Mengenal Serune Kalee, Alat Musik Tiup Khas Aceh

serune kalee adalah alat musik tiup dari Aceh

Serune Kalee – Hallo sobat lokalklik, kembali lagi bersama sama mimin yang doyan rebahan dengan harapan adanya kemajuan. Bagaimana kabarnya? Semoga dalam keadaan baik-baik saja yah, terlebih lagi di saat ini kita sedang mengalami wabah pandemi Covid-19. Oleh karena itu tetap terus jaga kesehatan diri sendiri dan juga keluarga atau orang-orang terdekat.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai alat musik tradisional asal Nusantara nih. Alasan mengapa saya sering membahas alat musik daerah Indonesia karena sebagai generasi penerus bangsa sudah hal yang wajib bagi kita untuk melestarikan dan mempopulerkan kepada dunia yang ada di Indonesia. Terutama, agar alat musik tradisional yang kita punya tidak punah oleh masa atau perubahan zaman dan tidak kalah hebatnya dengan alat musik modern.

Alat musik yang akan kita bahas kali ini berasal dari Aceh nih gengs, yang namanya Surune Kalee. Apakah diantara kalian sudah ada yang tau? Mungkin untuk sebagian besar orang-orang yang berada di luar wilayah Nanggroe Aceh Darussalam belum mengenal dengan jenis alat musik tradisional yang satu ini. Tetapi masyarakat setempat (Aceh) sudah tidak asing kembali dengan Surune Kalee ini.

Apa Itu Serune Kalee?

Surene kalee merupakan alat musik tiup yang berasal dari daerah Aceh yang struktur bentuknya menyerupai klarinet. Serune kalee merupakan berasal 2 kata yang berbedan yakni “Serune” yang merajuk ke instrumen tradisional Aceh, sedangkan kata “Kalee” adalah nama daerah atau desa di Laweung, Kabupaten Pidi. Kesimpulannya, bisa dibilang alat musik tradisonal ini berasal dari daerah Kalee.

apa itu serune kalee?

Alat Musik Tradisional Serune Kalee terbuat dari bahan kayu, yang dimana kayu yang dipilih sebagai bahan dasarnya adalah yang memiliki karakter kuat dan keras, sekaligus bobotnya ringan. Uniknya, sebelum dibuat, kayu tersebut terlebih dahulu direndam selama tiga bulan. Setelah fase perendaman selesai, selanjutnya kayu dipangkas sehingga yang tersisa hanya bagian yang disebut sebagai ‘hati kayu’.

Kemudian di bor dan dibubut untuk membentuk lobang dengan diameter sekitar 2 cm. Setelah tercipta rongga, selanjutnya yaitu tahap pembuatan lubang-lubang nada, terdapat 6 lubang di bagian muka-atas sebagai interval nada, dan terdapat 1 lubang di bawah sebagai syarat terciptanya suara khas dari Serune Kalee.

Alat musik tradisional ini selain mudah ditemukan di daerah Aceh, tetapi juga bisa kalian temukan di kawasan lain seperti Sumatera. Tidak hanya itu, Serune Kalee juga terdapat kemiripan dengan alat musik dari negara tetangga seperti Malaysia, Thailand dan Srilanka. Instrumen-instrumen tersebut memiliki sejumlah kemiripan dalam hal laras nada, dinamika suara, vibrasi dan volume suara.

Di daerah aceh, Serune Kalee ini biasanya dimainkan pada acara-acara tertentu sebagai intrumen utama dalam pertunjukan musik tradisi kota Aceh. Tidak hanya sendiri, melainkan diiringi sejumlah alat musik lainnya berupa geundrang, rapai, dan alat musik insturmen lainnya.

Instrumen ini memiliki sumber bunyi dari hembusan udara pada rongga atau diklasifikasikan kedalam jenis instrumen aerophone.

Baca juga : Mengenal alat musik Heo khas NTT

Ciri-ciri alat musik Serune Kalee

ciri khusus pada serune kalee

Setiap alat musik yang kita ketahui pastinya mempunyai ciri khusus sehingga mudah dikenali, seperti halnya dengan Serune Kalee yang terdapat beberapa ciri-ciri khusus. Agar tidak tidak salah mengenalinya.

Dari segi bentuk, alat musik tiup ini bisa dibilang sedikit menyerupai terompet tetapi ukurannya sedikit lebih kecil. Lebih tepatnya, ia memiliki bentuk memanjang (lurus) dengan bagian depan bulat setengah lingkaran menyerupai corong. Selain itu, terdapat beberapa lubang di bagian badannya yang berfungsi sebagai sumber bunyi.

Cara memainkan Serune Kalee

tips memainkan alat musik serune kalee

Seperti yang sudah dijelaskan di awal dan pada bagian judul, bahwa Serune Kalee ini merupakan alat musik tiup, cara memainkannya tidak jauh dengan memainkan alat musik tiup lainnya yaitu dengan cara di tiup dan memainkan lubangnya dengan jari, seperti seruling.

Agar suara yang dihasilkan dari alat musik yang satu ini bagus, diperlukan teknik khusus dalam memainkannya. Setidaknya memerlukan pernafasan yang kuat dan gigi yang utuh, yang kemudian jari-jari kedua tangan mengatur tinggi rendahnya suatu nada.

Baca juga : Beginilah cara memainkan alat musik Satong Srek asal NTB

Sejarah Serune Kalee

Dikutip dari berbagai sumber, instrumen yang satu ini sudah ada sejak masuknya islam di Aceh. Tetapi ada pula yang mengatakan bahwa alat musik ini berasal dari Tiongkok (Z.H Idris, 1993: 48-49, dikutip dalam melayuonline.com). Terlepas dari itu semua, fakta sejarah menunjukan bahwa Aceh pada masa lampau merupakan sebuah kerajaan dengan letak yang cukup strategis, sekaligus bersifat terbuka. Sehingga Aceh banyak menjalin hubungan dengan berbagai bangsa dari luar.

Serune Kalee memegang peranan penting dalam berbagai pertunjukan kesenian diberbagai upacara, serta acara lainnya yang merupakan hiburan bagi masyarakat Aceh setempat. Alat ini berperan dalam membawakan lagu yang cenderung insrumentalie, yang dimainkan dengan alunan suara yang terus menerus. Dan dimainkan dengan cara ditiup dengan mengambil nafas dari mulut hidung serta leher. Biasanya dalam memainkan alat musik ini para pemain menggunakan pakaian adat dalam pertunjukan maupun acara resmi.

Baca juga : Sejarah Genda Beleq yang berasal dari NTB


Bagaimana kabarnya Serune Kalee dimasa modern ini ?

Jika diantara kalian menanyakan bagaimana kabarnya alat musik serune kalee saat ini dimasa modern, yang dimana orang-orang cenderung melupakan tradisi yang telah turun-temurun dari nenek moyang, seperti contohnya alat musk tradisional.Terutama generasi muda, yang makin kesini-kesini sudah mulai melupakannya, meskipun tidak semua generasi muda seperti itu. Jika kalian penasaran, maka untuk saat ini alat musik Serune Kalee masih bisa kalian temukan di kawasan Aceh dan masih terus di lestarikan.

Demikian ulasan kali ini tentang alat musik tiup Serune Kalee yang berasal dari Aceh, Semoga pembahasan diatas dapat menambah wawasan kita dan bermanfaat untuk keperluan lainnya yaa. Terimakasih.

Satu tanggapan pada “Mengenal Serune Kalee, Alat Musik Tiup Khas Aceh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas