Kue Bandros, Jajanan Khas Tanah Pasundan Yang Melegenda

kue bandros

Waktu liburan adalah hal selalu kita inginkan bukan ?. Berbagai macam aktifitas dapat kita lakukan , contohnya liburan untuk menikmati suasana tempat yang dituju. Salah satu tempat yang menarik dan bisa kalian kunjungi ialah Kota Bandung. Di Kota bandung kalian dapat menikmati berbagai macam tempat-tempat liburan.

Seperti mengelilingi kota bandung menggunakan fasilitas pariwisata kendaraan yang bernama Bandros. Ya Bandros adalah salah satu kendaraan fasilitas umum yang di pergunakan untuk berwisata berkeliling Kota Bandung.

Namun dalam kesempatan kali ini Lokal Klik tidak membahas sebuah kendaraan bandros lebih dalam, melainkan makanan yang gurih dan enak saat anda berkunjung di Bandung, lalu apakah itu ?. Benar sekali makanan kuliner yaitu kue Bandros khas Bandung.

Penasaran dengan yang namanya kue bandros ?. ingin mengetahui bagaimana rasanya ?. Yuk kita ikuti terus penjelasan yang mengenai kue bandros jajanan khas tanah pasundan yang melegenda, berikut ulasannya.

Mengenal Kue Bandros Khas Kota Bandung

mengenal kue bandros
mengenal kue bandros

Dari sekian banyak jajanan kuliner yang ada di Kota Bandung. Kue Bandros adalah salah satu makanan khas Kota Bandung yang memilik rasa gurih. Kue bandros pada umunya terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut dan santan.

Kue ini biasanya dihidangkan dengan taburan gula pasir. Bentuk kue ini mirip dengan kue pukis karena memang di cetak pada cetakan yang serupa, yakni cetakan yang berbentuk setengah lingkaran dan berjejer cukup banyak. Kue bandros biasanya disajikan bersamaan dengan teh manis atau kopi.

Pada umumnya kue bandros yang dikenal di tanah Pasundan, ada yang disebut dengan bandros asin dan juga bandros manis. Kedua jenis bandros tersebut dibedakan karena ada beberapa kebiasaan untuk makan bandros tanpa menggunakan gula, tetapi ada juga yang menggunakan taburan gula pasir sehingga membuat bandros yang dimakan terasa manis.

Disamping itu juga kue bandros sekilas mirip kue rangi, yang bisa kalian temukan di Kota Jakarta. Namun berbeda ya, untuk kue rangi memiliki ukuran yang lebih kecil dan rasanya pun berbeda, karena Kue Rangi hanya terbuat dari tepung kanji atau sagu tani dan parutan kelapa, kemudian dipanggang lalu disajikan dengan larutan gula merah.

Baca Juga : Hari Gini, Masih Belum Tau Gedoblak ? Yukk Kenali Cemilan Khas Tasikmalaya!

Sedangkan untuk kue bandros, memiliki cita rasa yang berbeda bahkan bisa dikatakan mempunyai ciri khasnya tersendiri. Bagaimana tidak, dalam proses pembuatannya pun terdapat perbedaan dari bahan yang di pergunakan. Ingin mencoba resep kue bandros ?. Bagi anda yang ingin mencoba membuat olahan kue bandros sendiri, anda dapat melihatnya pada ulasan di bawah ini.

Beginilah Cara Membuat Kue Bandros

Seperti yang sudah kita ketahui, Indonesia memiliki keaneka ragaman kuliner yang menarik dan cita rasa yang khas. Begitu pula kue bandros, dalam proses pembuatannya pun terbilang simpel, hanya menggunakna bahan-bahan yang dapat anda temukan dengan mudah, seperti.

Bahan – bahan yang di butuhkan :

– 150 gram kelapa 1/2 tua,kupas, parut panjang
– 150 gram tepung beras
– 1 sdt garam
– 400 ml santan kental
– Minyak goreng untuk olesan

Cara membuat kue bandros

– Campur kelapa parut, tepung beras dan garam, tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata.
– Panaskan cetakkan kue pukis, olesi dengan sedikit minyak, tuang adonan ke dalam cetakan hingga penuh, kemudian tutup.
– Panggang di atas bara api kecil hingga matang dan di kedua sisinya garing, angkat.
– Sajikan selagi panas.

Cukup mudah untuk di lakukan ya, tidak sabar ingin mencobanya ?. jangan terburu-buru, sebab apakah kalian sudah mengetahui asal usulnya ?. Jika belum yuk kita simak pada penjelasan di bawah ini.

Asal Usul Kue Bandros Yang Ternyata Sudah Ada Saat Pemerintahan Hindia Belanda

asal usul kue bandros

Asal usul dari kue Bandros dimulai sejak adanya pengaruh pemerintahan Hindia Belanda yang pada tahun 1900-an memperkenalkan penggunaan tepung terigu di Kota Bandung dan di daerah Priangan atau Jawa Barat.

Keberadaan pangan berbahan dasar terigu hanya dapat dikonsumsi oleh para bangsawan dan para masyarakat yang kaya raya. Gagasan munculnya pembuatan kue Bandros adalah untuk masyarakat kelas bawah dapat menikmati kue dengan harga terjangkau dari bahan baku beras.

Bahan baku beras ini adalah sumber utama makanan pokok di masyarakat orang Sunda di Jawa Barat. Upaya meringankan masyarakat dalam mengkonsumsi tepung terigu dan beras yang juga cukup mahal, memunculkan ide membuat Kue Bandros dengan ukuran yang kecil-kecil dari bahan dasar tepung berasdan beras ketan dengan penambahan kelapa parut, garam, gula pasir, minyak kelapa terutama untuk sarapan pagi.

Hal itu juga mengapa hidangan ini pada jaman dahulu hanya beredar dijual dan juga hanya pagi hari untuk mendapatkannya karena lebih nikmat bila didampingi dengan minum teh saat di pagi hari.

Baca Juga : Mengenal Endog Lewo, Cemilan Cemilan Legit Yang Jarang Orang Tahu

Cukup melegenda bukan, pasalnya kue bandros sudah ada sejak pemerintahan Hindia Belanda, dan sampai saat ini pun dapat kita temukan dengan mudah. Apalagi berbagai varian kue bandros ada yang menggunakna resep kekinian. Penasaran dengan kue bandros kekinian ?. Ikuti terus yuk ulasan ini hingga selesai, agar infromasi ini dapat anda ketahui lebih jelas. Simak penjelasannya di bawah ini.

Ada Juga Lho, Jenis Kue Bandros Kekinian

kue bandros kekinian

Kue bandros yang sekarang kita ketahui, ternyata tidak kalah populernya dengan kuliner lainnya. Bandung selalu kreatif untuk urusan memodifikasi kuliner tradisional. Contohnya saja seperti kuliner yang telah populer yaitu kue balok, kue cubit, surabi hingga martabak. Kini, kue bandros yang disulap menjadi camilan kekinian yang mulai banyak di minati oleh kaum milenial.

Kue yang berasal dari tepung beras, santan dan serutan kelapa ini cukup tersohor di Bandung. Nah bandros versi modern kini semakin mudah dijumpai. Bahkan masing-masing penjual berkompetisi menampilkan cita rasa dan keunikannya tersendiri, agar memiliki ciri khasnya tersendiri bagi masing-masing penjual kue tradisional ini.

Bagi kalian yang penasaran, kue bandros kekinian apakah itu ?. kalian dapat menyambangi Bandros 88. Lokasinya di Jupiter Barat Blok N II No 65 Margahayu Raya. Menggunakan resep adonan klasik, Bandros 88 bikin greget karena topping-nya yang variatif. Sebut saja taburan ayam, keju, sosis, kornet hingga adonan campuran rasa green tea dan taro.

Wah untuk menu kue bandros seperti itu sih memang jelas ya, kaum milenial tentunya menykai hidangan tersebut, apalagi dengan memiliki selera yang tinggi, akan terasa pas untuk di hidangkan dengan menu kekinian bukan ?.

Kue bandros 88 sudah menciptakan 20 varian menu bandros mulai dari bandros asin seperti ayam, ayam keju, ayam sosis keju, ayam sosis telur keju, sosis pedas, sosis keju, jagung keju, abon telur sosis, kornet telur sosis dan lainnya. Sedangkan untuk bandros manis tersedia rasa saus durian, stroberi, coklat susu, pisang coklat, pisang coklat keju spesial, jagung coklat keju spesial dan masih banyak lagi.

Untuk semakin menarik minat kaum mileniel, ke depan Bandros 88 juga siap melengkapi menu bandrosnya dengan kehadiran minuman kopi. Menurutnya camilan bandros terasa pas saat dilahap dengan secangkir kopi hangat khas Jawa Barat. Cukup menarik ya ?. Jadi tidak sabar rasanya ingin mencicipi hidangan kue bandros yang melegenda.

Keaneka ragaman kuliner Indonesia tak henti-hentinya selalu ada yang menarik dengan ciri khas dari masing-masing daerahnya. Jadi bagaiman pendapat kalian dengan kuliner Indonesia ? tidak kalah hebatnya bukan dengan kuliner saat ini.

Yuk kita jaga keaneka ragaman yang ada di tanah tercinta ini, dengan cara yaitu cinta dan membeli produk lokal, sehingga dengan begitu persaingan global yang cukup pesat dapat mengimbanginya, bahkan dengan menjaga kuliner khas Indonesia dapat memberikan peluang besar hingga Internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas