Rahasia Dibalik Tari Barong Yang Dipercaya Sakral Bagi Masyarakat Bali

tari barong

Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki kebudayaan cukup beragam, dengan ciri khas dan keunikannya masing-masing. Tersebar di setiap daerah yang ada di Indonesia, mulai dari Sabang sampai merauke.

Mungkin di antara kita tentu sudah mengetahui dan terdengar tidak asing lagi, salah satu daerah yang cukup kental akan kebudayaannya serta daerah ini dikenal luas hingga Internasional yaitu Bali.

Bali merupakan wajah pariwisata Indonesia, hal ini karena ada begitu banyak hal istimewa yang dapat menarik perhatian para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Selain memiliki wisata alam yang bagus, seni tari tradisional bali juga sangat diminati oleh wisatawan khususnya wisatawan mancanegara. Banyak wisata mancanegara yang sengaja datang ke Bali hanya untuk melihat pertunjukan tarian tradisional Bali yang masih memiliki nuansa religius dan aura mistis.

Oleh sebab itu, pemerintah Bali sangat concern terhadap pelestarian budaya tradisional mereka, tak terkecuali tarian tradisional Bali. Tari Barong adalah tarian tradisional Bali yang sudah berkembang lama di Bali.

Dari sekian banyak tarian tradisional di Bali tarian ini menjadi salah satu tarian yang paling diminati oleh para wisatawan. Bagi masyarakat Bali, tarian adalah media yang digunakan untuk mengekspresikan diri, interaksi lingkungan sosial, dan nilai-nilai keagamaan.

tari barong

Ingin tahu lebih lanjut, apa itu tari barong ?. Bagi kalian yang belum mengetahui tarian daerah khas Bali, ikuti terus penjelasan ini sampai selesai, sebab terdapat keunikan mengenai sejarah dan jenis-jenis barong lho. Berikut ulasannya.

Apa Itu Tari Barong ?

Tari Barong merupakan tari tradisional Bali yang hingga kini masih terus dilestarikan. Tarian Barong Bali merupakan warisan seni leluhur yang berasal dari kebudayaan Hindu. Tarian ini menggambarkan pertarungan antara dharma atau kebajikan dan adharma atau kejahatan.

Tari Barong Bali salah satu tarian diangga sakral. Umumnya Tari Barong dilakukan di Pura dan menjadi bagian dari upacara adat keagamaan.

Pada beberapa bagian tarian, terdapat penampilan atraktif yang mempertontonkan ilmu kekebalan tubuh. akan tetapi pada perkembangannya juga dijadikan tarian hiburan masyarakat.

Setiap Seni Tari Indonesia Dianggap Sangat Penting

Seni tari adalah kombinasi gerakan dan musik yang memiliki arti dan tujuan tertentu. Seni tari di Indonesia biasanya ditampilkan pada saat ada acara pagelaran adat, persembahan, peringatan dan penyambutan tamu penting di suatu daerah.

Namun di balik itu semua, ternyata terdapat sebuah informasi menarik mengenai keberadaan barong, yang menurut sejarahnya berasal dari turunan reog ponorogo. Penasaran kenapa demikian ?. Yuk kita ikuti terus ulasannya.

Ternyata Sejarah Barong Khas Bali, Berasal Dari Turunan Reog Ponorogo

sejarah barong

Terdapat sebuah informasi menraik yang dimana untuk tari barong khas Bali, ternyata turunan dari Reog dan Ponorogo. Pada zaman dulu Raja Airlangga pindah dan menyelamatkan diri di Bali dengan membawa barong ponorogo bersama dengan seni sastra, aksara jawa, dan hal keagamaan.

Terjadi perkembangan barong di Bali, terutama pada bentuknya, dan ceritanya. Cerita atau narasi yang diceritakan sesuai dengan keadaan para penduduk yang ada di Bali yang lebih mengutamakan kegiatan spiritual dan keagamaan.

Hal yang mempengaruhi barong Bali ialah dapat dilihat dengan bentuk barongnya. Pada barong Ponorogo tidak terdapat aksesoris mahkota merak keemasan. Topeng bujang ganong juga mempengaruhi topeng randa.

Untuk secara garis besar, pada zaman dulu para penari tari barong merupakan orang yang sedang mendalami suatu ilmu kesaktian dengan orang-orang zaman dulu yang mendapat ilmu dari warok muda dan warok tua yang sangat sakti.

Dengan demikian, sehingga banyak jenis barong bermunculan dengan model bentuk pada bagian kepala seperti hewan yang berbeda-beda setiap jenisnya, salah satu contohnya yaitu Gajah, Babi, Anjing, dan Burung.

Sudah tahu jenis barong Bali ?, bagi kalian yang belum mengetahuinya, yuk kita cari tahu jenis barong apa sajakah itu. Simak penjelasannya pada tauatan di bawah ini.

Baca Juga : Mengenal Musyoh, Tarian Khas Papua Pengusir Arwah Akibat Kecelakaan

Mengenal Jenis – Jenis Barong Yang Ada Di Bali

jenis-jenis barong

Barong suatu simbol kemenangan dari kebaikan yang menjadi sosok pelindung spiritual bagi masyarakat Bali. Barong dipercaya dapat meningkatkan aura energi spiritual positif bagi umat manusia.

Dalam kisah yang ditampilkan dalam pertunjukan, Barong ialah wujud kebenaran. Tak sekadar simbol, kekuatan dharma kebenaran, kebajikan. Barong dipercaya terdapat di bagian mukanya, khususnya pada mata dan jenggot. Karena itulah, masyarakat Bali percaya bahwa jika sebuah desa mengalami wabah, pemuka agama akan menjadikan air rendaman jenggot Barong sebagai air suci. Dipercaya, air tersebut memiliki kekuatan magis. Yang unik, jenggot Barong terbuat dari rambut warga.

Baca Juga : Seni Lais khas Garut, yang hampir punah di Tanahnya Sendiri!

Barong mempunyai beberapa jenisnya, hal tersebut digambarkan melalui bentuk atau rupa hewan yang mewakili roh dengan sifat dan Kawasan tertentu. Berikut ini ada macam-macam barong Bali, seperti :

  • Barong Ket
  • Barong Landung
  • Barong Bangkal
  • Barong Macan
  • Barong Asu
  • Barong Gajah
  • Barong Brutuk
  • Barong Nongnongkling

setiap jenis-jenis barong yang ada di bali, memiliki keunikan dan mitos-mitos yang tersembunyi, sebab setiap hewan yang di gambarkan adalah perwakilan roh dengan sifat yang berbeda-beda.

Barong

Bagi masyarakat daerah yang ada di Bali mereka mempercayai, memiliki roh pelindung sendiri untuk hutan dan tanahnya. Masing-masing roh pelindung ini digambarkan dalam bentuk satwa tertentu

Terlepas mengenai jenis-jenis barong yang di miliki oleh Bali, terdapat sebuah mitos yang tersembunyi yang di mana tarian barong memiliki keunikan atau ciri khasnya. Untuk lebih jelasnya lagi, kalian dapat melihat pada penjelasan di bawah ini, simak ulasannya.

Dibalik Keunikan Tarian Barong, Terdapat Sebuah Mitos Yang Tersembunyi

cerita mitos barong

Dikarenakan setiap barong memiliki wujud dan makna yang berbeda. Contohnya adalah pada barong ket yang merupakan gabungan singa, harimau dan lembu. Kostumnya dikenakan oleh dua orang penari seperti barongsai namun dengan pakaian berbeda.

Bagian badan atas dihiasi oleh ornamen kulit berupa potongan kaca atau cermin, serta bulu yang terbuat dari serat tanaman pandan atau bulu gagak. Sedangkan bagian kepala menggunakan topeng yang terbuat dari kayu. Kayu yang digunakan adalah kayu khusus yang diambil dari pohon angker dan sakral.

Baca Juga : Mengenal Rudat, Seni Tari Khas Daerah Kota Banten

Pada umumnya pementasan tari barong dilakukan si penari dengan mengenakan topeng. Hal tersebut menggambarkan tentang suatu wujud dari hewan serta raksasa yang dipercayai oleh masyarakat sebagai pelindung.

Bagi masyarakat Bali mereka percaya bahwa adanya roh, roh tersebut merupakan anak buah dari Ratu Gede Mecalin. Ratu Gede Mecalin adalah penguasa atau pemimpin alam gaib di Lautan Selatan, ia memiliki istana di Pura Dalem Ped, Nusa Penida.

Cerita dahulu mengatakan bahwa, ada seorang pendeta sakti yang memberi saran kepada masyarakat disana untuk membangun patung yang bentuknya seperti Ratu Gede Mecalin. Bentuknya seperti tinggi, memiliki warna hitam pada bagian tubuh, serta bertaring.

Jika sudah selesai dibuat maka patung tersebut diarak penduduk Bali untuk mengelilingi desa. Menuru informasi leluhur di Bali, hal itu berguna untuk menakuti roh-roh halus saat melihat patung tersebut, sehingga sampai sekarang penduduk sering menggunakan barong untuk menangkal agar tidak ada bencana yang terjadi di pulau Bali.

Itulah penjelasan mengenai tari barong yang di anggap sakral dan mereke mempercayai bahwa barong dapat mengusir roh-roh jahat yang ingi menganggu mereka. Cukup unik ya, keberadaan barong membuat destinasi khususnya pariwisata yang ada di Bali meningkat, Apalagi ini adalah salah satu buadaya yang harus kita jaga keletarianya, agar kita untuk kedepannya masih dapat menikmati seni tari yang ada di Bali.

4 tanggapan pada “Rahasia Dibalik Tari Barong Yang Dipercaya Sakral Bagi Masyarakat Bali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas