Mengenal Endog Lewo, Cemilan Legit Yang Jarang Orang Tahu

endog lewo emplod khas garut

Endog Lewo / Emplod – Mungkin sebagian dari teman lokal disini cukup asing dengan jenis makanan satu ini. Ya, memang tidak banyak orang yang mengenal jenis makanan satu ini. Kebetulan saja, daerah pembuatan cemilan ini berada di daerah admin Wijdan, hingga sedikitnya tahu.

Wajar juga jika teman lokal banyak yang nggak tahu, toh pas saya mau menulis pembahasan ini dan berdiskusi dengan admin lainnya, mereka juga banyak nggak tahu. hihi…

Bukan hanya karena itu, rasa kecintaan admin ke makanan khas daerah ini jugalah yang membuat admin makin semangat dalam membagikan cerita serba-serbi endog lewo pada kesempatan kali ini.

Simak aja langsung yuk teman-teman

baca juga : Jangan Ngaku Pernah Ke Bandung Kalo Belum Mencicipi 3 Makanan Ini

Mengenal Endog Lewo

Mengenal Endog Lewo emplod malangbong

Makanan Khas Garut Endog lewo secara bahasa terdiri dari dua kata yaitu endog dan Lewo. Endog merupakan bahasa sunda dari telur, sementara Lewo merupakan nama salah satu Desa di Malangbong – Garut. Jadi jika disatukan endog lewo adalah telur yang berasal dari Lewo.

Telur dari Lewo ini berbeda dengan telur-telur pada umumnya, karena jika telur lain merupakan unsur hewani yang dihasilkan dari unggas yang berbentuk bulat dan jika di erami akan melahirkan mahkluk hidup baru. Telur dari lewo ini jika di erami, sampai kapanpun tidak akan jadi mahkluk hidup karena memang bukan telur (endog) dengan arti sebenarnya. 🙂

Endog lewo merupakan cemilan yang terbuat dari bahan dasar singkong yang dibentuk kecil-kecil, kira-kira ukurannya sama dengan telur puyuh, lebih kecil sedikit.

Sebetulnya, Penamaan jajanan khas Garut ini awalnya adalah Emplod, namun masyarakat pada umumnya lebih mengenal cemilan ini dengan nama Endog Lewo. Mungkin karena mudah pengucapannya.

Endog lewo atau saya lebih suka memanggilnya Emplod, merupakan cemilan yang sangat familiar di daerah asalnya Garut, terkhusus Garut utara seperti di Malangbong, Kersamanah, Limbangan, Cibatu dan Wanaraja. Karena dibeberapa daerah disana, endog lewo sudah menjadi cemilan wajib, apalagi jika dimakan berbarengan dengan Bakso kuah, rasanya makin sedap dan keriuknya makin mantap.

Sejarah Endog Lewo / Emplod

Sejarah Endog Lewo / Emplod khas Garut

“Endog Lewo merupakan bahan cemilan yang pada awalnya di buat hanya sebatas coba-coba dengan memanfaatkan sisa singkong yang tidak terserap pabrik tapioka.”

Cerita dari Pak H.Amin, salah seorang perintis dan pengusaha emplod di Lewo.

Malangbong memang dikenal merupakan salah satu kecamatan di Garut yang memiliki tanah yang subur. Berbagai macam tanaman banyak tumbuh di Malangbong, salah satunya adalah sampe (Singkong). Uniknya, singkong ini memang sengaja di tanam oleh warga sekitar.

hampir semua orang menaman singkong dan usia panennya hampir berbarengan sehingga tumbuhan singkong berlimpah ruah disana.

Dengan banyaknya jumlah singkong disana maka harga singkong menjadi turun karena jumlah barang tidak sesuai dengan banyaknya permintaan.

Oleh sebab itu untuk meningkatkan nilai jual barang, salah satu saudagar asal Lewo memutuskan untuk mengolah singkong tersebut menjadi produk baru yang bernama Emplod, jenis makanan yang terbuat dari singkong.

Karena ukurannya yang kecil, sebesar kelereng, membuat emplod/endog lewo ini sangat mudah diterima masyarakat. Apalagi dengan gayanya yang renyah plus kering membuatnya sangat cocok menjadi makanan ringan yang dapat di makan di sembarang tempat.

Berbeda dengan saudaranya Combro yang berukuran cukup besar dan agak sedikit basah sehingga kesannya sedikit formal.

Meskipun di awal-awal mengenalkan emplod ini cukup menguras tenaga sebagaimana bisnis pada awalnya, namun dalam kurun waktu satu tahun endog lewo ini mulai banyak diterima masyarakat. Hingga penjualan emplod semakin meroket.

Dengan bentuknya yang praktis, emplod ini cukup mudah dibawa kemana-mana, dengan itu pula Endog Lewo ini cepat tersebar ke berbagai daerah di Garut, seperti Leles, Limbangan, Cibatu bahkan sudah mulai merambah ke beberapa kota lain di Jawa Barat.

Cara Membuat Endog Lewo / Emplod Khas Garut

Cara membuat dan bahan Endog Lewo Emplod

Dalam membuat endog lewo, langkah awal yang harus teman lakukan tentu adalah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan.

Selain singkong, apalagi yah bahannya?

  • 1/2 Butir kelapa parut
  • 1 batang daun bawang
  • 1 sendok teh garam

Tidak lupa siapkan 1/2 kg Singkong dan minyak goreng untuk menggorengnya

langkah-langkah Menggoreng Emplod Khas Garut

  • Setelah semua bahan disiapkan, kukus singkong yang sudah dibersihkan sebelumnya dengan kelapa yang sudah di parut sampai matang
  • Kemudian haluskan bahan singkong dan kelapa tadi dengan cara di tumbuk
  • Tidak lupa untuk memasukan daun bawang dan garam pada adonan yang tadi dihaluskan.
  • Setelah semua adonan tercampur rata, adonan kemudian di pipihkan dan bentuk bulat, kira-kira sebesar kelereng.
  • Kemudian goreng adonan tersebut dengan menggunakan api yang sedang.
  • Proses pengolahan Endog Lewo selesai, tinggal tiriskan
  • Untuk menghasilkan rasa yang lebih legit, bisa ditambahkan bumbu penyedap rasa dan bubuk cabe kering.

Endog lewo jauh lebih nikmat disantap dengan bakso atau cuangki… silahkan coba saja sendiri teman lokal

campuran mie dan emplod endog lewo tambah legit

Dimana saya bisa mendapatkan Endog Lewo ?

Dulu, mungkin makanan ini hanya bisa didapatkan di daerah Jalan antara Limbangan – Malangbong, karena kebetulan pabrik pembuatan endog lewo ini berada di sana. Sehingga jika teman kebetulan melewati daerah tersebut, jangan hanya membeli Dodol Garut, tetapi juga Endog Lewo ini, karena kapan lagi bisa mendapatkannya.

Tetapi sekarang, teman bisa mendapatkan Endog Lewo/Emplod ini di marketplace seperti di Lokalklik.com. Harganya hanya berkisar 10-20ribuan tergantung volume yang teman pesan, semakin banyak volume yang dipesan, semakin murah harga yang kami tawarkan.

Makanan satu ini sangat cocok menjadi santapan campuran Bakso atau Cuangki sehingga cocok banget bagi teman-teman pengusaha bakso bila ingin menyediakan Endog Lewo ini lapaknya.

Terimakasih telah menyimak artikel ini. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman lokal dalam memperdalam wawasannya mengenai cemilan-cemilan lokal.

Yuk, cintai produk lokal, karena jika bukan kita siapa lagi….

9 tanggapan pada “Mengenal Endog Lewo, Cemilan Legit Yang Jarang Orang Tahu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas