Jangan Ngaku Pernah KeBandung Kalo Belum Mencicipi 3 Makanan Ini

3 jenis kuliner Bandung yang wajib untuk dicoba

Hallo para pecinta kuliner lokal, pada kesempatan kali ini mimin bakal memberikan serangkaian informasi mengenai kuliner khas kota Bandung nih. Apakah kalian sudah pernah ke Bandung sebelumnya? sudah menjadi hal yang wajib ketika kita sedang berlibur ke berbagai daerah terutama di Indonesia untuk mencicipi makanan-makanan khas asal daerah tersebut.

Berbicara soal kota Bandung Parahyangan, terdapat banyak sekali jenis makan khas yang bisa kita cicipi disana lho. Akan tetapi, dari sekian banyaknya jenis makanan khas Bandung hanya 3 saja yang akan kita bahas. Karena ketiga jenis makanan ini cukup populer dan kurang afdol rasanya jika berkunjung ke kota Bandung tanpa merasakan nikmatnya 3 jenis makanan ini.

Ketiga jenis makanan khas kota Bandung tersebut yakni:

  • Peuyeum
  • Mie kocok
  • Tahu susu Lembang

Meskipun terdapat beragam jenis kuliner khas kota Bandung, seperti pisang bolen, cuanki, bandrol colenak dan lain sebagainya. Akan tetapi ketiga jenis makanan di atas sepertinya akan sangat menarik jika kita bahas. Maka dari itu, langsung saja ini dia penjelasannya di bawah ini:

3 Jenis Kuliner Khas Bandung Yang Sangat Familiar

Bila sewaktu-waktu kalian ingin berkenjung ke kota Bandung, maka wajib untuk mencoba makanan-makanan khas kota kembang ini. Tidak sudah banyak-banyak cukup beberapa saja seperti yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu Peuyeum, tahu susu dan mie kocok.

Mie Kocok Khas Bandung

Mie kocok merupakan sebuah makanan hidangan yang memiliki citrarasa kaldu sapi khas kota Bandung Parahyangan, Jawa barat. Istilah nama kocok sendiri diambil berdasarkan proses pembuatannya yang di kocok-kocok di dalam wadah logam berlubang dan bergagang, serta seraya mencelupkannya ke dalam air yang panas.

asal muasal terciptanya mie kocok

Di dalam sebuah mangkok mie kocok terdiri dari mie kuning yang disajikan kuah kaldu sapi kental dan di campur dengan irisan kikil, toge, bakso jeruk nipis serta di campur lagi dengan irisan bawang daun, seledri, dan bawang goreng. Terdapat juga beberapa elemen tambahan seperti kerupuk, babat sapi dan lain sebagainya.

Agar menambah citrarasa yang memanjakan lidah kita, tambahkan juga kecap manis, sambel pedas dan di tambah sedikit tetesan cuka.

Tahukah kalian, bahwasanya mie kuning yang digunakan untuk membuat mie kocok ini yaitu “mie kuning gepeng” yang memiliki tekstur lebih lembut dari jenis mie pada umumnya.

Baca juga : Mengenal wajit khas Cililin

Setelah mie kocok, selanjutnya mimin bakal mengajak kalian untuk mencoba kuliner khas kota Bandung lainnya yaitu:

Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung merupakan salah satu makanan khas Bandung yang sangat identik dengan kota Kembang, peuyeum ini terdiri dari dua kata yang dimana jika kita artikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu Tapai Singkong.

mengetahui apa itu peuyeum?

Kebanyakan orang melihatnya peuyeum ini seperti tape karena tidak ada bedanya, akan tetapi terdapat perbedaan yang cukup signifikan lho, peuyeum dapat bertahan lebih lama karena kadar air di dalamnya sedikit, sedangkan tape rasanya lebih manis dari pada peuyeum. Keduanya sama-sama cemilan fermentasi yang terbuat dari bahan singkong atau ubi kayu.

Rasa dari peuyeum ini cukup manis tapi terkadang terdapat sedikit rasa asam yang akan kita rasakan di dalam mulut, sangat cocok nih bagi kalian yang menyukai hidangan kuliner dengan rasa yang sedikit agak tabrakan yakni manis dan sedikit asam.

Uniknya, terdapat beberapa manfaat yang dimiliki tape singkong atau peuyeum ini yang bila mana kita mengkonsumsinya akan berdampak cukup baik bagi kesehatan tubuh, contohnya seperti mengontrol tekanan darah, mencegah terjadinya anemia, membuang racun di dalam tubuh dan masih banyak lagi.

Tahu susu Lembang

Dari namanya saja pasti diantara kalian sudah mengetahuinya, yap salah satu jenis kuliner khas kota Bandung ini banyak di produksi di daerah Lembang.

tahu susu lembang teksturnya sangat lembut

Meskipun tahu ini di campur dengan susu, akan tetapi bahan utamanya tetap terbuat dari bahan kacang kedelai dan di tambah dengan mentega, yang kemudian di olah menjadi satu sehingga menghasilkan produk tahu susu yang memiliki tekstur lebih lembut dari tahu kebanyakan.

Bila mana kalian jalan-jalan ke kota Bandung, sangat rekomendasi untuk mengunjungi daerah lembang yang terkenal dengan kulinernya yaitu tahu susu dan bolu susu, yang dimana lokasinya bisa dikatakan berdekatan dengan salah satu gunung yang cukup terkenal yakni Tangkuban Perahu. Sehingga kalian bisa mencicipi makanan khas tradisional sambil berkunjung ke Tangkuban Perahu.

Baca juga : 2 Brand Dodol Garut Yang Melegenda

Sangat di sayangkan bila melewatkan kuliner khas kota Kembang yang satu ini, mengingat tekstur tahu susunya jauh lebih lembut di bandingkan dengan jenis tahu pada umumnya sehingga bisa dijadikan alternatif pilihan oleh-oleh dari Bandung.

Dari ketiga jenis kuliner khas kota Parahyangan, mana yang kalian suka? tulis di kolom komentar ya!

Baik teman-teman itulah dia pembahasan kita kali ini tentang 3 macam jenis makanan tradisional khas kota Bandung, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat ya. Cukup sekian & terimakasih sudah membaca artikel ini hingga akhir penutupan.

Satu tanggapan pada “Jangan Ngaku Pernah KeBandung Kalo Belum Mencicipi 3 Makanan Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas