Kue Gemblong, Jajan Pasar Gurih Dan Lezat

Kekayaan bangsa Indonesia memang tak bisa diragukan lagi. Ini bisa dilihat dari keberagaman suku di seluruh penjuru Nusantara yang masing-masing mempunyai ciri khas, termasuk salah satunya pada makanan. Saking beragamnya, masing-masing daerah punya makanan khas yang berbeda-beda citarasa dan kelezatannya.

Hal ini karena Indonesia sumber rempah-rempah, yang membuat bumbu setiap masakan di berbagai daerah di Indonesia menjadi lebih kaya. Berkat rempah yang berbeda-beda pula, masing-masing daerah memiliki ciri khas yang tak sama pada citarasa masakannya.

Berbicara makanan khas Indonesia, Apakah kalian sudah tahu apa saja jajanan pasar yang ada di tanah air ?. Lalu, sudah kenal dengan nama-nya kue gemblong ?. Mungkin namanya memang sedikit terdengar asing, tapi masih dapat kalian temukan di pasar-pasar tradisional di Jawa.

Lalu, seperti apa bentuk dan rasa dari jajanan pasar dengan kelezatan-nya tidak termakan oleh waktu. Makin Penasaran ? Yuk, kita simak penjelasan yang satu ini mengenai kue gemblong, berikut ulasannya.

Apa Itu Kue Gemblong ?

Tidak semua pasar menjual jajanan bernama kue gemblong. Biasanya, kue tersebut dapat kita temukan di pasar-pasar Tanah Sunda, Jawa, dan Betawi. Asalnya sendiri masih belum jelas dari mana. Begitu pula dengan asal namanya. Terdapat beberapa sumber menyebutkan jika nama gemblong berasal dari bentuknya yang bulat dan lonjong.

Gemblong adalah jajanan kuliner tradisional berjenis kue basah yang cukup terkenal di beberapa daerah di Indonesia dan juga kue gemblong terdapat kandungan gizi yang baik. Gemblong mengandung energi sebesar 115 kilokalori, protein 1,7 gram, karbohidrat 21,1 gram, lemak 2,6 gram, kalsium 0,06 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 0,2 miligram. Selain itu di dalam Gemblong juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram.

Di era sekarang ini jajanan lawas mungkin hampir punah dengan persaingan global yang cukup pesat. Namun dengan adanya jajanan khas Indonesia yang masih terjaga akan kelestarian kuliner dan sebenarnya kaya akan gizi, sehingga persaingan pun dapat di imbangi.

Ingin mencicipi rasa lezat kue gemblong ?. Namun susah untuk menemukannya ?. Jangan berkecil hati sebab, resep dalam pembuatannya dapat di praktekan oleh kalian, seperti penjelasan dibawah ini.

Cara Pembuatan Kue Gemblong

Kue gemblong. Dengan nama-nya saja sangat kental dengan penamaan kuliner khas Indonesia, tentunya dalam pembuatan kue gemblong pun terbilang cukup mudah, dan bahan yang dibutuhkan pun dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional Indoensia.

Bagi anda yang ingin membuat kue gemblong dengan kelezatan rasa manisnya, anda dapat terlebih dahulu untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti dibawah ini :

  • 10 sdm tepung ketan putih
  • 10 sdm tepung terigu
  • 1 butir kelapa setengah tua (ukuran kecil)
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 100 ml air matang
  • 1/4 kg minyak

Mengapa kue gemblong lezat dan manis ?. Itu didapat dari bagian luar yang telah di lapisi adonan gula merah dan memberikan aroma khas-nya. Beberapa bahan yang dibutuhkan,seperti :

  • 1 blok gula merah (ukuran sedang)
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm air matang

Untuk pembuatan kue gemblong, hal pertama yang terlebih dahulu dilakukan adalah memanaskan santan dan mencampurnya dengan tepung ketan. Setelah santan dan tepung ketan tercampur rata, barulah ditambahkan tepung kanji, kelapa parut, margarin, dan garam.

Adonan dasar tersebut dicampur hingga kalis dan dibentuk bulat lonjong kemudian digoreng hingga matang. Sedangkan untuk adonan pelapis terdiri dari gula aren atau gula merah dan gula pasir. Pertama-tama gula aren dan gula pasir dipanaskan hingga terlihat berserabut. Kemudian masukan gemblong yang telah ditiriskan kedalam adonan gula tersebut, aduk sampai merata dan kering.

Cukup mudah bukan untuk membuatnya ?. Jadi tidak sabar ingin mencobanya ?.

Akan tetapi anda bisa menahannya terlebih dahulu sebelum membuat kue gemblong. Karena ada juga loh yang sejenis bahkan bentuk fisiknya pun hampir sama dengan kue gemblong. Lalu Apakah itu, yuk kita ikuti terus ulasan ini sampai selesai, agar anda tidak ketinggalan informasi menarik mengenai kue gemblong.

Awas Jangan Sampai Salah Sebut Nama. Ini Bedanya Gemblong Dengan Getas

Di daerah Jawa Timur kue gemblong ini dikenal dengan nama Getas. Meskipun memiliki rasa yang sama, Getas terbuat dari ketan hitam, sedangkan gemblong terbuat dari ketan putih.

Kue Gemblong yang hampir mirip dengan getas, kue tradisional Jawa Timur, hanya saja getas terbuat dari tepung ketan hitam. Meskipun berbeda, untuk resep bahan yang dibutuhkan ternyata memiliki kesamaan.

Selain tepung ketan putih, bahan dasar kue getas adalah tepung kanji, margarin, santan, kelapa muda,dan garam. Cara memasaknya dengan cara di goreng. Rasanya garing di luar, empuk di dalam. Camilan atau kue getas paling pas disajikan dingin setelah gula merahnya mengeras. Kita dapat menikmati getas sambil minum teh atau kopi. Sangat cocok untuk menemani waktu bersantai. Adonan getas dibentuknya tidak terlalu tebal agar kue matang sampai bagian dalam. Apabila dimasukkan dalam larutan gula, harus segera diaduk karenagulanya cepat mengeras.

Menarik yah, semakin ingin menikmati terus dari kuliner yang dimiliki Oleh Indonesia. Hal yang belum mengtahui dibalik kue gemblong dapat menjadi inspirasi anda. Ternyata jajanan pasar tidak kalah enak dan lezat dari jajanan kekinian, apalagi biasanya jajanan kekinian banyak yang mengandung bahan pengawet dan tidak baik bagi kesehatan kalian.

Dimanakah Saya Dapat Menemukan Jajanan Kue Gemblong ?

Kue gemblong merupakan salah satu kue legendaris bagi masyarakat Indonesia. Kue ini cukup digemari beberapa kalangan masyarakat. Untuk generasi mudasaat ini, mungkin gemblong kurang familiar bagi mereka bahkan mungkin ada yang sama sekali tidak mengenal kue ini.

Cara menjajakan kue gemblong ini biasanya pedagang yang memiliki cara yang unik yaitu dengan meneriakkan kata-kata gemblong – gemblong. Di Bogor dan Puncak, bila anda mendengar teriakan pedangan gemblong, berarti Anda tengah terjebak kemacetan. Nah itulah salah satu tempat untuk menemukan kue gemblong, yang bisa anda temukan selain pasar tradisional.

Mari kita jaga kuliner khas indonesia agar masih dapat kita temukan dengan mudah dan tentunya dengan begitu kelestarian budaya lokal pun akan tetap terjaga dengan persaingan global yang cukup ketat. Dengan begitu pula anda, tanpa disadari kita telah memajukan budaya Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas