Sudah Tahu Tarian Maengket ?. Ternyata Terdapat Pesan Moral Penting Lho !

tarian maengket

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan budaya luar biasa. Salah kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia ialah tari. Tari merupakan salah satu cabang seni yang menggunakan gerak tubuh manusia sebagai alat ekspresi.

Mengenal tarian tradisional Indonesia tentu sangat penting bagi kita semua, sebab selain untuk mengetahui berbagai macam tarian lokal, melain juga untuk menjaga kelestarian budaya kita.

Indonesia sendiri cukup terkenal dengan keanekaragaman budayanya, termasuk tarian tradisional Indonesia yang selalu menjadi sorotan, salah satu contoh yang kita akan bahas kali ini yaitu Tarian Maengket.

Apa kalian sudah mengetahui apati tarian maengket ?. Ingin mengetahui lebih lanjutnya ?. Yuk kita simak ulasan mengenai tari maengket yang terkenal di Pulau Sulawesi, berikut ulasannya.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Tarian Maengket

tari maengket

Mungkin untuk beberapa kalangan orang, tarian hanyalah sebuah gerakan yang dipadukan oleh musik. Namun jika kalian mengetahui lebih dalam sebuah tarian, yang di mana tiap-tiap daerahnya memiliki kisah dan ceritanya masing-masing, seperti halnya Tarian Maengket.

Tarian maengket merupakan tarian tradisional yang berasal dari Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Tarian ini memiliki berbagai macam gerakan dan hiasan pada busananya yang sangat menarik.

Baca Juga : Sejarah Kesenian Sisingaan Khas Jawa barat, Tercipta sebagai Perlawanan!

Sudah tahu sejarah tarian maengket ?, begini lho kisahnya. Sejarah tari Maengket berasal dari kata maengket itu sendiri yang dari bahasa lokal artinya engkol. Engkol artinya adalah mengangkat tumit kaki ke atas dan juga ke bawah. Tarian Maengket sendiri merupakan salah satu tradisi suku Minahasa yang masih ada dan dipertahankan hingga hari ini.

Untuk Suku Minahasa adalah masyarakat asli Sulawesi Utara yang tinggal di provinsi ini. Orang Minahasa berasal dari orang Austronesia yang telah tinggal di Sulawesi Utara selama ribuan tahun sebelum Masehi. Suku Minahasa adalah satu kesatuan dari beberapa jenis etnis yang telah mendiami wilayah Sulawesi Utara.

Dahulu tari Maengket dilakukan saat panen tiba, bertujuan sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan dengan gerakan yang sederhana.

Disamping itu, dalam sebuah tarian maengket terdapat tiga gerakan yang masing-masingnya memiliki pesan moral penting bagi kehidupan kita. Untuk gerakannya sendiri dinamakan Marambak, Lalayaan, Dan Maowey Kamberu. Dari ketiga gerakan tersebut dengan mempunyai makna tentang kehidupan yang salah satu contohnya membuat kita semangat untuk saling bekerja sama. Ingin tahu lebih lanjutnya lagi ?, ikuti terus penjelasan berikut ini.

Dibalik Gerakan Tarian Maengket, Terdapat Pesan Moral Yang Mendidik

Seorang penari pada dasarnya bukanlah orang yang sekadar menggerakkan badannya untuk bergerak dalam pola gerakan-gerakan tertentu. Menari sesungguhnya sedang meniti rasa, menjalani pencarian dan penemuan tentang jati dirinya. Seperti halnya beberapa gerekana tarian pada maengket ini, berikut penjelasannya.

gerakan tari maengket

1. Marambak

Marambak adalah gerakan tarian maengket yang menggambarkan semangat gotong royong atau mapalus dalam membuat rumah baru. Gerakan tarian ini biasa dipentaskan saat pemilik rumah baru mulai mengisi rumahnya atau rurumbak.

2. Lalayaan

Lalayaan adalah gerakan tarian Maengket yang menggambarkan kisah bagaimana para bujang gadis Minahasa dalam mencari jodoh mereka. Tarian ini juga sering disebut tarian pergaulan muda-mudi.

3. Maowey Kamberu

Gerakan tari maengket Maowey Kamberu atau Owey Kamberu adalah gerakan yang menyimbolkan ucapan rasa syukur atas hasil pertanian yang berlimpah setelah masyarakat bejibaku dalam usaha menanam dan merawat padinya. Gerakan ini dipimpin oleh seorang Walian in Uma denga memanjatkan doa-doa tertentu hingga ia kesurupan dewi bumi.

Baca Juga : Tarian Tor-tor yang Abadi dari Sumatera. sssst, ada upacara memasukan roh!

Dari setiap ketiga gerakan tari maengket, jika kita simpulkan bahwa masing-masingnya memiliki pesan moral yang amat penting bagi kehidupan kita ya. Cukup menarik dan semakin menambah wawasan bukan, dari sebuah tarian tradisional yang ada di Indonesia, sehingga kita harus bangga dengan budaya lokal ini.

Namun tidak sampai di sini saja, karena masih ada hal-hal menarik lainnya dari tarian maengket ini, Yuk kita cari tahu lagi, apa sajakah itu. Simak penjelasannya berikut ini.

Busana Tari Maengket Untuk Pria Dan Wanita

busana tari maengket

Sebuah tarian tentunya di lepas akan busana yang kental akan adat dan budaya di setiap daerah Indonesia. Pada tarian maengket memiliki busana dengan ciri khas yang menarik dan dibedakan menjadi dua busana, yaitu Pria dan Wanita, dengan ciri sebagai berikut :

#Busana Penari Pria

Untuk busana tarian maengket yang dipergunakan oleh pria, biasanya menggunakan baju lengan panjang, celana panjang, dan penutup kepala. Yang dimana ciri pada penutup kepalannya memiliki adat khas Sulawesi Utara.

#Busana Penari Wanita

Sedangkan busana yang dipergunakan oleh wanita, biasanya menggunakan busana seperti kebaya dan kain panjang khas Sulawesi Utara. Disamping itu pada bagian rambut biasanya dibentuk menyerupai konde atau digelung.

Akan tetapi untuk pemimpin tari biasanya menggunakan busana yang hampir sama dengan penari wanita. Namun ditambahkan beberapa kreasi seperti corak atau warna yang berbeda agar bisa membedakan. Rata-rata dari seorang penari membawa sapu tangan yang digunakan saat sedang menari.

Dengan seiringnya waktu, pada pertunjukan Tari Maengket sekarang ini, kostum yang digunakan lebih bervariasi. Bahkan ada beberapa kelompok yang mengkreasikan kostum mereka dengan gaya modern, namun tidak meninggalkan kesan adat atau tradisionalnya. Hal ini tentu dilakukan sebagai pengembangan agar penampilannya terlihat lebih menarik.

Sampai saat ini pun dalam perkembangan tarian maengket yang ada di Indonesia kian hari mulai meningkat akan popularitanya. Dengan adanya hal tersebut, tentu adanya sebuah dukungan dan upaya yang dilakukan, agar kelestariannya masih tetap terjaga.

Baca Juga : Rahasia Dibalik Tari Barong Yang Dipercaya Sakral Bagi Masyarakat Bali

Perkembangan Tarian Maengket Di Indonesia

perkembangan tari maengket

Berbicara soal perkembangan, tentunya dibandingkan jaman dulu, Tari Maengket saat ini semakin berkembang dan sudah mendapatkan sentuhan tari modern. Apalagi sekarang tarian Maengket juga menjadi tontonan yang bisa dinikmati oleh para wisatawan lokal maupun manca negara. Tidak sedikit para wisatawan yang ingin menyaksikan tarian ini secara langsung karena hal menarik dan pesan moral tentu di dpaat.

Meskipun gerakan dalam Tari Maengket sudah ada beberapa yang ditambah gerakan modern, tapi tetap tidak meninggalkan nilai filosofis dalam tarian tradisional ini. Dulunya memang hanya dipentaskan saat masa panen raya, tapi sekarang sudah dipertunjukkan di berbagai acara festival seperti pertunjukkan seni, penyambutan orang penting dan acara-acara besar lainnya.

Di tengah kemajuan globalisasi, keaslian gerakan dari Tari Maengket masih tetap dilestarikan hingga saat ini. Dengan demikian kita sebagai bangsa Indonesia tentunya merasa bangga akan keberadaan budaya lokal yang contohnya seperti Tarian Maengket ini.

Alasan utama bangga menjadi bangsa Indonesia adalah karena lahir dan besar di negeri tercinta ini. Maka dari itu kita harus mempertahankan kebudayaan lokal agar masih terjaga dan dapat kita lestarikan di masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas