Aneka Makanan Khas Garut Yang Jarang Kita Temukan Di Kota Lain

mengenal aneka makanan khas garut

Oleh-oleh khas Garut – Garut merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki ragam ciri khas. Baik makanan, adat dan tempat wisata di Garut memang menjadi salah satu yang wajib anda coba di antara ragam nusantara.

Saat Pandemi usai, Garut mungkin salah satu destinasi wisata yang bisa anda kunjungi. Kenapa? Karena Garut memiliki ragam tempat wisata yang menarik. Dimana, saat pandemi ini, wisata Garut banyak dibenahi. Seperti kunjungan wisata Paguci (Papandayan, guntur dan cikuray) yang banyak mengalami perombakan dalam hal pelayanan serta kebersihan, kemudian wisata pantai pemempek yang juga tak kalah mengalami pembenahan.

Selain itu, Garut juga merupakan kabupaten yang cukup mudah di jangkau bagi teman-teman warga jabodetabek. meskipun tidak bisa di bilang sangat dekat, tetapi dengan jalan yang sudah nyaman, kendaraan umum yang sudah berseliweran di berbagai kota tentu tidak ada alasan lagi untuk tidak berkunjung ke Garut.

Nah, terkhusus bagi teman-teman yang ingin berwisata kuliner di Garut, atau bagi teman lokal yang sedang berwisata ke Garut, ingin mengetahui jenis makanan khas Garut untuk dibawa pulang ke kota kesayangan teman-teman, kali ini admin akan share pada teman lokal tentang jenis-jenis makanan khas Garut yang jarang di temukan di kota lainnya.

Apa saja itu? Yuk simak pembahasan ini…

1) Dodol Garut Yang Melegenda

Dodol picnik khas garut

Jika ditanya makanan apa yang menjadi ciri khas kota Garut, 90% orang pasti berpikir tentang cemilan satu ini. yah, dodol. Yang merupakan cemilan enak nan legit. Makanan berbahan dasar ketan dan gula ini memang sudah melekat dengan khas Garut. Sehingga jika di tanya dodol pasti Garut.

Salah satu jenis dodol yang banyak diminati dan sudah menasional adalah dodol picnic. Dodol picnic sudah sejak dulu aksis menghiasi rak-rak oleh-oleh jajanan Garut. Dengan varian rasa yang kaya membuat dodol ini digemari oleh berbagai kalangan baik muda, tua, wanita ataupun laki-laki.

2) Chocodot Sebagai Varian Baru Dodol

Selain dodol picnic, ada juga Chocodot, sebuah dodol yang sudah dimodifikasi dengan dicampur coklat. Makanya namanya chocodot sebagai singkatan dari chocolate with dodol Garut. Chocodot juga merupakan jenis makanan khas Garut yang banyak dikenal di para penggiat wisata kuliner.

Satu hal yang menarik dari Chocodot ini adalah banyaknya penghargaan yang diraihnya. Penghargaan ini di raih karena inovasi sang owner untuk membuat jenis makanan baru yang menarik dengan mencampurkan rasa manisnya coklat dengan uniknya dodol.

Informasi lengkapnya : Kenali 2 Brand Dodol Khas Garut Yang Melegenda dan Inovatif

3) Dorokdok Yang Gurih & Renyah

Semua daerah memang memproduksi kerupuk kulit. Namun, Dorokdok bukanlah jenis kerupuk kulit seperti pada umumnya. Dorokdok adalah makanan khas Garut yang pada prosesnya, ada sedikit perbedaan dibandingkan dengan kerupuk kulit lainnya.

Jika kerupuk kulit terbuat dari kulit kerbau secara langsung, dorokdok terbuat dari kulit sapi bagian dalamnya saja, bagian luarnya digunakan untuk kerajinan. Ini yang membedakan antara dorokdok dan kerupuk kulit biasa.

Nama Dorokdok sendiri diambil dari suara ketika memakannya yang sering terdengar yaitu Dorok,dok,dok. Suara ini dihasilkan dari kerenyahan dorokdok saat digigit. Makanan ini sangat disantap sebagai cemilan juga sebagai teman memakan makanan lainnya seperti bakso.

Penasaran? Yuk simak : Serba-serbi Dorokdok. Mengenal Proses Pembuatan & Perbedaannya dari kerupuk kulit

4) Sambal Cibiuk Yang Nggak bikin Sakit Perut

Tidak akan ada yang dapat menyangkal bahwa sambal ini adalah sambal Khas Garut. Karena Cibiuk sendiri diambil dari nama salah satu daerah Garut yaitu Cibiuk. Kecamatan Cibiuk terletak di sebelah selatan Kecamatan Limbangan dan berjarak 24 km dari pusat kota Garut.

Sambel cibiuk di kenal sebagai sambal yang berantakan, Ulekannya nggak pernah halus dan itu yang menjadikannya unik berbeda dengan yang lain. Sambal cibiuk ini akan sangat mantap jika di santap dengan ikan goreng. wah bikin ngiler pokoknya.

Saat ini tidak hanya di cibiuk, banyak rumah makanan khas sunda yang menyediakan sambal khas Garut ini. Anda bisa menemukan sambal cibiuk di rumah makan sunda baik di Bekasi, Tangerang, dan sepanjang jalan Bandung ke arah Tasik.

Yuk kenali : Dalami Sejarah Sambal Cibiuk Agar Dapat Membuatnya Lebih Legit Dan Sempurna

5) Endog Lewo Yang Nggak Banyak Orang Tahu

Berbeda dengan makanan khas Garut sebelumnya, Endog lewo ini masih kurang begitu populer secara nasional. Namun di daerah asalnya, Garut, terkhusus daerah malangbong, Endog lewo ini sudah menjadi makanan sehari-hari yang banyak ditemukan di setiap warung pinggir jalan.

Endog lewo adalah makanan khas Garut yang terbuat dari singkong yang digiling, kemudian di cetak kecil-kecil dan diberi bumbu khusus hingga akhirnya di Goreng. Berbeda dengan combro, meski sama-sama terbuat dari singkong, emplod/endog lewo ini memiliki tekstur yang lebih keras dan renyah pada saat dimakan.

Emplod/endog lewo ini sangat cocok disajikan bareng bakso ataupun mie. Makanya, jika teman lokal berkunjung ke daerah Malangbong-Garut, jangan heran jika di tiap tukang bakso pinggir jalan menyediakan cemilan satu ini.

Mengenal Endog Lewo, Cemilan Legit Yang Jarang Orang Tahu

6) Burayot, Makanan dengan bentuk Unik

Makanan Khas Garut lain yang bisa teman lokal coba adalah Burayot. Burayot adalah kue yang terbuat dari gula aren dan tepung beras. Nama burayot sendiri diambil dari bentuknya yang mengelantung atau dalam bahasa sunda disebut ngaburayot, makanya tidak heran jika nama kue ini burayot.

Bentuk ngaburayot ini disebabkan para proses memasaknya kue burayot ini menggunakan sumpit atau semacam bambu kecil untuk mengangkatnya.

Selain bentuknya yang unik, kue burayot ini memiliki sejarah yang sangat menarik. Sejarah kue burayot

Kue burayot yang digoreng dadakan memiliki rasa yang jauh lebih enak dibandingkan dengan kue yang sudah dalam kemasan. Sehingga jika teman lokal ingin mencoba kue burayot ini dengan rasanya yang masih original, teman lokal harus berkunjung ke daerah asalnya Garut.

Namun sayangnya, saat ini tidak banyak pengrajin burayot, karena tidak banyak anak-anak pemilik usaha Burayot ini yang mau melanjutkan usaha orang tuanya. Mereka lebih memilih pergi ke kota dan bekerja disana dibandingkan tetap mempertahankan usaha membuat kue burayot ini.

7) Ladu Khas Malangbong Garut

Ladu Khas Malangbong Garut ini awalnya di buat sebagai kudapan jamuan para tamu. Namun karena banyaknya permintaan tamu di luar daerah akan makanan khas Garut satu ini. Akhirnya Ladu malangbong ini di buat untuk di perjual belikan.

Makanan ladu malangbong ini terbuat dari beras ketan, gula aren dan parutan kelapa. Teman lokal bisa menemukan makanan ladu ini ketika berkunjung ke Malangbong sebagai tempat asal muasal makanan ini.

8) Angleng, Cemilan Khas Garut yang Mirip Wajit

Jika hanya sekilas dalam melihat, hampir tidak ada bedanya antara angleng dan wajit. Karena keduanya memang terbuat dari bahan-bahan yang sama yaitu ketan, gula aren dan kelapa.

Namun, jika kita tahu bagaimana cara buatnya, Angleng ini terbuat dari tepung beras ketan sementara wajit terbuat dari beras ketan. Sehingga tekstur dari angleng ini lebih empuk dan halus.

Umumnya, angleng ini biasa disajikan untuk acaa perayaan agama atau jamuan khusus. Meskipun kini orang-orang Garut sudah mulai memproduksi angleng untuk kebutuhan komersial. Anglengpun dapat tersedia di toko-toko oleh-oleh Khas Garut.

Udah Tahu Angleng? Cimilan manis mirip Wajit Khas Garut

9) Ceprus Khas Garut

Makana khas Garut lain yang bisa anda coba adalah Ceprus. Makanan berbahan utama singkong bakar panas ini menjadi khas karena biasa dicelupkan pada gula merah yang dipanaskan.

……

Pasar Ceplak. Pusatnya jajanan Khas Garut

Jika ditanya dimana bisa mendapatkan makanan khas Garut? Jawab yang bisa kami suguhkan adalah pasar ceplak. Pasar yang terletak di tengah-tengah kota ini kerapkali menjadi tujuan utama bagi rekan-rekan kita untuk wisata kuliner.

Pasar yang berada di ruas jalan siliwangi Jl. Ciledug dan Jl. Cikuray ini buka setelah ashar hingga malam. aneka makanan khas Garut yang sudah kami uraikan diatas sudah pasti dapat anda temukan di pasar ini. tak hanya makanan, tetapi nuansa kerakyatan dan kekeluargaan juga bisa terasa sekali di pasar tradisional yang sudah ada sejak dahulu kala ini.

Penasaran? Selengkapnya : Tahu Pusat Kuliner Di Garut? Pasar Ceplak Pastinya

Demikian ulasan mengenai aneka oleh-oleh khas Garut. Sebetulnya masih banyak jenis-jenis makanan Garut lain yang bisa anda coba. Bagi teman-teman yang mengetahui jenis makanan khas Garut lain, teman lokal bisa share dengan berkomentar di bawah ini.

12 tanggapan pada “Aneka Makanan Khas Garut Yang Jarang Kita Temukan Di Kota Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas