Mengenal Alat Musik Slenthem Khas Jawa Tengah & Cara Memainkannya

apa itu slenthem? yuk kita cari tahu asal-usulnya

Alat Musik Slenthem – Pada pembahasan sebelumnya kita sudah mengulas alat musik tradional khas bangka belitung yaitu dambus. Nah di kesempatan kali ini, kita akan membahas alat musik slenthem khas Jawa Tengah.

FYI, Daerah Jawa Tengah mempunyai beberapa jenis alat musik tradisional diantaranya yaitu Saron, Slenthem, Demung dan lain sebagainya.

Di era yang modern ini, alat musik tradisional masih dapat kita jumpai dan masih dipergunakan oleh berbagai kalangan. Hal tersebut memang sudah sewajarnya agar kebudayaan tradisional yang telah turun menurun dari leluhur dapat dilestarikan dengan baik di tengah kemajuan teknologi masa kini.

Berbicara soal alat musik slenthem, jenis alat musik tradisional yang satu ini termasuk kedalam golongan instrumen gamelan. Seperti yang kita ketahui, bahwa terdapat 15 jenis alat musik gamelan khas Jawa, salah satunya yakni Slenthem.

Apa itu alat musik slenthem?

Slenthem adalah alat musik tradisional yang merupakan salah satu komponen gamelan. Alat musik tradisional Jawa ini dimainkan dengan cara dipukul dengan alat musik khusus. Biasanya, Slenthem dibuat dengan substrat kuningan emas atau seng khusus.

apa itu alat musik slenthem?

Pada umumnya, alat musik slenthem ini termasuk kedalam instrumen pelengkap gamelan yang terdiri atas lembaran lebar berbahan logam tipis yang disusun secara vertikal pada untaian tali yang di rentangkan pada atas tabung-tabung.

Susunan vertikal lembaran logam tipis diurutkan mulai dari nada terendah hingga ke tertinggi, dengan minimal lembaran logam tipis tersebut yakni 7 lembaran logam tipis. Sedangkan pada bagian sisi kiri dan kanan di beri pentasan guna menciptakan tampilan visual yang bagus.

Baca juga : Mengenal Alat Musik Lalove

instrumen alat musik saron atau slenthem bagian dari gamelan Jawa

Instrumen slenthem dapat ditempatkan pada permukaan yang halus. Karena memiliki bobot yang lumayan, alat musik ini terlalu berat untuk dimainkan sambil berdiri. Sebagian besar para pemain alat musik slenthem memainkannya sambil duduk.

Nada yang dihasilkan alat musik Slenthem ini merupakan bentuk dari nada senandung atau gema rendah yang dihasilkan, karena alat musik ini dipukul dengan alunan saron, ricik dan balungan. Seperti instrumen gamelan lainnya, Slenthem terdiri dari Slenthem slendro dan Slenthem pelog. Slenthem Slendro meliputi bidang C, D, E, G, A, C. Sedangkan Slenthem Pelog sendiri terdiri dari dua nada utama yaitu C dan B.

Instrumen Slenthem ditempatkan di dalam kandang memanjang, mungkin terbuat dari kayu, untuk menopang beberapa potongan logam vertikal yang lebar dan tipis. Terdapat tanda kurung di kiri bawah dan kanan atal musik Slenthem. Kemudian pada beberapa bagian depan instrumen Slenthem diberikan ukiran Jawa yang indah dan memukau.

Namun terdapat pula beberapa alat musik slenthem yang pada bagian area sekelilingnya di beri berupa hiasan, ukiran dan ornamen agar tampilan visualnya jauh lebih baik, memiliki ciri khasnya tersendiri.

Baca juga : Mengenal Serune Kalee, Alat Musik Tiup Asal Aceh

Kegunaan Instrumen slenthem

Bila dilihat dari segi musik, alat musik khas Jawa ini berperan untuk mengisi salah satu ruang instrumental dari gamelan.

kegunaan dari alat musik slenthem untuk gamelan

Suara yang dihasilkan oleh slenthem juga berupa dengungan yang dapat memberikan corak nada tersendiri dari gamelan tersebut, sebab dalam permainan gamelan terdapat jenis-jenis alat musik yang nadanya terpadu menjadi satu.

Salah satu jenis alat musik terdapu tersebut ialah slenthem. Nada-nada yang diciptakan oleh slenthem sendiri mampu melengkapi instrumen lain dari musik gamelan secara keseluruhan.

Jika musik gamelan tanpa adanya kehadiran slenthem, maka kurang terasa sempurna sebagaimana seharusnya. Sebab, slenthem sendiri sangat memakili musik gamelan.

Cara memainkan slenthem

cara memainkan alat musik slenthem

Memainkan alat musik jenis gamelan seperti slenthem umumnya susah-susah gampang, selain harus memukul 3 bagian pada slenthem tetapi juga harus menggunakan kedua tangan untuk memainkannya.

Cara memainkan alat musik slenthem, yakni dengan cara menabuh pada bagian ricik, saron dan balungan. Tangan kanan berfungsi untuk memukul bagian-bagian logam, sedangkan tangan kiri berperan untuk menahan dengungan dari alat musik slenthem tersebut.

Baca juga : Sudah Tahu Alat Musik Sasando ?. Ini Bentuk Fisik Dan Cara Memainkannya

Harga alat musik slenthem

harga alat instrumen slenthem

Slenthem yang terbuat dari olahan kayu berkualitas dengan perunggu dan ukiran-ukiran khas Jawa yang memiliki nilai seni cukup tinggi, biasanya di jual dengan harga yang relatif mahal yaitu sekitar 9 jutaan.

Namun di era yang modern ini, terdapat beberapa toko online yang menjual alat musik slenthem dengan harga yang murah atau terjangkau untuk sekelas alat musik tradisional yakni sekitar 6,5 juta hingga 8 juta.

Baca juga : Mengenal Alat Musik Celempung Yang Merupakan Bagian Dari Gamelan

Bagaimana, Menarik bukan tentang slenthem alat musik khas Jawa instrumen dari gamelan?

Alat musik tradisional umumnya harus kita terus lestarikan agar tidak punah oleh perkambangan zaman, sehingga bisa dimainkan oleh generasi-generasi selanjutnya.

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai alat musik slenthem, semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat ya. Terimakasih.

Satu tanggapan pada “Mengenal Alat Musik Slenthem Khas Jawa Tengah & Cara Memainkannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas