Tarian Remo, begini sejarah dan makna tarian khas Jombang

Tarian remo

Berbagai kesenian dan budaya di indonesia sangatllah beragam, hal ini patut kita syukuri karena terlahir di negara yang memiliki ragam kesenian. Salah satunya ialah Tari tradisional, tidak heran jika kita sering melihat tarian tradisional yang khas dari berbagai macam daerah.

Seperti tarian tradisional yang akan kita bahas kali ini, tarian tersebut bernama Remo. Kamu tahu tidak tarian remo seperti apa? mungkin sebagian dari kamu belum mengenal atau terdengar asing, tapi tarian tersebut memiliki keunikan dan sejarah yang menakjubkan lho.

Maka dari itu, yuk kita sama – sama belajar dari seni tradisional satu ini, karena lokalman bakal ngasih tahu kamu tentang sejarah, makna dan hal menarik lainnya. Untuk itu, yuk simak informasi satu ini :

Seperti Apa tarian Remo?

Mungkin sebagian dari kamu belum tahu apa itu tari remo, Tari remo atau Ngremo merupakan tarian khas jawa timur yang dilakukan oleh laki-laki dan wanita, biasanya tarian remo dilakukan ketika ada acara penyambutan tamu, seperti tamu agung atau pejabat petinggi.

Tari Remo dimainkan dengan Gamelan

Tarian remo dimainkan dengan iringan musik tradisional Gemalan, sedangkan pakaian para penari remo memiliki perbedaan dari beberapa daerah, pakaian tersebut menyesuaikan baju daerah seperti adat surabya, adat lamongan, jombang, Remo putri dan Sawunggaling.

Selain dimainkan untuk menyambut para tamu tinggi, tarian remo sering disebut sebagai tari Ludruk, karena awalnya tairan remo berfungsi sebagai pembuka kesenian Ludruk. Tari Remo mempunyai nilai sejarah yang sangat filosofis dari setiap gerakan tariannya.

Baca juga : Baramasuen, Sebuah Tradisi Bambu Gila Yang Kental Dengan Aura Mistis

Maka dari itu, tarian ini menjadi tari tradisonal yang memiliki jenis tarian yang unik. Sejarah tarian tradisonal remo sangatlah kental di masyarakat jawa timur. Lalu, bagimana dengan sejarahnya? begini sejarah dari tarian remo :

Sejarah Tarian Remo khas Jawa Timur

Untuk yang masih bingung tentang tarian remo, salah satu budayawan mengatakan bahwa Tari remo berasal dari sebuah desa di Jombang, tepatnya di desa Ceweng, kecamatan Diwek. Tarian remo dicipatakan dari para seniman jalanan di masa lalu.

Tarian tersebut mengusung tema atau cerita dari pangeran gagah dan berani.Tarian remo telah ada sejak tahun 1930 an bersamaan dengan kesenian ludruk yang pada saat itu sedang berkembang pesat.

Tarian remo dan Perjuangan pangeran

Tarian remo bercerita tentang perjuangan seroang pangeran di tengah pertempuran, dari cerita tersebut menjadikan tarian remo digunakan untuk sarana komunikasi antar masyarakat

Pada mulanya, tarian ini dipertontonkan dengan cara penampilan keliling oleh para seniman tari, kemudian tarian ini berkembang lalu sering ditampilan di acara-acara tertentu, termasuk pembukaan pentak ludruk.

Alasan Tari Remo dan Ludruk

Pastinya kamu bertanya tanya, mengapa sih ada ludruk diperbahasan ini? jadi tarian ini sangat berakaitan dengan pertunjukan ludurk, lantarakn tarian ini selalu dipentasakan ketika kesenian ludurk akan dimulai.

Hingga pada akhirnya beberapa dearah mengadaptasi jenis tarian ini, pada waktu itu tarian remo hanya dilakukan oleh para pria, hal ini dikarenakan karenaa tema dari cerita sejarah perjuangan pangeran.

Akan tetapi, saat ini tarian remo semakin berkembang dan akhirnya tarian ini banyak disukai dan dilakukan oleh para penari wanita, meski begitu, paikan dan busana dari tarian remo wanita tetap menggunakan busana pakaian pria.

Tentunya, tarian remo memiliki filosopi dan makna yang kental, bagimana dengan filosopi dan maknanya?

Begini Filosopi dan Makna dari Tarian Remo

Tentunya, Setiap seni tari tradisional memiliki unsur unsur seni, makna dan filosopinya berbeda beda dalam setiap gerakannya. Seperti makna dan filosopi dari tarian remo :

  • Gerakan hentakan merupakan simbol dari kesadaran manusia atas kehidupannya di atas muka bumi
  • Gerakan gandewa diartikan sebagai pergerakan manusia yang sangat cepat, seperti anak panah yang dilepas busurnya.
  • Gerakan tepisan merupakan arti saling mengdalkan keceppatan dan kecekatan bagi setiap gerakan tangan.
  • Selain itu, gesekan kedua telapk tangan yang bermakna sebagai simbol penyatuan kekuatan yang ada didalam diri mansuia.

Makna dari tarian temo sangatlah dalam, maka dari itu bagi semua yang membaca artikel ini untuk terus membagikan sejarah dari tari kesenian remo agar tidak punah atau terlupakan. Tetap budayakan sejarah dari berbagai dearah.

Lalu, apa saja yang dibutuhkan dari tarian remo?

Beberapa Struktur Tarian Remo

Agar lebih memahami dari arti sebuah tarian, lokalman bakal ngejelasin juga mengenai konsep dari sruktur dari tarian remo tersebut, untuk itu yuk simak struktur seni tradisional remo :

1. Penari dari Tari Remo

Seperti yang sudah dibahas, bahwa penari remo dilakukan oleh para pria karena gerakan dalam kesenian remo menggambarkan tentang perjuangan pangeran yang gagah berani di medan perang. Sisi kenjantan tersebut ditonjolkan dari para penari laki – laki.

Baca juga : Sudah Pernah Makan Wajit? Begini Kisah Perjuangan Sejarahnya

Tapi, perkembangan jaman membuat tarian remo bisa dilakuka oleh wanita, hanya saja pakaian dari penari wanita disamakan dengan para pemain laki-laki, jadi untuk kamu yang ingin memainkan tarian remo, jangan khwatir karena kamu bisa memainkannya.

2. Pakaian Penari Remo

Pakaian dari tarian satu ini sangatlah beragam, salah satunya kostum tari remo gaya surabaya, tari sawunggaling, Malangan, atau jombangan. tapi seluruh pakaian tersebut memiliki arti dan makna yang samat, seperti ikat kepala yang berwarna merah menandakan keberanian, baju lengan panjang, celana setinggi lutut dan sebagainya.

Namun, untuk penari remo perempuan, dibedakan. Seperti para penari wanita, bentuk rambutnya yang disanggul, terus menggunakan mekak hitam sebagai penutup dada, rapak pada bagian pinggang serta lutut sertap selendang pad bahunya. Untuk itu, jangan sampai ketuker ya!

3. Musik pengiring Tarian Remo

Seperti biasa bahwa tarian tradisonal pasti menggunakan musik tradisional juga. Musik dari tarian remo, menggunakan gamelan, dengan jenis irama atau gendingnya berupa jula juli atau musik trongan. Musik tersebut mungkin tidak asing lagi untuk kamu yang bertempatan di jawa timur.

Bagaimana? seru bukan membahas tarian tradisional? untuk itu lokalman terus meningatkan temen lokal untuk sama-sama menyebarkan informasi sejarah seperti sejerah tari remo ini, agar adik-adik kita semakin yakin bahwa indonesia memiliki beragam kesenian yang luar biasa.

Untuk itu, yuk kita sebarkan nilai budaya kesemua masyarakat indonesia, Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, tentunya semangat!

2 tanggapan pada “Tarian Remo, begini sejarah dan makna tarian khas Jombang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas