Tarian Gandai dari Bengkulu, yang bikin kamu goyang 10 jam!

tarian gandai

Hai teman lokal, sedih ya kalau inget jaman dulu, dulu kita sering melakukan hal-hal menyenangkan yang bisa kita lakukan, seperti kita bermain layangan, menonton pertunjukan tarian, bahkan bermain bersama teman-teman. Namun, jaman telah berganti, banyak hal yang ditinggalkan atau dilupakan.

Seperti halnya kesenian yang berasal dari bengkulu, tepatnya seni tari. Seperti yang kita ketahui bahwa indonesia memiliki banyak suku dan budaya yang beragam, setiap daerahnya pasti memiliki kesenian yang khas dan menarik. Salah satu daerah yang memiliki kesenian menarik yaitu bengkulu.

Apakah kamu tahu tentang Tari gandai yang khas dari bengkulu? yaps tentunya tari gandai merupakan kesenian atau seni tari yang berasal dari bengkulu. Namun, banyak orang yang belum mengetahui keberadaan atau seni tari satu ini. Untuk itu lokaman bakal ngasih tahu sejarah dan apa sih tari gandai , berikut ini :

Mengenal Tarian Gandai khas Bengkulu

Jadi, apa itu Tari Gandai?

Untuk kamu yang belum tau tari gandai , tari gandai merupakan kesenian atau seni tradisi yang berasal dari masyarakat Mukomuko di Provinsi Bengkulu, seni tari ini memiliki keunikan tersendiri dari seni tari lainnya, yaitu karakteristiknya yang memadukan unsur tari, pantun dan musik. Serta tari seni memiliki gerakan yang beragam.

Tari gandai merupakan tarian khas masyarakat Mukomoko yang memiliki beberapa unsur yang biasa terdapat dalam seni tradisional yang meliputi gerakan, pola lantai, iringan, penari, tempat dan waktu.

Tari Gandai ternyata ada kisah romantisnya.

Beberapa penilitian mengungkapkan hal menarik dari seni tari Gandai , yaitu seni tari gandai dipercaya berhubungan dengan kisah legenda dari malin Demam, dan putri bungsu, hal tersebut terungkap dari ritme tariannya yang mereflesikan kisah cinta keduanya. Eits, tidak hanya itu saja lho sejarah dari tari gandai , penasaran? Terus ikuti lokalman untuk membahas kesenian satu ini.

Dimana tari gandai dipentaskan?

Tari gandai selalu ditampilan pada acara atau esta penting seperti perkawinan, atau tari gandai sering dipentaskan ada acara kengaraan seperti penyambutan tamu penting yang datang ke mukomuko.

Tari gandai tergolong sebuah tarian tradisional, yang diwariskan turun menrutun dan telah menjadi bagian nilai seni yang tinggi dimasyarakat Mukomoko, salah satu sarana atau tempat dari tari gandai adalah acara kawinan.

Baca juga : Mengenal Satong Srek, Alat Musik Tradisional Khas NTB

Fakta menarik lainya, yaitu tari gandai sering dilaksanakan pada malam hari, biasanya tari gandai dipertunjukan pada saat berkumpul dengan keluarga, tetangga, teman – teman dan lainnya, biasanya hal tersebut dinamakan malam bagandai, hal tersebut sudah menjadi tradisi turun menurun oleh masyarakat Mukomuko.

Bagaimana sudah sedikit tau tentang tari gandai ? selanjutnya temen lokal bakal nyeritain tentang sejarah dari tari godai, yang katanya merupakan kisah cinta malin Demam, dan putri bungsu, penasaran? yuk temenin lokalman buat nyeritain sejarahnya. Berikut ini :

Sejarah dan Asal Muasal Tari Gandai Asal Bengkulu

Kisah Mitos asal Muasal Tari Gandai

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa keberadaan tari gandai pada masyarakat Mukomuko dipercaya memiliki kaitan pada kisah dari malin demam dan puti bungsu, Kisah ini sanagt terkenal dan berkembang pada hampir setiap wilayah mukomuko yang mengisahkan tentang riwayat pernikahan malin demam dengan putri bungsu.

Tari Gandai menceritakan Kisah Cinta Putri bungsu dan Malin demam

Buat kamu yang belum tau siapa malin deman dan putri bungsu, toko tersebut bercerita tentang malin demam yang merupakan manusia bumi, sedangkan Putri Bungsu merupakan manusia langit ( kayangan ) putri bungsu merupakan anak dari 7 bidadari langit bersaudara, pernikahan demam dengan puti bungsu terjadi karena dikisahkan bahwa malin deman, mencuri atau menyembunyikan pakaian puti bungsu yang sedang mandi.

Para penari yang sedang menghibur Malin Deman

Kisah tersebut dipercaya menjadi awal mula dari seni tari gandai pada masyarakata Mukomuko. Terlihat dari karakter tari tersebut dengan para penari gandai yang semuanya dilakukan oleh perempuan, penari tersebut menggambarkan saudara-saudara perempun puti bungsu yang berjumlah 6 orang, tarian tersebut diartikan sebagai cara untuk menghibur malin deman karena ditingal puti bungsu.

Sedangkan gerakan tariannya diproyeksikan mengenai hubungan antara malin deman, dan puti bungsu yang saling mencintai. wah seru banget ya temen-temen, ohiyah salah satu tokoh masyarakat menegaskan bahwa ” Tari gandai berasal dari proyeksi, atau dramtaisasi dan cerminan dari cerita malin deman dan putri bungsu yang merupakan mahluk setengah dewa ” ujar pak Bukori

Pristiwa tersebut tidak terjadi dimasa sekarang atau di dunia nyata, melainkan didunia lain yang terjadi pada masa lalu. Bagaimana seru bukan mengenal sejarah dari sebuah kesenian yang berasal daari daerah di Indonesia? itulah mengapa kamu harus menceritakan kembali kepada anak – anak muda jaman sekarang, agar sejarah ini tidak berhenti dikamu saja.

Selanjutnya, kita kebahasan mengenai, tarian gandai. Memang tari gandai seperti apa? lalu berapa orang dan apa saja gerakannya? berikut akan lokalman uraikan, berikut informasinya :

Tata Cara Tari Gandai dan Jumlah Penarinya

Jumlah pemain tari gandai

Penari Gandai terdiri dari dua orang laki-laki, 2 orang tersebut bertugas memainkan musik, musik bernama serunai dan pemukul redap, serta satu orang pendendang lagu tari gandai, namun satu orang tersebut bisa perempuan atau laki-laki. sedangkan penari diikuti oleh 6 orang pemain tari perempuna.

Tari gandai memiliki 36 gerak tarian, serta memiliki nama yang khas, tentunya nama tersebut menyimpan nilai-nilai kebaikan yang penting untuk terus digali dan diperkenakan kepada penari khususnya dan juga kepada masyarakat mukomuko pada umumnya.

Baca juga : Sejarah Permainan Engrang, Permainan Legend yang bikin degdegan!

Tata Cara Pertunjukan Tarian Gandai

Salah satu cara pertunjukan tari gadai ialah dengan memerlukan tempat yang cukup luas, karena para penari akan menari secara berpasangan dan bergerang sesuai irama musik.

Oleh karena itu diperlukan tempat yang memberi keluasan bagi para penari untuk bergerak menarikan aneka gerakan tari gandai. Biasnaya tari gandai dilaksanakan di depan rumah, panggung yang dibuat khusus.

Tempat untuk menari gandai memerlukan lahan minimal panjangnya sekitar 6 meter, dan lebar 5 meter dengan tinggi panggung biasanya 50 cm. Lalu fakta menariknya bahwa tarian gandai dilakukan setelah shalat isya pukul 20.00 hingga subuh pukul 05.00 pagi. Sudah kebayang gimana meriahnya tarian satu ini?

Demikianlah informasi yang bisa lokalman ceritakan, bagaimana seru bukan membahas kesenian dan budaya dari Indonesia? lebih serunya lagi jika temen lokal membagikan cerita ini kepada anak-anak, agar merupaka tau bahwa indonesia sangatlah kaya dan mereka wajib bangga terlahir di negara indonesia.

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga sehat selalu ya dan jangan lupa untuk menjaga diri dari virus yang berbahaya.

Satu tanggapan pada “Tarian Gandai dari Bengkulu, yang bikin kamu goyang 10 jam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas