Colenak Khas Bandung, yang bikin Kamu Moveon dari Masa lalu

colenak

Makanan apa ya yang enak pas lagi galau ? Baso? udah bosen. Ohiyah ada satu makanan yang katanya bisa bikin moveon loh, Makanan satu ini merupakan makanan khas Bandung yang memiliki rasa gurih dan Manis, dari rasanya aja lokalman jadi lebih semangat lagi buat moveon.

Yaps, tentunya indonesia memiliki beragam jenis makanan yang dapat membuat hati semakin lega dan senang, apalagi makanan khas daerah satu ini, memiliki nama dan singkatan yang unik, makanan khas bandung ini bernama Colenak, sudah tahu dengan colenak?

Colenak atau ” dicocol enak ” merupakan makanan khas Bandung, mungkin bagi kamu yang berada dikota kembang atau Bandung sudah tidak asing lagi dengan julukan makanan khas satu ini, terlebih makanan ini sudah ada sejak jaman dulu, dan tahun demi tahun sudah mengalami perubahan dalam segi rasa dan kemasan yang menjadikan colenak ini menjadi colenak kekinian.

Buat kamu yang belum tahu colenak, yukk temenin lokalman buat ngenalin makanan khas bandung satu ini, eits ada rahasia resepnya lho, maka dari itu simak informasi yang akan lokalman sampaikan, berikut informasinya :

Mengenal Colenak Khas Bandung

Apa itu Colenak?

Colenak merupakan makanan khas yang berasal dari jawa barat yang terkenal dengan cita rasa yang unik, colenak itu sendiri merupakan nama yang diberikan pada kudapan yang terbuat dari peuyeum ( Tapai singkong ) yang diolah dengan cara dibakar, lalu di santap dengan cara dicocolkan ke gula jawa yang sudah dicairakan dengan tambahan serutan kelapa.

Maka dari itu, makanan khas satu ini dinamakan colenak, karena cara menikmatinya saja dengan cara dicocol, atau terkenal dengan dicocol enak menurut bahas sunda. Dalam teknik masaknya, colenak memiliki kandungan dalam gula membuat tepai tersebut mudah gosong, namun tidak aneh jika colenak gosong, dikarenakan bagian terenak dari colenak dibagian tergosong tersebut,

Hayoh siapa yang ngiler waktu baca ini? kamu? ayo ngaku!, tenang lokalman juga sama kok hehe.

Dimana Beli Colenak Enak?

Pasti tergiur buat nyoba colenak ya? yaps lokalman bakal ngasih tau temen lokal dimana tempat colenak enak dibandung, buat kamu yang mau colenak, kamu bisa dateng disalahs atu tempat yang menjual colenak, yaitu di colenak Murdi Putra, tepatnya di jalan Ahmad Yani, bandung. Tempat tersebut sudah didirikan dari 3 generasi yang awal mulanya oleh Aki Murdi dan Kini telah memiliki varian rasa yang lebih kekinian.

Baca juga : Dalami Sejarah Sambal Cibiuk Agar Dapat Membuatnya Lebih Legit Dan Sempurna

Bedanya Colenak Modern dan Asli

Ternyata, rasa colenak pada jaman sekarang sudah mulai merambah kecita rasa anak muda, tentunya rasa dari colenak modern lebih khas dan lebih dinikmati oleh anak anak jaman sekarang, hal tersebut bertujuan untuk menarik minat bagi para anak – anak. Ngomong – ngomong, apa bedanya colenak modern dan Asli? Berikut informasinya :

  • Colenak Modern memiliki banyak varian rasa, diantarnya durian, matcha, keju dan rasa sebagainya
  • Colenak Asli memiliki satu varian rasa yaitu bumbu khusus dari gula merah, serta parutan kelapa.

Mugnkin kedua jenis rasa dari colenak, memiliki rasa yang berbeda tergantung selera mana yang kamu suka, tapi jangan lupa sama citra rasa yang khas dari colenak, tentunya cara pengajian yang unik. Gimana? kamu tertarik ga untuk nyoba colenak khas Bandung satu ini?

Tapi, ngomong-ngomong soal colenak, kamu tau ga sejarah dan asal mula dari pembuatan makanan khas bandung satu ini? penasaran? yuk ikutin terus lokalman buat jelasin sejarahnya satu ini.

Sejarah dan Asal Mula Colenak di Bandung

Colenak khas aki Murdi

Asal mula dari makanan khas sunda satu ini, diperkenalkan oleh salah satu penccetus makanan terbaik di indonesia, yaitu Aki murdi pada tahun 1930, aki murdi merintis maknan tradisonal ini awalnya dari mencoba peyeum yang di goreng dengan dicampur gula.

Colenak Mendunia

Setelah itu, colenak aki mrudi menjadi salah satu produk kuliner paling tua dibandung, bahkan colenak khas sunda ini sudah mendunia, karena racikan colenak pak murdi menjadi makanan yang disajikan pada saat kegiatan konferensi Asia Afrika (KAA) dibandung pada tahun 1955 yang dihadiri oleh presiden pertama kita, yaitu Presiden Soekarno berserta para pimpinan negara lainnya.

Baca juga : Rahasia Dibalik Tari Barong Yang Dipercaya Sakral Bagi Masyarakat Bali

Eits, mau tau engga resep dari colenak? itung – itung buat nemenin kamu yang lagi ppkm, yuk bikin dan kreasikan rasa sesuai selera Kamu, berikut resep rahasia Colenak dan cara membuat masakanya :

Resep dan Cara membuat Colenak

Bahan – Bahan Colenak yang disiapkan :

  • 200 gr – Tape ( singkong )
  • 20 gr – Mentega
  • 100 gr – Gula Pasir
  • 100 gr – Gula Merah
  • 100 ml – Santan
  • 1/2 st – Vanili

Langkah Membuat bumbu Colenak :

  1. Langkah pertama, Iris gula merah, lalu campurkan dengan Gula Pasir secara bertahap
  2. Selanjutnya, masukan santan kedalam campura gula yang sudah di siapkan
  3. jika sudah dicampurkan, masak campura tersebut hingga rata, kemudia masukan parutan kelapa yang sudah di siapkan
  4. Setelah itu Aduk – Aduk hingga air mengering
  5. Sesudah itu, keringkan masakan tadi, dan sisihkan ketempat untuk di sajikan

Langkah Membuat Tape ( Singkong bakar )

  1. Siapkan panggangan, lalu oleskan mentega secara merata
  2. Setelah itu, panggang tape singkong tersebut diatas panggangan dan jangan lupa bulak balik, agar pangganannya merata.
  3. Setelah itu tirisikan, lalu siapkan di wadah bersama bumbu yang sudah dipasak sebelumnya.
  4. Colenak buat Kamu siap di hidangkan.

Bagiamana ? mudah bukan? dengan mengolah colenak sendiri, kamu tidak perlu keluar rumah.

Demikianlah informasi mengenai colenak khas jawa barat yaitu Bandung. Mungkin, tidak hanya colenak saja yang menjadi makanan khas daerah Indonesia, melainkan banyaknya jenis makanan lainnya yang bisa kamu coba dan ketahui.

Tentunya, kita kembali bangga dengan negara kita satu ini Yaitu Indonesia, karena memiliki beragam masakan dan sejarah yang kaya. Maka dari itu, temenlokal harus terus menyebarkan informasi tentang kayanya indonesia,

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga usai, dan tetap semangat untuk memajukan budaya dan makanan daerah khas Indonesia.

Satu tanggapan pada “Colenak Khas Bandung, yang bikin Kamu Moveon dari Masa lalu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas