Ketahui 6 Rumah Adat yang Ada di Indonesia! Begini Penampilannya

Rumah adat Terpopuler di Indonesia

Rumah adat Terpopuler di Indonesia – Jika membicarakan negaran indonesia, tentunya tidak akan ada habisnya bukan? Apalagi indonesia itu sendiri merupakan salah satu negeri dengan kebudayaan yang paling beragam di dunia.

Kebudayaan tersebut tak luput dari kesenian, makanan tradisional, hingga rumah adatnya. Jika, kemarin Lokalman sudah membahas makanan khas kalimantan. Kali ini, lokalman bakal bahas beberapa rumah adat terpopuler di indonesia.

Kira-kira daerahmu termasuk tidak ya? Untuk, itu jika kamu penasaran dengan pembahasan lokalklik kali ini, yuk bahas informasinya hingga selesai, dan temukan fakta menarik dari rumah adat tersebut, diantaranya yaitu :

6 Rumah adat Terpopuler di Indonesia

Berikut beberapa tampilan dari rumah adat terpopuler yang ada di indonesia, seperti :

1. Rumah Adat Joglo khas Pulau Jawa

Salah satu rumah adat khas pulau jawa ini, mungkin sudah tidak asing lagi untuk kamu yang bertempat tinggal dipulau jawa. Bentuk rumah joglo yang unik dan tradisional ini menjadi bentuk rumah khas jawa paling populer.

Jawa merupakan salah satu suku bangsa terbesar di indonesia, bahkan mayoritas orang jawa berada di berbagai daerah, seperti jawa tengah, yogyakarta, hingga jawa timur.

Baca juga : Mengenal Alat Musik Slenthem Khas Jawa Tengah & Cara Memainkannya

Lebih hebatnya lagi, banyaknya bangunan pemerintah maupun penduduk sering menjadikan Rumah joglo sebagai inspirasi bangunannya.

2. Rumah adat kebaya Khas Betawi

jika tadi dipulau jawa terdapat rumah joglo, tentunya jakartapun punya lho. Rumah tersebut bermana Rumah Kebaya, yang dimana rumah ini merupakan rumah khas suku betawi asli, lalu kenapa disebut dengan rumah kebaya?

hal ini dikarenakan bentuk atapnya yang menyerupai pelana yang dilipat, dan apabila kamu lihat secara terliti, terdapat lipatan lipatan pada samping rumah yang terlihat seperti lipatan kebaya.

Hal inilah yang membuat rumah khas dki jakarta ini dikenal dengan Rumah adat kebaya. Tentunya, kamu bisa melihat rumah adat ini di provinsi DKI jakarta.

3. Rumah adat Tongkonan

Berpindah pada rumah adat khas masyarkat toraja, yang bernama rumah adat tongkonan. Tongkonan itu sendiri berasal dari kata tongkon yang memiliki arti duduk bersama-sama.

Dengan model atap yang melengkung layaknya perahu, serta tersusun dari susunan bambu ini, membuat rumah adat tongkonan menjadi rumah yang memiliki kontruksi yang unik.

Apalagi, dibagian depan rumah, terdapat deretan tanduk kerbau, kenapa demikian? hal ini menunjukan status sosial sipemilik hunian, dimana dindingnyapun tedapat relik hewan dan tumbuhan yang eksotik.

4. Rumah adat limas khas Sumatera

Kali ini, terdapat rumah adat khas sumatera selatan bernaman rumah limas, seperti namanya saja yang dimana rumah adat ini memiliki bentuk limas dengan bangunan bertingkat.

Dimana, setiap tingkatnya memiliki filosofi budaya tersendiri, tingkatan rumah ini memiliki lima ruangan yang memiliki simbol dari lima jenjang kehidupan masyarakat, yakni usia, jenis, pangkat, bakat dan martabat. Kira-kira setuju engga, kalau rumah limas sangat keren!

5. Rumah Adat Mandar khas Mamuju sulawesi Barat

Berpindah pada rumah khas mamuju satu ini, yaitu Rumah adat mandar yang dimana rumah ini memiliki struktur bangunan panggung yang disusun dengan tiang-tiang dari kayu balok berukuran dua meter.

Uniknya, dinding rumah adat satu ini menggunakan material papan yang dimana umumnya merupakan papan ukir dengan motif khas suku mandar. Unik dan Esotik bukan?

6. Rumah adat honai khas Papua

bentuk rumah unik satu ini memiliki bentuk seperti kerucut dan dibangunan menggunakan material alami seperti jerami. Diman rumah adat ini dibedakan menjadi 3 kategori, yakni Rumah untuk pria ( Honai ), Hewan ( Ebei) , dan kandang hewan ( warmai).

Namun, rumah honai bagi masyarakat papua ini tidak hanya menjadi tempat tinggal semata, melainkan sering dijadikan sebagai tempat pengajaran kehidupan untuk mendidik masyarakat papua, baik itu pria hingga wanita.

Jadi, mana yang menurut kamu paling unik dan pengen kamu kunjungi?

Demikianlah informasi yang bisa lokalman sampaikan, tentunya dengan adanya lokalklik ini, membuat kamu ingin terus mengembangkan dan menyebarkan informasi menarik mengenai budaya yang ada di indonesia. Untuk itu yuk sebarkan informasi ini kesemua teman-temanmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas