Mengenal Heo, Salah Satu Alat Musik Yang Jarang Terekspos. Asal NTT

jenis alat musik tradisional asal NTT yang mirip dengan Biola

Hallo sobat lokalklik, kembali lagi bersama sama mimin yang doyan rebahan dengan harapan adanya kemajuan. Bagaimana kabarnya? Semoga dalam keadaan baik-baik saja yah, terlebih lagi di saat ini dunia sedang mengalami pandemi Covid-19. Oleh karena itu tetap terus jaga kesehatan dan merdeka.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai alat-alat musik tradisional asal Nusantara nih. Kenapa sering bahas alat musik daerah bang? karena sebagai generasi penerus bangsa sudah hal yang wajib bagi kita untuk melestarikan dan mempopulerkan kepada dunia yang ada di Indonesia. Terutama, agar alat musik tradisional yang kita punya tidak punah oleh masa atau perubahan zaman dan tidak kalah hebatnya dengan alat musik modern.

Oke, alat musik yang akan kita bahas pada ulasan kali ini yaitu Heo. Apakah diantara kalia sudah pernah dengar jenis alat musik yang satu ini? Yap, sepertinya alasan mengapa kalian mengklik artikel ini karena belum tahu dan penasaran seperti apa sih alat musik Heo itu? Tidak perlu lama-lama karena saya ada pertemuan dengan Ariana Grande. Ini dia, pembahasannya :

Heo, Alat Musik Tradisional Mirip Biola Khas Daratan Pulau Timor

Heo merupakan sebuah alat musik tradisional yang berasal dari daerah NTT (Nusa Tenggara Timur) atau lebih tepatnya jenis alat musik tradisional yang satu ini berasal dari Suku Dawan Timor. Kepulauan NTT memang lebih dikenal dengan alat musik tradisionalnya yang sangat unik dan menarik. Salah satunya yaitu Heo.

mengenal alat musik Heo asal NTT Suku Dawan Timor

Heo ini adalah alat musik gesek yang terbuat dari kayu. Yang dimana bagian penggeseknya itu terbuat dari serangkaian ekor kuda dan telah di rangkai sedemikian rupa hingga menjadi sebuah ikatan pada kayu penggesek yang berbentuk menyerupai busur.

Alat musik Heo ini mempunyai 4 buah dawai atau senar/tali dengan nada-nada dasar yang bunyinya berbeda-beda. Senar tersebut terbuat dari usus kaskus yang sudah di keringkan sebelumya. Keempat tali atau dawai ini selain memiliki nada dasar yang berbeda, tetapi juga mempunyai nama yang beda pula.

Nama-nama senar pada alat musik Heo :

  1. Tain mone, yang artinya tali laki-laki. Tali ini berada di paling bawah.
  2. Tain ana, yang jika diartikan yaitu tali anak kecil
  3. Tain feto, adalah tali perempuan
  4. Tain ena, artinya tali induk

Pada tali pertama memiliki nada Sol, sedangkan tali yang kedua bernada Re, serta tali ke tiga bernada La dan yang terakhir pada tali yang keempat mempunyai nada Do.

Baca juga : Mengenal Gendang Beleq, alat musik khas NTB

Cara memainkan alat musik Heo

Untuk memainkan alat musik tradisional Heo cukup mudah, cara bermainnya sama seperti memainkan alat musik Biola. Atau lebih tepatnya dengan cara digesek. Meskipun terlihat mudah, tetapi terdapat kunci atau trik untuk memainkannya lho. Agar suara yang dihasilkan terdengar indah dan merdu.

Tips bermain alat musik tradisional Heo

Heo ini akan sangat cocok bila dikolaborasikan dengan alat musik lain, baik itu alat musik modern maupun tradisional. Dan di dukung dengan sebuah tarian-tarian agar terkesan lebih meriah.

Sejarah Heo

Sebenarnya tidak ada catatan mengenai awal mula terciptanya alat musik tradisional yang satu ini. Akan tetapi, pada zaman dulu, orang tua bercerita bahwa jika ada seseorang yang pandai memainkan alat musik Heo maka orang tersebut akan menjadi incaran para gadis atau kembang desa.

awal mula terciptanya alat musik Heo

Karena orang yang lihay dalam memainkan alat musik tradisional ini sangat jarang, sehingga itulah yang menjadi alasan mengapa orang yang bermain Heo dengan lancar banyak disukai para wanita. Memiliki kebanggaan tersendiri jikalau seseorang pada masa itu dapat menggunakan Heo yang berasal dari suku Dawan Timor ini dengan sangat baik.

Baca juga : Satong Srek, alat musik yang berasal dari Nusa Tenggara Barat


Alat musik tradisional Heo ini sangat unik karena karena sangat mirip dengan alat musik modern yaitu Biola. Apakah Biola diciptakan berdasarkan inspirasi dari alat musik Heo? Hmmm….entahlah. Yang pasti, suara yang dihasilkan Heo tidak kalah merdunya dengan Biola. Oleh karena itu, Heo ini sangat pantas bila kita lestarikan dan populerkan, agar terus berkembang sampai ke generasi yang selanjutnya.

Baiklah segitu dulu saja untuk pembahasan kita kali ini mengenai alat musik tradisional khas NTT yaitu Heo. Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan kita tentang jenis-jenis alat musik tradisional khas Indonesia dan semoga bermanfaat ya..Terimakasih.

6 tanggapan pada “Mengenal Heo, Salah Satu Alat Musik Yang Jarang Terekspos. Asal NTT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas