salah satu negara berkembang seperti jepangpun terdapat permaian engrang, bahkan jepang mengenal permaian ini sebagai permainan tradisional dinegaranya, dan dijadikan sebagai perlombaan dalam serangkaian acara olahraga. Mungkin hal ini sangatlah, karena kita pernah dijajah oleh negara tersebut.

Bagaimana? penasaran bukan untuk memainkan permainan satu ini? bahkan lokalmanpun sangat ingin memainkannya lagi. Tapi lokalman bingung bermain sama siapa, apakah kamu mau? maka dari itu yuk sebarkan kembali permainan dahulu agar adik-adik kamu merasakan bagaimana serunya bermain engrang satu ini.

Seru bukan membahas sejarah dari permainan tradisional satu ini? eh kamu sudah tahu belum tata cara dan aturan dalam bermain engrang? yuk kita bahas, berikut informasinya :

Tata Cara dan Aturan Permaian Tradisonal Engrang

Pemain Engrang

Permainan Engrang bisa dikategorikan sebagai permainan anak-anak, permainan ini dapat dilakukan oleh anak laki-laki, dan perempuan. Usia yang sering memainkan permainan ini berkisar 7 hingga 15 tahun. Jumlah permainnan engrang mencapai 2 hingga 6 orang, tergantung kesediaan alat engrangnya.

Baca juga : Sejarah Kesenian Sisingaan Khas Jawa barat, Tercipta sebagai Perlawanan!

Tempat Permainan engrang

Permainan engrang dapat dimainakan disetiap tempat, namun lebih bagusnya kamu memainkan permainan ini di dataran yang lurus dan rata, agar aman. Kamu bisa memainkan engrang di beberapa tempat seperti pantai, lapang bola, atau jalan didepan rumah kamu. Tapi awas, harus sepi agar tidak membahayakan. Luas arena permainan tilako ini hanya sepanjang 7–15 meter dan lebar sekitar 3-4 meter.

Alat Persiapan Permainan engrang

Permainan satu ini tentunya harus ada engrangnya itu sendiri, biasanya engrang terbentuk atau terbuat dari 2 batang bambu bulat yang sering digunakan untuk tangga, bentuk batang tersebut harus lurus dan sudah tua, masing-masing batang bambu harus memiliki ukuran 1,5 – 3 cm.

Bambu tersebut disama ratakan antara kiri dan kanan, lalu bambu tersebut ditambah pijakan berukuran 20-30 cm jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek. lalu, bambu kecil tersebut digabungan diarea bawah seperti sebuah pistol agar kamu bisa memijak bambu tersebut sebagai penyeimbang. Ketika sudah, permain engrang bisa kamu mainkan.

Tata Cara memainkan Permainan engrang

cara bermain dari permainan satu ini sangatlah mudah dan simple, cara memainkannya hampir mirip dengan permainan balap karung. Kamu harus mempersiapkan area mulai dan finisih, lalu kamu bisa mejajarkan 3 – 4 orang, setelah berjajar dengan sedikit jarak. Kamu bisa berlari menggunakan engrang, dan dapat membuat lawan mainnya jatuh. yang sampai finish duluan berarti orang tersebut memenangkan permainan tersebut.

Bagaimana? sudah terbayang bukan ? eits, tapi permainan ini bukan hanya sembarang permainan lho, melainkan permainan engrang memiliki makna dan nilai budaya yang sangat kental, apa saja maknanya? Berikut informasinya :

Makna dan Nilai Budaya dari permainan Engrang

Makna dan nilai budaya yang terkadung dari permainan satu ini ialah, kerja keras, keuletan, kerja sama dan tentunya sportivitas.

  1. Nilai kerja keras : Nilai kerja sama dari permainan ini terlihat dari kerja sama dan semangat untuk berusaha menjatuhkan lawan agar memenangkan permainan ini.
  2. Nilai Keuletan : Nilai keuletan dari permaian engrang terlihat dari cara dan proses dari pembuatan alat yang digunakan agar bisa digunakan, hal tersebut tentunya membutuhkan keuletan dan ketekunan agar seimbang dan mudah digunakan.|
  3. Nilai sportivitas : nilai sportivitas ini tercemin dari sikap para pemain yang tidak berbuat curang saat permainan ini berlangsung dan menerima kekalahan dengan lapang dada.

Begitu indahnya negara indonesia, karena memiliki berbagai macam permainan yang memiliki sejarah yang sangat dalam hal ini membuat Lokalman semakin bangga dilahirkan dinegara Indonesia, untuk itu lokalman berharap kamu membagikan nilai nilai kebudayaan untuk anak-anak jaman sekarang. Sekian informasi yang bisa disampaikan, terimakasih telah mencintai indonesia sejauh ini.

4 tanggapan pada “Sejarah Permainan Engrang, Permainan Legend yang bikin degdegan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas