5 Minuman Khas Kalimantan yang Seger dan Enak, Harus kamu coba

Minuman Khas Kalimantan

Minuman khas kalimantan – Seperti yang kita tahu, pulau kalimantan terkenal dengan udaranya yang sangat panas, apalagi jika jam jam siang mulai hadir. Tentunya, cuaca yang panas akan sangat cocok jika ditemenin dengan minuman yang seger dan manis bukan?

Terlebih, minuman yang seger dipercaya dapat meningkatkan stamina dan energi disiang hari. Nah, ngomongin tentang kalimantan dan cuacanya yang panas, akan sangat kurang jika kita tidak mengenal beberapa jenis minuman khas yang bisa bikin kita ngiler seharian!

Kira-kira ada minuman apa saja ya? bukan lokalman namanya kalau tidak membahas perihal tersebut, karena kami telah menyiapkan 5 jenis minuman khas kalimantan yang patut kamu coba, apalagi ke 5 minuman ini memiliki ciri khas yang unik!

Dari pada ngiler seharian, dan uring-uringan pengen masuk kulkas, Yuk kita langsung saja mengenal minuman-minuman tersebut, diantara ada :

Daftar minuman khas kalimantan yang Unik

Dari pada ngiler seharian, dan uring-uringan pengen masuk kulkas, Yuk kita langsung saja mengenal minuman-minuman tersebut, diantara ada :

1. Minuman Ce hun Tiaw

Ce hun tiaw merupakan salah satu minuman khas asal etnis tionghoa kalimantan barat, yang memiliki arti ubi tepung balok, dengan bentuk yang memanjang seperti mie berwarna hijau.

Ce Hun Tiaw ini merupakan salah satu jenis cendol khas kalimantan yang dilengkapi berbagai macam toping, dimulai dari gula merah, kacang, dan bongko.

Baca juga : Aneka Makanan Khas Garut Yang Jarang Kita Temukan Di Kota Lain

Minuman ini, menjadi salah satu minuman favorite warga sana, yang selalu dinikmati pada siang hari karena sangat cocok untuk meredakan panas.

2. Es Teler Pontianak

Siapasih yang tidak tahan melihat gambar dari es teler pontianak satu ini? Salah satu minuman yang terdiri dari buah buah ini menjadi tujuan paling tepat jika kamu gembar memakan buah dan minuman.

Tidak hanya membuat tenggorokan menjadi segar saja, melainkan es teler pontianak memiliki beragam khasiat lho, terlebih kudapan ini sangat sehat lho!.

3. Minuman Tebu khas kalimantan

Rasa manis dari minuman khas kalimantan ini selalu menjadi primadona terbaik bagi masyarakat pontianak, apalagi jika kamu sedang mengunjungi kota pontianak, akan ada banyak para penjual es tebu ini yang sangat mudah untuk dijumpai.

Terlebih harga yang ditawarkan terbilang cukup murah, berkisar 3 hingga 4 ribu saja, disamping sagar dan manis, ternyata air tebu memiliki manfaat yang sangat baik lho untuk kesehatan.

Salah satunya diepracayameningkatkan pasokan energi, melawan kanker, melawan dehidrasi an masih banyak lainnya, dibalik segernya minuman ini sangat berkhasiat.

4. Minuman Liang Teh

Selanjutnya, kamu bisa menikmati minuman khas pontianak yang paling terkenal, yaps minuman ini dinamai Liang Teh, kamu bisa membelinya ditepi jalan-kalan kota pontianak.

Liang atau liong teh itu sendiri memilikia arti dingin, hal ini tentunya menjadi bukti dimana long teh ini bisa meredakan panas yang sedang kamu rasakan, selain seger dan enak, teh ini memiliki beragam khasiat, apalgi bahan pembuatan terbuat dari berbagai bahan herbal.

Diantaranya, berbahan andong-andong kerang, kumis kucing, daun mint dan lainnnya. Kamu bisa menikmati laing teh dengan tambahan gulla, atau tidak sesuai kebtuuhan kalian.

5. Es Jagung khas kalimantan

jagung yang biasa diolah menjadi makanan, kini disulap menjadi minuman yang seger lho, tepatnya minuman khas pontianak ini memiliki rasa yang unik, dan nyegerin.

Es jagung yang terbuat dari jagung manis yang masih muda ini direbus hingga lunak dan renyah, dan sari jagung dapat membuat minuman ini sangat nikmat.

Apalagi jika disajikan dalam mangkung dengan esbatu, sedikit gula, hingga susu kental manis, kamu bisa menikmati minuman ini hanya dengan 10 ribu saja.

Jadi, Minuman mana yang akan kamu coba ketika mampir di pulau kalimantan?

Demikianlah informasi menarik mengenai 5 jenis minuman khas kalimantan yang harus kamu coba, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, tentunya kamu bisa mencari informasi menarik lainnya seputar infomarmasi lokal yang telah lokalklik siapkan.

Terus dukung lokal klik untuk memajukan produk lokal kemanca negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas