Orang Jawa pasti tau Gethuk yang Melegenda! Begini Sejarahnya!

gethuk khas jawa

Indonesia dikenal dengan berbagai macam jenis makanan dan alat musik tradisional, siapa yang engga bangga sama indonesia-nih temen lokal. Seperti yang sudah disebutkan indonesia memiliki banyak makanan yang enak-enak dan unik lhoo. Kamu tau engga sama namanya makanan gethuk khas jawa?

Kenali sejarah dan budaya Indonesia, agar kamu semakin mencintai Indonesia

Mungkin bagi Kamu yang berada di daerah Jawa pasti sudah tahu nih apa yang namanya gethuk yang kenyal dan enak, apalagi warna dari gethuk sangat unik ya temen lokal, setuju? Pasti setuju banget dong. Tapi kamu tahu engga dari mana asal muasal gethuk dan kenapa warna gethuk berwarna warni

Untuk itu, disini Aldi bakal ngasih tahu temen lokal kembali tentang, asal gethuk dan informasi lainnya nih. Untuk itu, yuk temenin Aldi buat jelasin informasi mengenai gethuk berikut ini :

Mengenal Gethuk Makanan Khas Jawa

Buat kamu yang belum tahu gethuk, Gethuk merupakanan makanan ringan khas jawa yang terbuat dari singkong dan ketela pohon. Gethuk dapat kamu temukan di daerah jawa, khususnya jawa tengah maupunjawa Timur.

Tapi buat temen lokal yang berada di kota Bandung, jangan khawatir karena gethuk juga kadang tersedia dipasar swalayan dikota bandung.

Umumnya gethuk memiliki rasa manis gurih yang khas, apalagi tekstur gethuk yang cukup lembut yang membuat temen lokal makin gemar memakan makanan khas indonesia satu ini. eits, sudah tahu belum sejarah dari makanan gethuk satu ini? jika belum yuk kita kenal lebih dalam sejarah pembuatan dan terbentuknya gethuk, berikut ini :

Asal Muasal dan Filosofi Gethuk Khas Jawa

Fakta menariknya yaitu, gethuk merupakan maknan ringan yang berasal dari magelang, Jawa tengah. Saat ini, magelang senidri terkenal sebagai kota getuk, dan mengenai sejarah adanya gethuk, Pada zaman kolonial Jepang atau jajahan jepang, menyebutkan bahwa pada zaman itu bahan pangan pokok beras sangatlah langat.

Baca juga : Begini sejarahnya karinding asal sunda

Sehingga penduduk lokal magelang berinesiatif untuk memanfaatkan Singkong atau ketela pohon untuk pengganti maknaan pokok seperti beras.

lalu, suatau hari seorang penduduk lokal tepatnya di desar karet Magelang, yakni Ali mohtar mencoba berinovasi membuat makanan yang lezat berbahan singkong, Oleh ali Mohtar singkong dikukus kemudian dihaluskan bersama bahan lainnya seperti gula, hal tersebut menjadi makanan yang utuh dan memiliki rasa yang enak, dan terciptalah gethuk lindri.

Gethuk Awal sebelum diberi Perwana

Hal menariknya, pada zaman itu penghalusan singkong masih menggunakan cara manual yakni ditumbuh dilesung ( lesung meruapakan alat tradisonal yang digunakan untuk menghaluskan makanan)


Pada tahun 1985 pembuat gethuk pertama kali yaitu Mbah Ali berhasil membuat mesin dan dapat membuat gethuk dalam jumlah besar, namun Mbah Ali meninggal dunia, dan setelah itu gethuk diteruskan oleh anak-anak serta cucu cucunya mba Ali mohtar.

Jika membiacarakan suatu sejarah, pastinya asik yaa. eits, udah tahu belum filosopinya? penasaran? tapi untuk Kamu yang udah ngantuk baca sejarah, bikin kopi atau teh dulu gih, udah itu baca lagi yaa. Kita lanjut ke filosofinya, berikut ini :

Begini Filosofi dari Getuk khas Jawa

Buat Temen lokal siapin tisu, karena filosofi kali ini bakal bikin air mata mengalir kaya air terjun, jadi Gethuk yang terbuat dari singkong memili makna kesederhanaan, maknan ringan ini mengajarkan kita untuk mensyukuri apa yang masi kita punya.

Baca juga : kenali makanan tradisional Sunda, dodol khas garut.

Makanan ini juga mengajarka kita untuk senantiasa berinovasi berbagai hal sederhana di sekitar kita untuk dijadikan suatau hal yang lebih bermanfaat dan menarik untuk disukai. sudahi sedihmu nak, hehe. Lanjut lagi engga nih? yuk kita lanjut lagi sama Resep gethuk dan gethuk terbuat dari apa. berikut informasinya :

Gethuk berasal dari bahan?

Resep dan Cara membuat Gethuk Asli

Resep Membuat Gethuk Asli

  • 500 gram (gr) singkong sudah dikupas.
  • 150 gr gula pasir.
  • 2 sdm gula merah atau gula Jawa
  • 1/4 sendok garam.
  • 1 sendok teh vanili bubuk.
  • Kelapa parut secukupnya
  • Pewarna makanan sesuai selera.

Cara Membuat Gethuk Asli

  1. Kukus Singkong yang sudah diberishkan Hingga matang
  2. Campurkan singkong dengan gula pasir dan gula merah serta garam sesuai takar
  3. Masukan perwarna makanan kesukaan kamu dan vanili bubuk sesuai takaran
  4. Setela merat dan jadi, temen lokal bisa cetak dengan cetakan kue, kemudia taburi dengan kelapa parut.

Harga Gethuk Asli khas Jawa

Harga dari gethuk Asli khas jawa terbilang murah nih temen lokal, kamu bisa dapatkan 5 potong Gethuk dengan Harga kisaran Rp 10.000,- jika kamu membeli di Online sedangan jika kamu sedang bertempatan di jawa dan Ada tukang Gethuk, kamu bisa dapatkan harga yang lebih murah dari Harga Online.

Bagaimana Menarik bukan mengenai sejarah dan cara membuat gethuk bersama Aldi? atau Kamu ingin nanya? tentunya, Aldi sudah merangkum beberapa pertanyaan yang sering orang tanyakan, penasaran dengan Jawabannya? Berikut informasinya :

Pertanyaan Populer tengtang Gethuk

Apa Keunikan Gethuk dari Makanan Populer lainnya?

Tentunya gethuk memiliki karakter rasa yang menarik nih temen lokal, karena rasanya yang manis dan gurih menjadikan salah satu keunikan dari gethuk tersendiri, apalagi jajanan pasar seperti getuk lindri dapat ditemukan dipasar-pasar tradisonal yang membuat kamu gasusah untuk membelinya. atau Kamu menemukan penjual gethung yang menggunakan gerobak keleling

Apakah Harga Getuk sangat Mahal ?

Tentunya yang sudah Aldi jelaskan, bahwa getuk memiliki harga yang sangat terjangkau, dengan harga tersebut temen lokal sudah mendapatkan gethuk yang enak dan lezat. maka dari itu, kenalkan makanan tradisonal seperti gethuk kesemua teman-teman kamu agar gethuk semakin banyak diingat.

Bagaimana? sudah puas dengan informasi mengenai gethuk? demikianlah informasi yang bisa Aldi sampaikan, eits kamu bisa nyari informasi lain lagi di Lokal klik, dan jangan lupa untuk membudidayakan semua budaya indonesa agar mancanegara mengetahui bahwa Indonesia sangatlah Kaya. Sampai jumpa di artikel Aldi selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas