Seperti Apa Sih Gendang Beleq? Yuk, Kita Cari Tahu Asal-usulnya

apa itu kesenian Gendang Beleq?

Mengenal Gendang Beleq – Negara kita tercinta Indonesia ini tidak hanya kaya akan sumber daya alamnya saja, tetapi juga kaya akan budaya dan kesenian Nusantaranya. Terlebih lagi, disetiap daerahnya mempunyai adat istiadat yang berbeda-beda dan kesenian tradisional yang bermacam-macam. Salah satunya adalah alat musik.

Disetiap daerah pastinya mempunyai ciri khasnya tersendiri dari segi alat musik tradisionalnya, seperti contohnya didaerah Lombok yang memiliki alat musk tradisional yang cukup unik yakni Gendang Beleq. Kesenian yang satu ini merupakan salah satu kesenian musik tradisional dari Lombok.

Berbicara soal pulau Lombok, tidak hanya pantai atau keindahan alamnya saja yang membuat menarik para wisatawan asing tetapi juga terdapat berbagai kesenian tradisionalnya yang menjadi daya tarik lebih dari kepulauan Sunda Kecil ini. Contohnya seperti Gendang Beleq.

Apa itu Gendang Beleq

Gendang beleq merupakan alat musik tradisional yang berasal dari suku Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kata beleq sendiri dalam bahasa Sasak artinya “Besar”, sedangkan kata gendang merujuk pada bentuknya yang mirip dengan umumnya gendang di Indonesia. Gendang beleq memiliki berukuran panjang sekitar 150 cm dengan diameter mencapai 50 cm.

filosofi kesenian Gendang Beleq asal Lombok

Rangka gendangnya terbuat dari batang pohon meranti yang dilubangi pada bagian tengahnya. Yang Kemudian kedua ujungnya ditutup dengan kulit Sapi, Kerbau, atau bisa juga menggunakan kulit kambing untuk menghasilkan suara yang bergema pada saat ditabuh. Alat musik ini tidak hanya ditabuh menggunakan telapak tangan, namun juga menggunakan alat pemukul yang terbuat dari kayu.

Para pemain Gendang Beleq bernama “Sekaha” yang terdiri dari 2 orang pemain gendang utama. Dengan memakai busana atau kostum adat tradisional Lombok dan memakai “Sapo” yang merupakan ikat kepala khas daerah Lombok. Meskipun Gendang Beleq ini memiliki ukuran besar, berdiameter 50 cm dengan panjang 1,5 m, sekaha tidak kesulitan memainkan gendang beleq. Dengan cara digantungkan dibagian leher atau bahu, para pemain terlihat mudah membawa gendang yang menjadi bagian dari alat musik Nusantara ini.

Baca juga : Apa itu alat musik Puik-puik?

Awal mula kesenian Gendang Beleq

Kesenian Gendang Beleq ini adalah kesenian tradisional yang berasal dari Suku Sasak dipulau Lombok. Dikutip dari berbagai sumber, pada awalnya Gendang Beleq merupakan alat musik pengiring dan penyemangat bagi para prajurit pada saat akan berjuang ke medan pertempuran. Konon kabarnya, Suara yang dihasilkan oleh Gendang Beleq ini dipercaya dapat membuat para prajurit lebih berani dan lebih percaya diri untuk bertempur membela kerajaan mereka.

mengenal kesenian gendang beleq asal Lombok, NTB.

Tapi seiring dengan berjalannya waktu, Gendang Beleq digunakan sebagai musik pengiring sebuah acara adat, kesenian, perlombaan budaya, dan acara-acara tertentu. Dengan menambahkan beberapa alat musik tradisional lainnya sebagai musik tambahannya.

awal mula kesenian Gendang Beleq dimainkan

Pada sebelumnya, kesenian Gendang Beleq ini hanya terdiri atas sebuah Jidur, gong dan sebuah suling. Lambat laun perkembangan kebudayaan Bali pada waktu itu cukup besar, sehingga peralatan kesenian ini berkembang sesuai dengan alat yang digunakan pada kesenian tawaq-tawaq (sebuah kesenian asal Lombok yang terdiri dari 6 perangkat alat musik). Akan tetapi, agar tidak meninggalkan unsur nilai-nilai didalam agama Islam, para seniman suku Sasak pada waktu itu tetap mempertahankan bentuk gendang besar yang menyerupai beduq yang digunakan di masjid.

Selain itu juga, jumlah personil yang digunakan pun dibatasi pada jumlah 13 hingga 17 orang saja. Bilangan ini menunjukkan bilangan rakaat dalam shalat. Demikian pula dengan tata cara memainkan alat ini merupakan implementasi dari pelaksaan shalat berjamaah dan tuntunan hidup bermasyarakat dengan nilai-nilai keislaman.

Baca juga : Sejarah Karinding, alat musik tradisional khas Sunda Jawa Barat

Cara memainkan Gendang Beleq dengan mudah

Memainakan alat musik tradisional ada beberapa yang sudah, tetapi tidak sedikit pula dapat dimainkan secara gampang atau tidak sesulit apa yang kita bayangkan. Termasuk memainkan alat musik Gendang Beleq, yang dimana cara memainkannya cukup mudah yaitu dengan cara ditabuh menggunakan telapak tangan.

cara memainkan alat musik tradisional Gendang Beleq

Gendang Beleq ini dapat dimainkan sambil berjalan atau duduk diam ditempat. Komposisi berjalan terdapat aturan tertentu, berbeda halnya dengan memainkan alat musik jenis ini dengan duduk yang tidak mempunyai aturan. Pada waktu dimainkan pembawa gendang beleq akan memainkannya sambil menari, demikian juga dengan pembawa copek, lelontek dan petuk.

Tahukah kalian, bahwasanya pada saat pertunjukan kesenian Gendang Beleq ini tidak hanya memainkan atau menampilkan alat musik tradisionalnya saja tetapi juga dikolaborasikan dengan gerakan tarian yang diciptakan oleh pemain itu sendiri. Dengan begitu, pertunjukan akan semakin meriah dan atraktif. Sehingga penonton lebih terhibur bahkan tedapat pula yang tertawa karena gerakan yang dilakukan oleh para pemain Gendang Beleq maupun para pemain alat musik tambahan, baik alat musik tradisional lainnya maupun yang sudah modern.

Baca juga : Cara memainkan alat musik tradisional Lolove, khas Suku Kaili

Gendang Beleq ini sudah menjadi salah satu kesenian yang cukup terkenal dikawasan Lombok, NTB. Dalam perkembangannya, kesenian ini masih dipopulerkan dan dilestarikan oleh beberapa kelompok pecinta kesenian didaerah Lombok. Tidak jarang juga Kesenian Gendang Beleq ini dimainkan di berbagai acara-acara tertentu seperti upacara adat istiadat, acara rakyat, penyambutan tamu-tamu terhormat dan juga dimainkan dalam acara festval tahunan.

Segitu saja untuk pembahasan kita kali ini mengenai kesenian Gendang Beleq yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Semoga ulasan diatas dapat menambah wawasan kita tentang kesenian Nusantara. Cukup sekian & Terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir.

2 tanggapan pada “Seperti Apa Sih Gendang Beleq? Yuk, Kita Cari Tahu Asal-usulnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas