Melihat Desa Cipacing, Sebagai Pengrajin Senapan Angin. Yang Sudah Di Kenal Internasional

senapan angin

Dalam pembahasan kali ini Lokal Klik, akan memberikan sebuah informasi yang penting dan sayang untuk di lewatkan, sebab terdapat di salah satu daerah dengan memiliki hasil produk yang telah di kenal luas hingga internasional. Penasaran produk apakah itu ?, yuk kita ikuti ulasan ini hingga selesai, agar kalian tidak ketingglan setiap informasi yang di berikan oleh www.lokalklik.com.

Salah satu daerah yang terletak di Provinsi Jawa Barat yaitu Desa Cipacing, dengan memiliki berbagai macam produk hasil kerajinan tangan seperti ukiran patung, alat musik, lukisan, bahkan terdapat sebuah hasil produk yang mendunia, yaitu senapan angin.

Produk senapan angin yang ada di Desa Cipacing merupakan produk yang memiliki kualitas tinggi, sehingga tidak heran keberadaan senapan angin merupakan hasil karya bagi warga setempat sudah di kenal luas hingga manca negara.

Berbiacara soal senapan angin, apakah di antara kalian sudah mengetahui produk senapan angin itu apa ?,dan dipergunakan untuk apa ?. Nah untuk lebih jelasnya lagi, berikut ulasannya.

Apa itu Senapan Angin ?

apa itu senapan angin

Senapan angin merupakan senjata yang menggunakan prinsip Pneumatik yaitu menembak peluru dengan menggunakan tenaga udara atau bisa juga menggunakan gas tertentu yang telah di modifikasi. Senapan angin pada umumnya di pergunakan sebagai ajang olahraga dan berburu binatang tertentu, seperti kelinci, burung, tupai, dan bahkan babi hutan.

senapan angin

Peluru yang dipergunakan senapan angin biasanya untuk ukurannya tidak terlalu besar, dengan memiliki ukuran kaliber 177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm serta bahan peluru yang di pergunakan pun menggunakan bahan timah.

Sehingga dengan begitu, dalam penggunaan senapan angin boleh di pergunakan dengan berbagai tujuan seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, dan tidak di butuhkan sebuah surat khusus untuk menadapatnya, seperti senjata api yang dipergunakan oleh aparat TNI dan Polisi.

Di samping itu perlu anda ingat, bukan berarti senapan angin ini bisa di pergunakan oleh siapa pun seperti anak yang masih di bawah umur dan sebisa mungkin harus di hindari sebab jika dipergunakan oleh anak di bawah umur, dapat membahayakan.

Oleh sebab itu, untuk menggunakan senapan angin, pergunakanlah sebagai mana mestinya agar dalam hal ini tidak menjadi salah kaprah dan persepsi bagi sebagian orang.

Baca Juga : Mandau, Senjata Tradisional Suku Dayak Yang Tidak Lepas Dengan Hal Mistisnya.

Terlepas dari apa yang sudah di jelaskan, apakah kalian sudah mengetahui sejarah adanya senapan angin di Desa Cipacing ?. Bagi anda yang belum mengetahuinya, yuk kita ikuti terus penjelasan ini, sebab ada juga lho fakta menarik, mengapa senapan angin Cipacing di kenal hingga Internasional. Simak penjelasannya di bawah ini.

Sejarah Adanya Pengrajin Senapan Angin Di Desa Cipacing

sejarah senapan angin Cipacing

Desa Cipacing, yang terletak di kawasan Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang Jawa Barat. Terdapat sebuah hasil karya produk anak bangsa yaitu senapan angin. Bagi warga Desa Cipacing rata-rata berprofesi sebagai pengrajin dan memiliki bisnis rumahan senapan angin.

Keberadaan senapan angin di Desa Cipacing merupakan warisan turun temurun dari sesepuh terdahulu mereka sehingga dalam hal senapan angin Cipacing hingga kinia dari segi kualitasnya masih sama yang dimana memiliki keunggulan tersendiri.

Terdapat informasi yang mengatakan bahwa senapan angin yang ada awalnya terdapat di Desa Cikeruh dan untuk Desa Cipacing hanya sebagai penjual yang memiliki toko. Namun Cikeruh Dan Cipacing merupakan sebuah Desa berdampingan.

Namun ntah mana yang awalnya senapan angin berada, tetapi Cipacing lah yang telah di kenal luas. Sejarah mengatakan saat itu senapan angin atau bahasa setempatnya bedil, sengaja di produksi untuk mempersenjatai diri terhadap gerakan DI/TII di Garut.

Setalah gerakan DI/TII berhasil di redam, dorlok ( didor terus colok ) dilarang beredar, sekitar Tahun 1964, para pengrajin Di Desa Cikeruh / Cipacing memproduksi dan mengolah senapan angin secara mandiri. Akan tetapi sebelum mereka memproduksi senapan angin, bagi para pengrajin meraka membeli bedil dari luar negri, lalu di bongkar untuk di pelajari. Sehingga hasil senapan yang di hasilkan pun tidak kalah hebatnya dengan produk luar.

Hingga sampai saat ini pun senapan angin yang ada di Desa Cipacing memiliki kreasi dan model yang berbeda-beda bahkan dapat mengikuti setiap tren senapan angin yang ada di dunia. Wah cukup hebat ya, apalagi produk ini berkualitas baik.

Mengapa senapan angin yang ada di Desa Cipacing mendunia ?. Sebab terdapat fakta menarik di balik itu semua, ingin tahu lebih lanjutnya ?. Ikuti terus ulasan ini dan jangan sampai terlewatkan setiap penjelasannya.

Fakta Menarik Senapan Angin Desa Cipacing

senapan angin tipe PCP

Berbicara senapa angin Cipacing yang telah mendunia, tentunya di balik itu semua terdapat sebuah rahasia, yang dimana para pengrajin senapa angin dapat mengikuti kreasi dan model tren terkini, terlebih senapan angin yang ada di kawasan Desa Cipacing memiliki produk tipe yang unggulan yaitu tipe senapan angin PCP.

Senapan angin PCP ( Pre Charged Pneumatic ), tipe ini menjadi produk best seller yang mendunia, sebab berbeda dengan senapan angin gas dan juga tipe senapan pompa biasan dalam menembak diperlukan sekali penempak lalu mengisi peluru lagi. Untuk senapan angin PCP dalam hal menembaknya dapat dilakukan hingga berturut – turut.

Tipe produk senapan angin PCP tidak perlu lagi repot-repot untuk mengisi peluru atau pun mengokangnya terlebih dahulu pada setiap tembakannya. Sehingga dalam hal ini senapan angin yang ada di Cipacing, memiliki ciri khas dan keunggulannya tersendiri. Bahkan tak di herankan lagi produk ini di kenal luas hinga mendunia.

Ada pun fakta menarik dari senapan angin Desa Cipacing yaitu soal harga yang memiliki harga terjangkau berkisar dari 1 juta – 15 juta atau pun lebih, di sesuaikan tipe dan spesifikasi yang dimilikinya.

Terlepas dari apa yang sudah di jelaskan tadi, ada pun faktor yang mendukung senapan angin dapat di kenal luas, yaitu terdapat beberapa hasil produk yang berkualitas, mulai dari kerajinan tangan, kesenian, dan kuliner yang memiliki cita rasa khas.

Baca Juga : Ali Agrem Makanan Khas Jawa Barat, Asli Ngeunah Pisan Euy!!

Itulah penjelasan mengenai senapan angin yang ada di daerah cipacing yang telah di kenal luas hingga Internasional. Sehingga dengan begitu kita sebagai warga negara Indonesia semakin bangga yang ternyata produk lokal tidak kalah hebatnya dan persaingan di dunia pasar pun dapat di imbangi.

Lalu, jika di antara kalian masih ada yang tidak menyukai produk lokal rasanya akan miris ya atau pun malu sebab ternyata produk lokal lebih baik. Apalagi jika kita menyukai dan menggunakan produk lokal tanpa di sadari kita telah membantu Negara kita sendiri untuk bangkit lebih baiik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas