Sudah Pernah Makan Wajit? Begini Kisah Perjuangan Sejarahnya

wajit cililn

Mengenal sejarah mungkin menjadi hal yang menarik untuk dibahas bukan? apalagi sejarah merupakan cerita yang sudah ada sebelum kita lahir.

Tapi, akan sangat pas lagi jika kita membahas makanan yang berasal dari sejarah dan bahkan hingga saat ini makanan tersebut masih trend dan terkenal disemua kalangan lho.

Makanan satu ini berasal dari daerah Jawa barat, mungkin sebagian dari masyarakat jawa barat khususnya bandung barat pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan khas satu ini.

Sudah tahu jenis makanan apa ini? Bener banget sahabat lokal, kali ini Aldi akan membahas asal muasal dari WAJIT, yang merupakan makanan khas yang terbuat dari gula merah dan Kelapa.

Ngomong-ngomong soal wajit, kamu sudah tau belum wajit berasal dari mana? dan Terbuat dari apa makanan satu ini? Jika belum yuk kita sama-sama mengenal sejarah pembuatan wajit di era bangsawan. Berikut informasinya :

Mengenal Lebih dalam Wajit Cililin

Wajit cililin berasal dari era Bangsawan

Wajit Cicilin merupakan makanan khas jawa barat, Nama wajit itu sendiri berasal dari bahasa jawa yaitu Wajik. Menurut sejarah, pemberian nama tersebut berasal dari orang-orang yang kebinungan untuk memberi nama penganan (penganan/pe-ngan-an/ n segala macam kue; kudapan) tersebut.

Namun ada juga yang pernah mencoba penangan yang sama persis dengan penganan satu ini yaitu wajik, kemudian nama tersebut berubah kata menjadi wajit dikarenakan kebiasaan orang Sunda yang jarang menggunakan huruf K sehingga beralih menjadi huruf T dan terciptalah kata wajit, yang menjadikan makan khas satu ini terkenal Hingga sekarang

Muncul penganan yang bernama wajit ini karena melimpahnya bahan baku yang kurang dimanfaatkan terutama beras ketan” kata Samsul mengawali cerita.

Ada satu hal yang menarik nih temen lokal, ternyata wajit dulu hanya dapat dirasakan oleh kaum kolonial saja, Warga Pribumi tidak diperbolehkan untuk memakan penganan tersebut, Hingga samapai dimana juwita dan uti yang merupakan pembuat pertama meninggal, dan diteruskan oleh anaknya pada sekitar tahun 1936 yaitu HJ Siti Romlah yang nama aslinya Irah.

Waktu itu bu irah menjadi penentang kepada kaum belanda karena tidak perbolehkan memakan wajit, apalagi bahan baku wajit tersebut berasal dari sawah miliki pribumi, dari situlah wajit siti romlah dapat diminati oleh segala kalangan dan tidak hanya kalangan bangsawan saja.

Bagaimana asik bukan mempelajari sejarah dari daerah asal Indonesia sendiri? Tapi eits, jangan dulu beralih karena Aldi bakal ngasih tahu temen lokal, bagaimana pembuatan wajit dan terbuat dari apa saja. Penasaran bukan? Yuk kita lanjut kecerita selanjutnya. Berikut ini :

Mengenal Pembuatan Wajit Asli

Tentunya setelah kita mengenal sejarah dari terciptanya wajit, pastinya Temen lokal penasaran kan, memang wajit asli tuh terbuat dari apa? Karena diera milenial kali ini, perubahan cita rasa dan bentuk dari wajit berubah karena mengikuti alur dari perkembangan ekonomi dan digital, membuat banyak produsen berusaha memberikan inovasi baru.

Maka dari itu, Aldi disini bakal ngasih tau sobat lokal bagaiaman Waji Asli terbuat, Wajit Cililin atau asli HJ romlah, terbuat dari beras ketan, gula merah dan dicampurkan dengan kelapa yang dimasak menjadi satu, bahan – bahan ini dimasukan kedalam wajat besar kemudian diberi air lalu dipanaskan dan dicampur satu hingga mengental lalu di bungkus oleh daun jagung yang sudah kering.

Mungkin buat temen lokal yang sudah pernah merasakan makanan wajit ini, akan terbayang bagaimana enak dan empuknya jika di gigit dan rasa gula yang khas melekat, aduhh. Malah jadi laper nih temen lokal.

Tapi yang perlu diingat lagi bahwa wajit dan makanan khas jawa barat lainnya seperti dodol, memiliki cita rasa dan bahan yang berbeda ya.

Lalu, dimana beli wajit lokal yang Asli?

Dimana beli Wajit asli Cililin ?

Banyaknya toko dan produsen wajit cililin diberbagai kota, termasuk bandung dan jakarta, namun jika Anda beminat untuk membeli langsung ke toko aslinya, Anda bisa mendatangi toko cilin Jl. Radio No.1, Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40562, Toko wajit cililin tersebut masih sangat tradisional untuk itu segera datangi dan rasakan kenikmatan wajit Asli khas Jawa Barat.

Namun, makanan khas jawa barat tidak hanya wajit saja bukan? banyaknya jenis jenis makanan lainnya yang wajib temen lokal cicipi juga, agar temen lokal tidak pernah lupa dengan daerah daerah di Indonesia. Berikut beberapa makanan khas sunda yang wajib temen lokal coba. berikut informasinya :

  • Karedok Asli Sunda
  • Seblak Khas sunda
  • Lotek
  • Dodol Garut
  • Doclang
  • Sate Maranggi

Makanan khas sunda diatas belum semua lho, melainkan masih banyak makanan khas sunda yang wajib temen lokal ketahui, maka dari itu, ikuti terus lokalklik untuk informasi budaya dan informasi seputar lokal lainnya.

Demikian informasi yang bisa disampaikan, terimakasih telah membaca dan mengikuti setiap artikel dari lokalklik untuk itu, yuk kita tingkatkan dan lestarikan budaya budaya indonesia untuk menuju ke jenjang internasional.

7 tanggapan pada “Sudah Pernah Makan Wajit? Begini Kisah Perjuangan Sejarahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas