Tari Yospan : Kesenian khas Papua yang bikin Hati Terenyuh.

Siapa sih yang tidak kenal dengan kesenian dari Indonesia? tentunya indonesia dikenal dengan berbagai macam jenis kesenian dan kebudayaan, salah satunya yaitu tari yospan. Hayoh, siapa yang rindu sama lokalman? kamu? tentunya lokalman akan terus hadir untuk memberikan pengetahuan dan sejarah dari ribuan kesenian di Indonesia.

Tari Yospan merupakan sebuah tarian masyarakat khas Indonesia. Lebih tepatnya berasal dari daerah Papua. Tarian ini biasanya dilakukan oleh anak muda sebagai bentuk persahabatan.

Nama Yospan sendiri sebenarnya merupakan sebuah singkatan dari Yosim dan Pancar. Keduanya adalah seni tarian tradisional yang juga berasal dari Papua. Seni tari Yospan bisa dipertunjukkan dalam acara adat, penyambutan tamu, dan acara budaya lainnya. Tarian ini bisa dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan.

Mengenal Tarian Yospan dari Papua

Sejarah Tarian Yospan Asal Papua

Seperti namanya, tari Yospan merupakan gabungan tarian dari tari Yosim dan tari Pancar. Kedua tarian tersebut berbeda, namun dijadikan satu menjadi tari Yospan. Tari Yosim merupakan tarian yang berasal dari pesisir utara Papua. Sedangkan tari Pancar merupakan tarian yang berasal dari daerah Biak, Numfor, dan Manokwari.

Pada awal kemunculannya, tari Yospan hanya berdasar pada gerakan tari Yosim dan Pancar. Namun seiring berjalannya waktu, saat ini tarian Yospan sudah berevolusi menjadi sangat beragam.

Lalu, alat musik apa saja yang digunakan untuk mengiringi Tarian yospan? Berikut informasinya :

Alat Musik Tarian Yospan Asal Papua

Perangkat musik yang digunakan dalam pertunjukkan tari Yospan sangatlah sederhana. Alat musik tersebut adalah gitar, bass, ukulele, kalabasa, dan tiffa.

Bass yang digunakan dalam tari Yospan adalah bas dengan tiga senar. Talinya biasa terbuat dari lintingan serat daun pandan yang sering ditemukan di pesisir Papua.

Kalabasa merupakan alat musik yang terbuat dari labu yang dikeringkan. Labu diisi oleh manik-manik atau batu kecil yang menimbulkan suara ketika digoyangkan.

Baca juga : Mengenal Gejog Lesung, Kesenian Yang Tumbuh Dari Kalangan Para Petani Di Yogyakarta

Bagaimana dengan gerakan tarian Yospan Asal papua? berikut informasinya :

Mengenal beberapa Gerakan Tari Yospan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, gerakan tari Yospan merupakan gabungan dari tari Yasim dan tari Pancar. Tarian ini memiliki 5 gerakan dasar sebagai berikut:

1. Gerakan Seka

Gerakan seka adalah gerakan di mana penari berjalan melenggang ke depan. Penari menghitung setiap langkah yang diambil dengan menghentakkan kaki sebanyak dua kali di permukaan tanah. Gerakan ini memiliki dua variasi, yaitu seka biasa dan seka lima posisi berputar di tempat. Gerakan ini berasal dari tarian Selatan Papua, yaitu Timika.

2. Gerakan Pacul Tiga

Gerak pacul tiga adalah gerakan di mana penari berjalan melenggeang ke depan sebanyak tiga kali. Penari kemudian berhenti di langkah ketiga dan membuang kaki ke kiri, ke kanan, ke depan. Kemudian ke samping kiri dan kanan menghadap ke depan sambil membungkuk dan kembali tegap. Gerakan ini memiliki nama lain, yaitu gerak pacul menaru.

3. Gerakan Gale – Gale

Gerak gale-gale adalah gerakan di mana penari maju empat langkah ke depan. Penari akan berhenti di langkah keempat kemudian menyeret kaki di permukaan tanah atau panggung. Gerakan ini memiliki dua versi, yaitu gale-gale biasa dan gale-gale maju-mundur. Gerak gale-gale ini mendapat pengaruh dari gerakan tari pergaulan teluk Wondama dan Kepulauan Mor-Mambor yang dinamakan tari balengan.

4. Gerakan Jef

Gerak jef adalah gerakan yang dilakukan pada hitungan langkah pertama. Penari akan menghentakkan kaki kanan sebanyak dua kali dengan posisi tubuh menyerong. Penari kemudian melompat-lompat dan membuang kaki ke kiri serta ke kanan dengan hitungan empat langkah.

Lalu, kembali lagi ke gerakan awal. Gerak jef memiliki empat variasi, yaitu jef biasa, jef ular atau zig-zag, jef robot, dan jef sengsor. Gerakan ini merupakan gerakan yang dipengaruhi oleh tarian rock n roll yang muncul sekitar tahun 1969-1971.

5. Gerakan Pancar

Gerak pancar adalah gerakan di mana penari melangkah ke depan sebanyak tiga langkah. Di langkah ketiga penari akan melakukan gerakan melompat dan mendarat dengan dua kaki, yaitu kiri dan kanan, di atas permukaan tanah atau panggung. Gerakan ini terinspirasi dari hewan dan kondisi perilaku di lingkungan sekitar.

Posisi penari melingkar dan berjalan berkeliling dengan penuh semangat. Penari akan ikut bernyanyi atau berseru untuk saling memberikan semangat. Gerakan ini memiliki empat variasi, yaitu pancar biasa (pancar 1x), pancar suntung (pancar 2x), pancar sombong (pancar 3x), dan pancar cakalang

Selain lima dasar gerakan tersebut, ada juga gerak tari Yosim. Gerakan ini merupakan gerakan sela yang dilakukan di antara perubahan gerakan satu ke gerakan lainnya

Baca juga : Colenak Khas Bandung, yang bikin Kamu Moveon dari Masa lalu

Tidak hanya sebuah tarian saja, melainkan Tari Yospan memiliki makna dan arti dari setiap gerakannya, penasaran? lokalman bakal ngasih tau temen lokal nih, apa saja maknanya, berikut informasinya :

Makna dan Arti Tarian Yospan asal Papua

Seni tari Yospan merupakan tarian yang bermakna suasana riang dan gembira. Tarian ini biasanya dilakukan oleh penduduk pada acara atau kegiatan yang menyenangkan. Suasana tersebut dapat dilihat dari gerakan dan ekspresi penari yang tampak akrab dan gembira.

Tari Yospan sendiri tercipta dilandasi oleh lingkungan alam Papua seperti hutan bakau, aliran rawa-rawa, sehingga menciptakan karakteristik budaya Papua. Tarian ini menggambarkan persahabatan muda-mudi daerah Biak Numfor, papua.

Tarian ini sama seperti maknanya, berfungsi sebagai sarana hiburan bagi masyarakat Papua. Tarian Yospan khususnya dipentaskan dalam hal upacara adat dan juga penyambutan tamu kehormatan di daerah tersebut. Tidak hanya dikenal di Indonesia, tarian ini juga sudah pernah mewakili Indonesia untuk tampil di berbagai acara dunia.

Bagaiamana? menarik bukan denga tarikan Yospan? untuk itu, mari kita sama-sama mengembangkan dan meningkatkan pengetahui bagi mengenai kesenian yang ada di indonesia, maka dari itu yuk cintai indonesia dengan kesenian dan budayanya.

Demikian informasi yang bisa lokalman sampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, dan selamat membaca sejarah kesenian lainnya hanya di Lokal Klik Indonesia.

Satu tanggapan pada “Tari Yospan : Kesenian khas Papua yang bikin Hati Terenyuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas