Tahu Permainan Congklak? Begini cara bermain dan sejarahnya.

congklak

Siapa sih disini yang belum pernah memainkan permainan congklak? Kamu? untuk anak jaman 2000an sih permainan ini sangat populer pada jaman itu, apalagi sehabis pulang sekolah lalu berkumpul disalah satu rumah teman dan memainkan bersama-sama, mungkin hal itu menjadi hal yang ingin terulang kembali bukan?

Permainan yang dimana mempersatukan kita dengan teman-teman dan belajar menghitung secara cepat dari permainan satu ini. Tapi, sangat sayangkan jika permainan congklak pada jaman sekarang banyak yang belum banyak diketahui oleh kalangan milenial, bahkan ada yang tidak tahu sama sekali.

Perkembangan teknologi menjadi momok utama dalam terkuburnya permainan-permainan masa lalu, tentunya itu semua sangat wajar karena semakin teknologi maju semakin keingin tahuan anak semakin tinggi. Tapi, untuk kamu yang dulunya sering memainkan permainan ini, sudah tahu bagaimana permainan ini ada di Indonesia?

Untuk itu, Aldi disini kembali memberikan informasi mengenai salah satu sejarah permainan yang dulu populer pada masanya. Untuk itu, yuk kita simak apa saja yang harus kamu ketahui mengenai permainan congklak satu ini, berikut informasinya :

Mengenal Permainan Congklak

Asal Muasal Congklak

Permainan congklak telah lama berkembang diasia, khusunya dikawasan melayu. Lalu, congklak pertama kali masuk ke Indonesia dibawa oleh bangsa arab, yang pada awalnya untuk digunakan sebagai alat berdagang dan berdakwah, hingga akhirnya congklak berhasil menyebar keseluruh wilayah indonesia.

Arkeologi atau para sejarawan mempercayai bahwa congklak berasal dari timur tengah lalu menyebar ke Afrika. Banyak ahlipun berpendapat bahwa permainan congklak ini permainan tertua yang pernah ada di dunia.

Di Indonesia sendiri, congklak dikenal dengan berbagai macam nama sesuai daerahnya nih temen lokal, nama yang paling umum digunakan untuk permainan ini adalah congklak.

Baca juga : sudah tahu dengan permainan pletokkan? begini cara bermain dan sejarahnya

Nama Congklak disetiap Daerah Berbeda

Tapi jika ditanya nama sesuai daerah, di Sumetera, congklak sering dikenal dengan sebutan congkak, sedangkan diJawa, congklak dikenal sebagai Congklak, dakon atau dhakonan. Tapi berbeda dengan lampung, karena dilampung congklak memiliki nama dentuman lamban dan di daerah sulawesi dikenal dengan nama makaotan, anggalacang atau nograta.

Lalu, bagaimana cara bermain Congklak untuk orang Awam?

Begini Syarat dan Cara bermainan Congklak

Syarat bermain congklak ialah kamu harus memiliki lawanbermain 1 orang, karena permainan congklak dimainkan oleh dua orang.

selanjutnya, siapkan papan untuk bermain, papan tersebut biasa nya terbuat dari kayu dan memiliki 16 lubang, dengan 7 lubang kecil dan 2 lubang besar sebagai indung lubang yang berada di ujung dari papan tersebut.

Sebelum memainkan permainan ini, tiap-tiap lubang kecil diisi dengan 7 buah biji congklak dengan indung yang dikosongkan. Untuk kamu yang belum mengetahui biji congklak, biasanya biji congklak menggunakan kerang kecil tau biji-bijian yang sedikit besar.

Setelah itu, permainan dimulai ketika salah satu pemain mengambil biji congklak yang terdapat pada salah satu 7 lubang dibagiannya yang sudah ditentukan, Kemudian, ia lawan atau kamu harus membagikan ketiap-tiap lubang, dan Jangan lupa, pemain harus mengisi indung lubang yang dimilikinya.

Pemain lain akan mendapatkan giliran ketika pemain sebelum sudah kehabisan bji congklak untuk dibagikan, lalu permainan bisa dinyatakan selesai jika pemain dan lawan pemain sudah tidak memiliki biji disetiap lubangnya. Dan Pemain yang menang ialah pemain dengan jumlah biji congklak terbanyak pada induk lubangnya.

bagaimana, seru bukan? tapi tidak hanya seru saja lho, melainkan jika kamu memainkan permain ini, banyak manfaat yang akan kamu dapatkan, beberapa ilmuan sudah melakukan riset mengenai manfaat jika bermain congklak secara rutin, penasaran? Berikut informasinya :

Begini manfaat jika kamu bermain Congklak

Ternyata permain congklak memiliki banyak manfaat, bukan hanya sekedar hiburan melainkan congklak dapat memberikan efek kesehatan pskilogis lho, berdasarkan penelitian dari seorang pskilogi independes Asal inggris yaitu sepesial Dr. Linda Papadopoulos, menyimpulkan, bahwa jika memainkan permainan tradisional memberikan efek positif untuk anak – anak, menurutnya, permainan tersebut sangat penting untuk mengembangkan fisik dan mental seoran anak.

Baca Selengkapnya : Kenali Juga kesenian musik Betawi yang melegenda

Melatih daya ingat, strategi dan perhitungan

Anak-anak akan terlatih jujur dan sabar, dan mengemabngkan cara strategi dalam permainan tersebut, kegiatan mengambil dan menyimpan biji pada papan congklak mampu melatih motirk halus pada anak-anak, Selain itu, kegitatan tersebut dapat membantu akan menjadi lebih berani sehingga akan lebih siap untuk belajar menulis.

Dapat melatih motorik Halus anak

Apalagi, jika seorang anak bermain congklak, hal tersebut dapat mengasah kecerdasan otak kiri, dalam permainan, pemain harus mengumpulkan biji congklak lebih banyak agar bisa menang dari lawannya, hal tersebut memuat anak akan berlatih cara mengatur strategi dan melakukan perhitungan dalam proses permainannya. Bagaimana nih temen lokal? mau main lagi engga? ayoo agar Kamu semakin berani dan berstrategi.

Apakah harga permainan congklak Mahal?

Harga Congklak Murah

Untuk kamu yang ingin bermain kembali congklak bersama teman atau keponakan, kamu bisa beli congklak dengan harga murah, harga dari congklak hari ini untuk model plastik dan berwarna berkisar 13 ribu saja, kamu bisa dapatkan produk congklak menarik di seluruh marketplace.

Untuk itu, ayo lebih mencintai main-main terdahulu dan jadikan permainan tersebut agar kamu dapat mencintai indonesia dan produk lokal indonesia lebih lagi, dan bantu lokalklik untuk mengembangkan produk-produk lokal terbaik ke seluruh negara.

Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga tuntas, dan Semangat untuk mencintai negeri Indonesia lebih lagi.

2 tanggapan pada “Tahu Permainan Congklak? Begini cara bermain dan sejarahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas